Perbedaan Gaya Gesek Statis dan Gaya Gesek Kinetis
Perbedaan Gaya Gesek Statis dan Gaya Gesek Kinetis

Perbedaan Gaya Gesek Statis dan Gaya Gesek Kinetis

Berikut.id – Perbedaan Gaya Gesek Statis dan Gaya Gesek Kinetis. Teman, kalian sebelumnya sudah melakukan kegiatan mendorong meja yang menghalangi pintu.

Perbedaan Gaya Gesek Statis dan Gaya Gesek Kinetis

Kenapa Saat Mendorong Meja atau Sebuah Benda Terasa Sedikit Getaran dan Terdengar Suatu Bunyi?

Pada saat kalian mendorong meja tadi, apakah kalian merasakan sedikit getaran? Ataukah kalian mendengar bunyi saat mendorong? Kira-kira apa yang terjadi?

Peristiwa tersebut adalah akibat dari gaya gesek yang muncul antara kaki meja dengan lantai. Apakah gaya gesek itu? Gaya gesek adalah gaya yang ditimbulkan oleh dua benda yang saling bergesekan dan arahnya berlawanan dengan arah gerak benda. Gaya gesek dapat dipengaruhi oleh kekasaran permukaan benda dan berat benda, tetapi tidak dipengaruhi luas permukaan benda.

Cobalah kalian selidiki, mengapa saat pertama kali mendorong meja tersebut dirasakan sedikit lebih berat dibandingkan ketika meja sudah bergerak? Mengapa terjadi demikian?

Ketika mendorong benda pertama kali terasa lebih berat dibandingkan dengan ketika mendorong saat benda sudah bergerak karena saat pertama kali kecepatan dorongan kita baru dimulai dari nol sehingga akan terasa berat serta dengan adanya gaya gesek akan membuatnya lebih berat baru setelah sudah terdorong maka benda memiliki kecepatan yang bertambah sehingga terasa lebih mudah bergerak.

 

Perbedaan Gaya Gesek Statis dan Gaya Gesek Kinetis

Kenapa Ketika Mendorong Benda Pertama Kali Terasa Lebih Berat Dibandingkan dengan Ketika Mendorong Saat Benda Sudah Mulai Bergerak?

Kalian sesungguhnya sedang merasakan gaya gesek statis dan kinetis dari sebuah benda. Gaya gesek yang terjadi pada saat benda belum bergerak sama sekali disebut gaya gesek statis. Adapun gaya gesek yang terjadi setelah benda bergerak disebut gaya gesek kinetis.

Baca Juga :  Jawaban Informatika Kelas 8 Uji Kompetensi Halaman 48 49 50 Kurikulum Merdeka

Jadi, pada saat meja kayu yang ditarik belum bergerak, gaya gesek yang timbul adalah gaya gesek statis. Setelah balok kayu bergerak, antara balok kayu dengan dengan permukaan meja, lantai atau kaca tetap ada gaya gesek. Gaya gesek tersebut disebut gaya gesek kinetis.
Nah teman, jadi gaya gesek dibedakan menjadi dua, yaitu gaya gesek statis dan gaya gesek kinetis.

Apa itu gaya gesek statis dan gaya gesek kinetis?

Gaya gesek statis adalah gaya gesek yang terjadi saat benda diam atau benda tepat akan bergerak. Sedangkan gaya gesek kinetik adalah gaya gesek yang bekerja pada dua permukaan benda yang bergerak dan bergesekan satu sama lain.

Semoga bermanfaat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *