pemenuhan hak dan kewajiban
pemenuhan hak dan kewajiban

Penerapan Hak dan Kewajiban dalam Keseharian

Berikut.id – Penerapan Hak dan Kewajiban dalam Keseharian. Teman, sebelum membahas penerapan hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari masih ingatkah kalian apa itu pengertian hak dan kewajiban yang sudah kalian pelajari?

Secara ringkas dapat dijelaskan bahwa hak adalah hal-hal yang ‘harus diperoleh’, sedangkan kewajiban adalah hal-hal yang ‘harus dilakukan’ oleh setiap orang di mana norma tersebut berlaku.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, hak artinya ‘milik’ atau ‘punya’. Selain itu, hak juga berarti ‘wewenang’ atau kekuasaan yang diakui kelompok atau masyarakat. Setiap orang berhak mendapat manfaat dari norma atau aturan yang dibuat karena manfaat norma merupakan haknya. Bila seseorang belum memperoleh manfaat dari suatu norma, maka orang itu berhak memintanya.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia disebutkan bahwa kewajiban adalah “Sesuatu yang harus dilaksanakan.” Bila dikaitkan dengan norma, maka kewajiban adalah hal yang harus dilaksanakan sesuai ketentuan dalam norma itu. Kewajiban dapat dikelompokkan menjadi tiga bagian. Pertama, kewajiban pada Tuhan Yang Maha Esa. Kedua, kewajiban kepada sesama manusia. Ketiga, kewajiban pada alam.

 

Penerapan Hak dan Kewajiban dalam Keseharian

Dalam mewujudkan tegaknya hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari, setiap orang perlu mematuhi seluruh norma yang berlaku. Baik norma agama, norma kesusilaan, norma kesopanan, maupun juga norma hukum. Dengan mematuhi norma-norma itu, pemenuhan hak dan kewajiban akan lebih mudah dilakukan.

Pemenuhan hak dan kewajiban tersebut saling terkait dan tidak dapat dipisahkan. Untuk melaksanakan pemenuhan hak dan kewajiban secara baik, setiap orang perlu lebih dahulu memperhatikan hak orang lain. Selanjutnya adalah memenuhi hak orang tersebut sebaik-baiknya sesuai dengan tanggung jawab atau kewajiban diri sendiri atas orang lain itu.

Baca Juga :  Jawaban Ayo Latihan No 4 dan 5 IPA Halaman 59 Kelas 7

Dengan memenuhi hak orang lain sebaik-baiknya, maka kewajiban diri sendiri otomatis sudah tertunaikan. Setelah itu, kita dapat meminta hak diri sendiri agar dipenuhi oleh orang yang memiliki kewajiban terkait hak tersebut. Bila antarsiswa saling meminjam buku, maka kembalikan lebih dulu buku yang kalian pinjam baru meminta buku yang dipinjam oleh kawan. Dengan cara itu, suasana sehari-hari akan tertib dan damai.

pemenuhan hak dan kewajiban
pemenuhan hak dan kewajiban

Nah teman, dari gambar diatas dapat kita pahami bahwa setiap hak dan kewajiban sangat berkaitan satu sama lain. Dalam hidup di lingkungan sosial, selain kita memperhatikan hak dan kewajiban atas diri kita sendiri, kita juga harus memperhatikan kewajiban kita untuk memenuhi hak terhadap orang lain ya.

Semoga bermanfaat..

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *