nama kantor berita nasional indonesia

Kantor Berita Nasional Indonesia (KBNI) adalah sebuah lembaga media yang berfokus pada pemberitaan nasional di Indonesia. KBNI didirikan pada tahun 1957 dan merupakan salah satu lembaga media tertua di Indonesia. KBNI memiliki jaringan koresponden yang luas di seluruh Indonesia, sehingga dapat memberikan informasi yang akurat dan terpercaya kepada masyarakat.

Sejarah KBNI

KBNI didirikan pada tanggal 5 April 1957 oleh Mochtar Lubis, seorang wartawan terkenal di Indonesia. KBNI awalnya bernama Kantor Berita Indonesia (KBI), namun kemudian berganti nama menjadi KBNI. KBNI didirikan dengan tujuan untuk memberikan informasi yang akurat dan terpercaya kepada masyarakat Indonesia.

Sejak didirikan, KBNI telah mengalami beberapa kali perubahan. Pada tahun 1960, KBNI bergabung dengan Majalah Tempo dan berganti nama menjadi Tempo-KBNI. Namun, pada tahun 1963, Tempo-KBNI terpaksa ditutup oleh pemerintah Indonesia karena dianggap terlalu kritis terhadap pemerintah.

Pada tahun 1967, KBNI kembali beroperasi dengan nama baru, yaitu Antara. Antara merupakan singkatan dari “Lembaga Kantor Berita Nasional Antara”. Saat ini, Antara menjadi salah satu lembaga media terbesar di Indonesia.

Struktur Organisasi KBNI

KBNI memiliki struktur organisasi yang terdiri dari beberapa divisi, di antaranya:

1. Divisi Redaksi

Divisi Redaksi merupakan divisi yang bertanggung jawab untuk menghasilkan berita yang akurat dan terpercaya. Divisi ini juga bertugas untuk menyunting berita yang dihasilkan oleh koresponden dan wartawan KBNI.

2. Divisi Pemasaran

Divisi Pemasaran bertanggung jawab untuk memasarkan produk-produk KBNI kepada masyarakat. Divisi ini juga bertugas untuk menjalin kerja sama dengan perusahaan dan institusi lainnya.

3. Divisi Teknologi Informasi

Divisi Teknologi Informasi bertanggung jawab untuk mengembangkan dan memelihara sistem informasi yang digunakan oleh KBNI. Divisi ini juga bertugas untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja di KBNI.

Baca Juga :  nama panjang bayi perempuan islami

Jaringan Koresponden KBNI

KBNI memiliki jaringan koresponden yang luas di seluruh Indonesia. Jaringan koresponden ini terdiri dari para wartawan dan koresponden yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia. Koresponden KBNI bertugas untuk memberikan informasi yang akurat dan terpercaya mengenai situasi di wilayah tempat mereka berada.

Wilayah DKI Jakarta

  • Koresponden 1: Andi Susanto
  • Koresponden 2: Dian Septiani

Wilayah Jawa Tengah

  • Koresponden 1: Agus Setiawan
  • Koresponden 2: Siti Fatimah
  • Koresponden 3: Budi Santoso

Wilayah Sumatera Utara

  • Koresponden 1: Rina Sari
  • Koresponden 2: Ahmad Syaifullah

FAQ KBNI

1. Apa itu KBNI?

KBNI adalah sebuah lembaga media yang berfokus pada pemberitaan nasional di Indonesia.

2. Kapan KBNI didirikan?

KBNI didirikan pada tanggal 5 April 1957.

3. Apa saja divisi yang ada di KBNI?

KBNI memiliki beberapa divisi, di antaranya divisi redaksi, divisi pemasaran, dan divisi teknologi informasi.

Tinggalkan komentar