nama nama bulan hijriyah

Pengenalan

Bulan hijriyah atau bulan Islam adalah sistem penanggalan yang digunakan oleh umat Islam berdasarkan peredaran bulan. Setiap tahunnya terdiri dari 12 bulan dan setiap bulannya memiliki nama-nama yang memiliki arti dan makna. Berikut adalah penjelasan singkat mengenai setiap nama bulan hijriyah.

Nama-Nama Bulan Hijriyah

1. Muharram

Muharram atau bulan Muharram adalah bulan pertama dalam kalender hijriyah. Nama Muharram berasal dari kata haram yang berarti suci atau terlarang. Bulan ini menjadi bulan yang dihormati oleh umat Islam karena di dalamnya terdapat peristiwa penting bagi umat Islam yaitu Ashura.

Ashura adalah peringatan hari dimana Nabi Musa AS berhasil membebaskan Bani Israel dari penindasan Fir’aun. Sedangkan bagi umat Syiah, Ashura adalah peringatan atas kematian cucu Nabi Muhammad SAW yaitu Imam Husain RA di Karbala.

2. Safar

Safar adalah bulan kedua dalam kalender hijriyah. Nama Safar berasal dari kata asfar yang berarti kuning. Bulan ini dianggap sebagai bulan yang kurang mujur dan sering dihindari untuk melakukan pernikahan atau perjalanan jauh.

3. Rabiul Awal

Rabiul Awal adalah bulan ketiga dalam kalender hijriyah. Nama Rabiul Awal berasal dari kata rabi’ yang berarti tumbuh subur atau berkembang. Bulan ini dikenal sebagai bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW. Oleh karena itu, bulan ini menjadi bulan yang dihormati dan penting bagi umat Islam.

4. Rabiul Akhir

Rabiul Akhir adalah bulan keempat dalam kalender hijriyah. Nama Rabiul Akhir berasal dari kata rabi’ yang berarti tumbuh subur atau berkembang. Bulan ini dianggap sebagai bulan yang kurang mujur dan sering dihindari untuk melakukan pernikahan atau perjalanan jauh.

5. Jumadil Awal

Jumadil Awal adalah bulan kelima dalam kalender hijriyah. Nama Jumadil Awal berasal dari kata jumada yang berarti keras atau kering. Bulan ini dianggap sebagai bulan yang kurang mujur dan sering dihindari untuk melakukan pernikahan atau perjalanan jauh.

Baca Juga :  nama anak perempuan unik

6. Jumadil Akhir

Jumadil Akhir adalah bulan keenam dalam kalender hijriyah. Nama Jumadil Akhir berasal dari kata jumada yang berarti keras atau kering. Bulan ini dianggap sebagai bulan yang kurang mujur dan sering dihindari untuk melakukan pernikahan atau perjalanan jauh.

7. Rajab

Rajab adalah bulan ketujuh dalam kalender hijriyah. Nama Rajab berasal dari kata rajaba yang berarti dihormati atau dihargai. Bulan ini dianggap sebagai bulan yang suci dan penting bagi umat Islam. Di dalam bulan ini terdapat peristiwa Isra dan Mi’raj dimana Nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan malam ke Yerusalem dan ke Sidratul Muntaha.

8. Sya’ban

Sya’ban adalah bulan kedelapan dalam kalender hijriyah. Nama Sya’ban berasal dari kata sha’aba yang berarti berkembang. Bulan ini dianggap sebagai bulan yang suci dan penting bagi umat Islam. Di dalam bulan ini banyak dilakukan puasa sunah dan persiapan menyambut bulan Ramadan.

9. Ramadan

Ramadan adalah bulan kesembilan dalam kalender hijriyah. Nama Ramadan berasal dari kata ramida yang berarti panas yang sangat. Bulan ini dianggap sebagai bulan yang suci dan penting bagi umat Islam. Di dalam bulan ini terdapat ibadah puasa yang dilakukan oleh umat Islam sebagai bentuk ketaatan kepada Allah SWT.

10. Syawal

Syawal adalah bulan kesepuluh dalam kalender hijriyah. Nama Syawal berasal dari kata sha’ala yang berarti menjadi lebar. Bulan ini dianggap sebagai bulan yang suci dan penting bagi umat Islam. Di dalam bulan ini terdapat perayaan Idul Fitri sebagai bentuk syukur atas berakhirnya ibadah puasa di bulan Ramadan.

11. Dzulqaidah

Dzulqaidah adalah bulan sebelas dalam kalender hijriyah. Nama Dzulqaidah berasal dari kata qadaa yang berarti menentukan. Bulan ini dianggap sebagai bulan yang kurang mujur dan sering dihindari untuk melakukan pernikahan atau perjalanan jauh.

Baca Juga :  nama nama bulan

12. Dzulhijjah

Dzulhijjah adalah bulan terakhir dalam kalender hijriyah. Nama Dzulhijjah berasal dari kata hajja yang berarti melakukan ibadah haji ke Baitullah di Mekah. Bulan ini dianggap sebagai bulan yang suci dan penting bagi umat Islam. Di dalam bulan ini terdapat ibadah haji yang dilakukan oleh umat Islam yang mampu.

Kesimpulan

Setiap nama bulan hijriyah memiliki makna dan arti tersendiri bagi umat Islam. Dalam setiap bulannya terdapat peristiwa penting yang dihormati dan diperingati oleh umat Islam. Dengan memahami arti dan makna dari setiap nama bulan hijriyah, kita dapat memahami lebih dalam lagi tentang agama Islam.

Frequently Asked Questions

Pertanyaan Jawaban
Apa itu bulan hijriyah? Bulan hijriyah atau bulan Islam adalah sistem penanggalan yang digunakan oleh umat Islam berdasarkan peredaran bulan.
Berapa jumlah bulan dalam kalender hijriyah? Setiap tahunnya terdiri dari 12 bulan.
Apa arti dari nama Muharram? Nama Muharram berasal dari kata haram yang berarti suci atau terlarang.
Kenapa bulan Safar dianggap kurang mujur? Hal ini karena bulan Safar dianggap sebagai bulan yang kurang mujur dan sering dihindari untuk melakukan pernikahan atau perjalanan jauh.
Apa arti dari nama Rajab? Nama Rajab berasal dari kata rajaba yang berarti dihormati atau dihargai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *