nama hari bahasa inggris

Jika Anda baru belajar bahasa Inggris, salah satu hal yang perlu Anda pelajari adalah nama-nama hari dalam bahasa Inggris. Dalam bahasa Inggris, ada tujuh hari dalam seminggu, dan setiap hari memiliki nama yang berbeda. Berikut adalah nama-nama hari dalam bahasa Inggris beserta asal-usulnya.

Hari Minggu

Hari Minggu adalah hari pertama dalam seminggu. Nama “Minggu” berasal dari bahasa Latin “Dies Solis”, yang berarti “Hari Matahari”. Dalam kebudayaan Barat, hari Minggu sering dianggap sebagai hari libur atau hari untuk bersantai.

Asal-Usul

Sejak awal mula peradaban manusia, matahari selalu dianggap sebagai simbol kekuatan, kehidupan, dan pencerahan. Oleh karena itu, banyak kebudayaan kuno memuja matahari sebagai dewa atau entitas yang membawa kebahagiaan dan kesuksesan. Di Roma kuno, hari Minggu adalah hari untuk memuja dewa matahari, yang dikenal sebagai Sol Invictus. Ketika Kekristenan menjadi agama yang dominan di Roma, hari Minggu diubah menjadi hari untuk memuja Tuhan.

Tradisi

Di banyak negara Barat, hari Minggu dianggap sebagai hari libur. Banyak orang menghabiskan waktu dengan keluarga atau teman-teman, mengunjungi gereja, atau melakukan kegiatan yang menyenangkan. Di Inggris, ada tradisi “Sunday roast”, di mana keluarga makan siang bersama dengan hidangan panggang.

Hari Senin

Hari Senin adalah hari kedua dalam seminggu. Nama “Senin” berasal dari bahasa Latin “Dies Lunae”, yang berarti “Hari Bulan”. Dalam kebudayaan Barat, Senin sering dianggap sebagai hari yang sulit karena banyak orang harus kembali ke sekolah atau pekerjaan setelah libur akhir pekan.

Asal-Usul

Nama “Senin” berasal dari bahasa Latin “Luna”, yang merupakan dewi bulan dalam mitologi Romawi. Di berbagai budaya, bulan sering diasosiasikan dengan kekuatan feminin dan kehidupan, dan dianggap sebagai simbol kesuburan dan keseimbangan.

Baca Juga :  nama nama bulan dalam bahasa inggris

Tradisi

Di banyak negara, Senin dianggap sebagai hari yang kurang menyenangkan karena banyak orang harus kembali ke rutinitas harian mereka setelah akhir pekan yang menyenangkan. Namun, ada beberapa tradisi yang terkait dengan Senin. Di Inggris, ada tradisi “Meat-free Monday”, di mana orang diimbau untuk tidak makan daging pada hari Senin untuk mendukung lingkungan dan kesehatan.

Hari Selasa

Hari Selasa adalah hari ketiga dalam seminggu. Nama “Selasa” berasal dari bahasa Latin “Dies Martis”, yang berarti “Hari Mars”. Mars merupakan dewa perang dalam mitologi Romawi, dan banyak kebudayaan mengasosiasikan hari Selasa dengan kekuatan, keberanian, dan vitalitas.

Asal-Usul

Nama “Selasa” berasal dari bahasa Saxon Kuno “Tiwesdæg”, yang merujuk pada dewa perang Jermanik bernama Tyr. Tyr merupakan dewa yang dianggap bijak dan pemberani, dan sering dianggap sebagai pelindung orang-orang yang berperang atau mencari keadilan.

Tradisi

Di beberapa negara, seperti Spanyol dan Amerika Latin, hari Selasa dianggap sebagai hari yang sial. Orang-orang percaya bahwa hal-hal buruk sering terjadi pada hari Selasa, dan ada beberapa tradisi untuk menghindari hal-hal buruk tersebut. Di Meksiko, ada tradisi “Martes 13”, di mana orang-orang menghindari melakukan kegiatan penting atau memulai sesuatu pada tanggal 13 yang jatuh pada hari Selasa.

Hari Rabu

Hari Rabu adalah hari keempat dalam seminggu. Nama “Rabu” berasal dari bahasa Latin “Dies Mercurii”, yang berarti “Hari Merkurius”. Merkurius adalah dewa bisnis, perdagangan, dan keuangan dalam mitologi Romawi, dan banyak kebudayaan mengasosiasikan Rabu dengan aktivitas yang bersifat bisnis atau keuangan.

Asal-Usul

Nama “Rabu” berasal dari bahasa Saxon Kuno “Wodnesdæg”, yang merujuk pada dewa perang Jermanik bernama Woden (atau Odin). Woden merupakan dewa bijaksana dan kuat, dan sering dianggap sebagai pelindung orang-orang yang mencari pengetahuan atau kesuksesan.

Baca Juga :  nama rp aesthetic

Tradisi

Di beberapa negara, seperti Polandia dan Hungaria, hari Rabu dianggap sebagai hari keberuntungan. Orang-orang percaya bahwa hal-hal baik sering terjadi pada hari Rabu, dan ada beberapa tradisi untuk menarik keberuntungan tersebut. Di Polandia, ada tradisi “Rabsztyn”, di mana orang-orang membakar pohon dan menari di sekitarnya untuk merayakan keberuntungan pada hari Rabu.

Hari Kamis

Hari Kamis adalah hari kelima dalam seminggu. Nama “Kamis” berasal dari bahasa Latin “Dies Iovis”, yang berarti “Hari Jupiter”. Jupiter adalah dewa keadilan, kekuatan, dan kesejahteraan dalam mitologi Romawi, dan banyak kebudayaan mengasosiasikan Kamis dengan kekuatan dan kemakmuran.

Asal-Usul

Nama “Kamis” berasal dari bahasa Saxon Kuno “Thunresdæg”, yang merujuk pada dewa petir Jermanik bernama Thor. Thor merupakan dewa kekuatan dan proteksi, dan sering dianggap sebagai pelindung orang-orang yang berperang atau bekerja di luar ruangan.

Tradisi

Di banyak negara, Kamis dianggap sebagai hari yang biasa-biasa saja. Namun, ada beberapa tradisi yang terkait dengan Kamis. Di Swedia, ada tradisi “Taco Thursday”, di mana orang-orang makan taco pada hari Kamis. Di Indonesia, ada tradisi “Kamis Wage”, di mana orang-orang melakukan ritual untuk mendapatkan keberuntungan pada hari Kamis yang jatuh pada tanggal Wage dalam kalender Jawa.

Hari Jumat

Hari Jumat adalah hari keenam dalam seminggu. Nama “Jumat” berasal dari bahasa Latin “Dies Veneris”, yang berarti “Hari Venus”. Venus adalah dewi cinta, kecantikan, dan kesenangan dalam mitologi Romawi, dan banyak kebudayaan mengasosiasikan Jumat dengan kebahagiaan dan keintiman.

Asal-Usul

Nama “Jumat” berasal dari bahasa Saxon Kuno “Frige’s Day”, yang merujuk pada dewi cinta Jermanik bernama Frigg (atau Freyja). Frigg merupakan dewi kecantikan dan kebijaksanaan, dan sering dianggap sebagai pelindung orang-orang yang mencari cinta atau kebahagiaan.

Baca Juga :  nama nama asmaul husna

Tradisi

Di banyak negara, Jumat dianggap sebagai hari yang penting dalam agama. Di Islam, Jumat adalah hari untuk shalat Jumat dan merayakan penaklukan Kota Mekah. Di Kristen, Jumat adalah hari di mana Yesus disalibkan, dan sering dianggap sebagai hari penyesalan dan refleksi.

Hari Sabtu

Hari Sabtu adalah hari terakhir dalam seminggu. Nama “Sabtu” berasal dari bahasa Latin “Dies Saturni”, yang berarti “Hari Saturnus”. Saturnus adalah dewa pertanian, kekayaan, dan kemakmuran dalam mitologi Romawi, dan banyak kebudayaan mengasosiasikan Sabtu dengan keberuntungan dan kesuksesan finansial.

Asal-Usul

Nama “Sabtu” berasal dari bahasa Saxon Kuno “Sæterdæg”, yang merujuk pada hari untuk beristirahat atau bersantai. Beberapa ahli bahasa juga mengaitkan nama “Sabtu” dengan dewa pertanian Jermanik bernama Seater atau Sæter, meskipun hal ini tidak sepenuhnya terbukti.

Tradisi

Di banyak negara, Sabtu dianggap sebagai hari untuk bersantai atau melakukan kegiatan yang menyenangkan. Di Israel, Sabtu adalah hari Sabat, yang merupakan hari libur agama Yahudi. Di Amerika Serikat, Sabtu sering dijadikan hari untuk menonton pertandingan olahraga atau melakukan kegiatan keluarga.

Nama Hari Asal-Usul Tradisi
Minggu Latin “Dies Solis” (Hari Matahari) Hari Libur
Senin Latin “Dies Lunae” (Hari Bulan) Kembali ke Sekolah / Pekerjaan
Selasa Latin “Dies Martis” (Hari Mars) Hari Sial (Beberapa Negara)
Rabu Latin “Dies Mercurii” (Hari Merkurius) Keberuntungan (Beberapa Negara)
Kamis Latin “Dies Iovis” (Hari Jupiter) Biasa-biasa saja
Jumat Latin “Dies Veneris” (Hari Venus) Penting dalam Agama
Sabtu Latin “Dies Saturni” (Hari Saturnus) Hari untuk Bersantai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *