Perbedaan OIS dan EIS Pada Camera SmartPhone

berikut.id – Perbedaan OIS dan EIS Pada Camera SmartPhone. Kebanyakan calon pembeli atau pengguna handphone akan melihat spesifikasi besaran megapiksel pada kamera. Padahal dalam menghasilkan foto atau video berkualitas tidak semata-mata karena megapiksel saja. Salah satu yang perlu diperhatikan adalah fitur stabilisasi gambar (Image Stabilization). Adanya fitur ini akan membantu foto dan video yang kita ambil lebih tajam meski hanya dipegang dengan tangan.

Seperti diketahui, memegang handphone dengan tangan saat memotret sangat rawan blur karena faktor getaran tangan atau gerakan tubuh lainnya. Seiring perkembangan teknologi kamera handphone, terdapat dua teknologi stabilisasi gambar yang banyak digunakan yaitu OIS (Optical Image Stabilization) dan EIS (Electronic Image Stabilization). Lalu apa ciri khas keduanya dan manfaat apa yang bisa kita dapatkan? Simak artikel berikut ini.

Pengertian OIS

Optical Image Stabilization atau biasa disingkat OIS merupakan salah satu stabilisasi gambar yang berguna untuk mengurangi efek buram/blur akibat goyangan tangan pada saat pengambilan foto.

OIS bekerja dengan sistem mikro elektromekanis atau MEMS dengan sensor yang dapat mendeteksi gerakan.

Ini membuatnya dapat menyesuaikan sistem kamera untuk mengurangi efek blur saat terdapat gerakan. Beberapa merk HP yang menggunakan fitur stabilisasi OIS antara lain yaitu Samsung Galaxy A52 , Xiaomi Mi 10T Pro, Vivo V21 5G, dan masih banyak lagi.

Fitur OIS bisa untuk di aktifkan dan non aktifkan sesuai keinginan. Jadi, ketika Anda hendak mengambil gambar tanpa fitur ini, bisa menonaktifkannya pada kamera.

Pengertian EIS

EIS yaitu singkatan dari Electronic Image Stabilization. EIS merupakan stabilisasi gambar yang dapat mengakurasi objek gambar dengan baik.

Baca Juga :  Cara Screenshot Di Laptop Dengan Snipping Tool

Ini dilengkapi dengan sensor yang dapat mendeteksi gerakan, kemudian menginterpretasikannya lalu memperbaikinya secara otomatis.

Stabilisasi ini berguna untuk membuat hasil foto/gambar menjadi lebih tajam dan fokus. Setiap detailnya dapat difokuskan sehingga kualitas menjadi lebih baik.

Beberapa perangkat yang biasanya memakai fitur EIS antara lain yaitu Zenfone (3 Max), Google Pixel, dan masih banyak lagi.

Perangkat yang biasanya memakai EIS umumnya lebih murah dibanding HP yang memakai OIS sebagai stabilisasi kameranya.

Perbedaan OIS dan EIS

Perbedaan OIS dan EIS Pada Kamera HP

Kedua fitur stabilisasi ini jelas memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Perbedaan OIS dan EIS pada kamera HP sendiri cukup banyak.

Pertama, OIS membantu Anda untuk bisa mendapatkan gambar yang berkualitas meskipun dengan kondisi pencahayaan yang minim.

Namun, perangkat yang digunakan oleh OIS dapat memberi beban yang besar pada perangkat dan dapat menguras baterai lebih banyak. Selain itu, penggunaan OIS ini hanya tersedia pada HP yang memiliki spesifikasi tinggi.

Selanjutnya, Fitur EIS sendiri memiliki keunggulan dari pada OIS, karena perangkat yang lebih ringan dan lebih murah.

Namun demikian, resolusi yang dihasilkan oleh fitur EIS lebih rendah, apalagi pada kondisi dimana pencahayaan yang tidak maksimal, sehingga kualitas yang dihasilkan tidak terlalu baik.

Singkatnya, perbedaannya terletak pada cara kerja fitur tersebut. Cara kerja OIS dilakukan dari mekanis di dalam lensa.

Sedangkan cara kerja EIS dilakukan menggunakan teknologi software atau perangkat lunak yang meredam gerakan pada pengambilan gambar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.