nama nama bulan dalam bahasa inggris

Pendahuluan

Bulan adalah salah satu bagian dari tahun yang memiliki keunikan tersendiri. Setiap bulan memiliki nama yang berbeda-beda dan biasanya juga memiliki perayaan atau momen khusus. Dalam bahasa Inggris, nama-nama bulan juga memiliki arti dan makna yang menarik untuk dipelajari.

Nama-Nama Bulan dalam Bahasa Inggris

Berikut adalah daftar nama bulan dalam bahasa Inggris beserta arti dan singkatannya:

Nama Bulan Arti Singkatan
January Januari Jan.
February Februari Feb.
March Maret Mar.
April April Apr.
May Mei May
June Juni Jun.
July Juli Jul.
August Agustus Aug.
September September Sep.
October Oktober Oct.
November November Nov.
December Desember Dec.

January – Januari

January atau Januari dalam bahasa Indonesia adalah bulan pertama dalam tahun. Bulan Januari memiliki arti “janus” yang artinya “dua wajah”. Hal ini dikarenakan bulan Januari merupakan awal dari tahun baru dan merupakan awal untuk melihat kebelakang dan ke depan.

Selain itu, bulan Januari juga diidentikkan dengan perayaan Tahun Baru yang dirayakan di seluruh dunia. Di Inggris sendiri, Tahun Baru dirayakan dengan kembang api dan parade di beberapa kota besar seperti London, Manchester, dan Edinburgh.

February – Februari

February atau Februari dalam bahasa Indonesia adalah bulan kedua dalam tahun. Bulan Februari memiliki arti “februa” yang artinya “pembersihan”. Hal ini dikarenakan bulan Februari dianggap sebagai bulan pembersihan dan penyucian diri sebelum memasuki tahun yang baru.

Selain itu, bulan Februari juga diidentikkan dengan perayaan Hari Valentine yang dirayakan di seluruh dunia pada tanggal 14 Februari. Di Inggris, Hari Valentine dirayakan dengan memberikan hadiah dan kartu ucapan kepada pasangan atau orang yang disukai.

March – Maret

March atau Maret dalam bahasa Indonesia adalah bulan ketiga dalam tahun. Bulan Maret memiliki arti “mars” yang artinya “perang”. Hal ini dikarenakan bulan Maret diidentikkan dengan bulan perang dan kekuatan.

Baca Juga :  nama ff keren unik pendek

Selain itu, bulan Maret juga diidentikkan dengan perayaan St. Patrick’s Day yang dirayakan di seluruh dunia pada tanggal 17 Maret. Di Inggris, St. Patrick’s Day dirayakan dengan mengenakan baju hijau dan merayakan kebudayaan Irlandia.

April – April

April dalam bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia adalah bulan keempat dalam tahun. Bulan April memiliki arti “aperire” yang artinya “membuka”. Hal ini dikarenakan bulan April merupakan awal dari musim semi di belahan bumi utara.

Selain itu, bulan April juga diidentikkan dengan perayaan Paskah yang dirayakan di seluruh dunia. Di Inggris, Paskah dirayakan dengan memberikan telur dan mengadakan permainan telur.

May – Mei

May atau Mei dalam bahasa Indonesia adalah bulan kelima dalam tahun. Bulan Mei memiliki arti “maius” yang artinya “besar”. Hal ini dikarenakan bulan Mei merupakan bulan yang dianggap besar dan penting dalam kepercayaan agama Romawi.

Selain itu, bulan Mei juga diidentikkan dengan perayaan Hari Buruh yang dirayakan di seluruh dunia pada tanggal 1 Mei. Di Inggris, Hari Buruh dirayakan dengan mengadakan parade dan konser musik di beberapa kota besar seperti London dan Manchester.

June – Juni

June atau Juni dalam bahasa Indonesia adalah bulan keenam dalam tahun. Bulan Juni memiliki arti “junius” yang artinya “juno”. Hal ini dikarenakan bulan Juni diidentikkan dengan dewi Romawi bernama Juno yang merupakan pelindung perempuan.

Selain itu, bulan Juni juga diidentikkan dengan perayaan Hari Ayah yang dirayakan di seluruh dunia pada tanggal 21 Juni. Di Inggris, Hari Ayah dirayakan dengan memberikan hadiah dan mengadakan makan malam bersama keluarga.

July – Juli

July atau Juli dalam bahasa Indonesia adalah bulan ketujuh dalam tahun. Bulan Juli memiliki arti “julius” yang artinya “julius caesar”. Hal ini dikarenakan bulan Juli diambil dari nama Julius Caesar yang merupakan salah satu kaisar Romawi yang terkenal.

Baca Juga :  nama estetik ig

Selain itu, bulan Juli juga diidentikkan dengan perayaan Hari Kemerdekaan Amerika Serikat yang dirayakan pada tanggal 4 Juli setiap tahunnya. Di Inggris, Hari Kemerdekaan dirayakan dengan mengadakan pesta kembang api dan konser musik di beberapa kota besar seperti London dan New York City.

August – Agustus

August atau Agustus dalam bahasa Indonesia adalah bulan kedelapan dalam tahun. Bulan Agustus memiliki arti “augustus” yang artinya “agung”. Hal ini dikarenakan bulan Agustus dianggap sebagai bulan yang agung dan penting dalam kepercayaan agama Romawi.

Selain itu, bulan Agustus juga diidentikkan dengan perayaan Bank Holiday yang dirayakan pada akhir pekan terakhir di bulan Agustus. Di Inggris, Bank Holiday dirayakan dengan mengadakan perjalanan liburan dan mengunjungi tempat-tempat wisata.

September – September

September dalam bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia adalah bulan kesembilan dalam tahun. Bulan September memiliki arti “septem” yang artinya “tujuh”. Hal ini dikarenakan awalnya tahun dihitung dari bulan Maret sehingga bulan September merupakan bulan ketujuh dalam tahun tersebut.

Selain itu, bulan September juga diidentikkan dengan perayaan Hari Buruh di Inggris yang dirayakan pada akhir pekan pertama di bulan September. Di Inggris, Hari Buruh dirayakan dengan mengadakan festival musik dan mengunjungi tempat-tempat wisata di luar kota.

October – Oktober

October atau Oktober dalam bahasa Indonesia adalah bulan kesepuluh dalam tahun. Bulan Oktober memiliki arti “octo” yang artinya “delapan”. Hal ini dikarenakan awalnya tahun dihitung dari bulan Maret sehingga bulan Oktober merupakan bulan kedelapan dalam tahun tersebut.

Selain itu, bulan Oktober juga diidentikkan dengan perayaan Halloween yang dirayakan di seluruh dunia pada tanggal 31 Oktober. Di Inggris, Halloween dirayakan dengan mengenakan kostum seram dan mengadakan pesta di rumah atau di klub malam.

Baca Juga :  cek nisn dengan nama

November – November

November atau November dalam bahasa Indonesia adalah bulan kesebelas dalam tahun. Bulan November memiliki arti “novem” yang artinya “sembilan”. Hal ini dikarenakan awalnya tahun dihitung dari bulan Maret sehingga bulan November merupakan bulan kesembilan dalam tahun tersebut.

Selain itu, bulan November juga diidentikkan dengan perayaan Hari Veteran di Inggris yang dirayakan pada tanggal 11 November setiap tahunnya. Di Inggris, Hari Veteran dirayakan dengan mengadakan parade dan mengunjungi monumen perang di kota-kota besar seperti London dan Manchester.

December – Desember

December atau Desember dalam bahasa Indonesia adalah bulan kedua belas dalam tahun. Bulan Desember memiliki arti “decem” yang artinya “sepuluh”. Hal ini dikarenakan awalnya tahun dihitung dari bulan Maret sehingga bulan Desember merupakan bulan kesepuluh dalam tahun tersebut.

Selain itu, bulan Desember juga diidentikkan dengan perayaan Natal yang dirayakan di seluruh dunia pada tanggal 25 Desember. Di Inggris, Natal dirayakan dengan menghias pohon dan mengadakan makan malam bersama keluarga dan teman-teman.

Kesimpulan

Nama-nama bulan dalam bahasa Inggris memiliki arti dan makna yang menarik untuk dipelajari. Selain itu, setiap bulan juga memiliki momen khusus yang dirayakan di seluruh dunia. Dengan mengetahui nama-nama bulan dalam bahasa Inggris, kita bisa lebih memahami budaya dan kebiasaan orang Inggris.

FAQ

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *