nama bulan dalam bahasa inggris

Setiap orang pasti sudah mengenal nama-nama bulan dalam kalender Gregorian. Di Indonesia, nama-nama bulan ini biasanya diajarkan dalam bahasa Inggris. Meskipun begitu, tidak semua orang mengetahui arti dari setiap nama bulan dalam bahasa Inggris. Berikut ini kami akan memaparkan nama bulan dalam bahasa Inggris beserta artinya.

1. January

1.1 Arti Nama

Nama bulan pertama adalah January. Nama ini berasal dari kata Latin “ianuarius” yang berarti “dari Janus”. Janus merupakan dewa Romawi yang memiliki dua wajah, yang menghadap ke depan dan ke belakang. Oleh sebab itu, Janus dianggap sebagai dewa permulaan dan akhir.

1.2 Karakteristik Bulan

Bulan Januari merupakan bulan pertama dalam kalender Gregorian. Bulan ini memiliki 31 hari dan sering dianggap sebagai awal dari tahun baru. Hari libur nasional yang terdapat pada bulan ini adalah Tahun Baru Masehi.

2. February

2.1 Arti Nama

Nama bulan kedua adalah February. Nama ini berasal dari kata Latin “februarius” yang artinya “dari kata februa”. Februa sendiri adalah instrumen pembersih atau penyucian yang dipakai dalam upacara kuno Romawi.

2.2 Karakteristik Bulan

Bulan Februari merupakan bulan kedua dalam kalender Gregorian. Bulan ini memiliki 28 atau 29 hari, tergantung pada apakah tahun tersebut merupakan tahun kabisat atau tidak. Hari libur nasional yang terdapat pada bulan ini adalah Hari Valentine yang jatuh pada tanggal 14 Februari.

3. March

3.1 Arti Nama

Nama bulan ketiga adalah March. Nama ini berasal dari kata Latin “Martius” yang berasal dari Mars, dewa perang Romawi.

3.2 Karakteristik Bulan

Bulan Maret merupakan bulan ketiga dalam kalender Gregorian. Bulan ini memiliki 31 hari. Hari libur nasional yang terdapat pada bulan ini adalah Hari Raya Nyepi di Bali.

Baca Juga :  nama anak perempuan islami

4. April

4.1 Arti Nama

Nama bulan keempat adalah April. Asal usul nama April tidak diketahui secara pasti. Ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa nama ini berasal dari kata Latin “aperire” yang berarti “membuka”. Hal ini merujuk pada musim semi yang melambangkan awal dari musim pembukaan.

4.2 Karakteristik Bulan

Bulan April merupakan bulan keempat dalam kalender Gregorian. Bulan ini memiliki 30 hari. Hari libur nasional yang terdapat pada bulan ini adalah Hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April setiap tahunnya.

5. May

5.1 Arti Nama

Nama bulan kelima adalah May. Nama ini berasal dari kata Latin “maius” yang merujuk pada dewa Romawi yaitu Maia.

5.2 Karakteristik Bulan

Bulan Mei merupakan bulan kelima dalam kalender Gregorian. Bulan ini memiliki 31 hari. Hari libur nasional yang terdapat pada bulan ini adalah Hari Buruh Internasional yang jatuh pada tanggal 1 Mei setiap tahunnya.

6. June

6.1 Arti Nama

Nama bulan keenam adalah June. Nama ini berasal dari kata Latin “iunius” yang merujuk pada dewa Romawi yaitu Juno.

6.2 Karakteristik Bulan

Bulan Juni merupakan bulan keenam dalam kalender Gregorian. Bulan ini memiliki 30 hari. Hari libur nasional yang terdapat pada bulan ini adalah Hari Raya Idul Fitri yang jatuh pada akhir bulan Juni atau awal bulan Juli.

7. July

7.1 Arti Nama

Nama bulan ketujuh adalah July. Nama ini berasal dari kata Latin “julius” yang merujuk pada Julius Caesar.

7.2 Karakteristik Bulan

Bulan Juli merupakan bulan ketujuh dalam kalender Gregorian. Bulan ini memiliki 31 hari. Hari libur nasional yang terdapat pada bulan ini adalah Hari Kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Juli setiap tahunnya.

Baca Juga :  nama nama bulan

8. August

8.1 Arti Nama

Nama bulan kedelapan adalah August. Nama ini berasal dari kata Latin “augustus” yang merujuk pada Augustus Caesar.

8.2 Karakteristik Bulan

Bulan Agustus merupakan bulan kedelapan dalam kalender Gregorian. Bulan ini memiliki 31 hari. Hari libur nasional yang terdapat pada bulan ini adalah Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus setiap tahunnya.

9. September

9.1 Arti Nama

Nama bulan kesembilan adalah September. Nama ini berasal dari kata Latin “septem” yang artinya “tujuh”. Nama ini sebenarnya tidak sesuai dengan posisinya dalam kalender, tetapi masih digunakan hingga sekarang.

9.2 Karakteristik Bulan

Bulan September merupakan bulan kesembilan dalam kalender Gregorian. Bulan ini memiliki 30 hari. Hari libur nasional yang terdapat pada bulan ini adalah Hari Raya Idul Adha.

10. October

10.1 Arti Nama

Nama bulan kesepuluh adalah October. Nama ini berasal dari kata Latin “octo” yang artinya “delapan”. Nama ini sebenarnya tidak sesuai dengan posisinya dalam kalender, tetapi masih digunakan hingga sekarang.

10.2 Karakteristik Bulan

Bulan Oktober merupakan bulan kesepuluh dalam kalender Gregorian. Bulan ini memiliki 31 hari. Hari libur nasional yang terdapat pada bulan ini adalah Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober setiap tahunnya.

11. November

11.1 Arti Nama

Nama bulan kesebelas adalah November. Nama ini berasal dari kata Latin “novem” yang artinya “sembilan”. Nama ini sebenarnya tidak sesuai dengan posisinya dalam kalender, tetapi masih digunakan hingga sekarang.

11.2 Karakteristik Bulan

Bulan November merupakan bulan kesebelas dalam kalender Gregorian. Bulan ini memiliki 30 hari. Hari libur nasional yang terdapat pada bulan ini adalah Hari Pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November setiap tahunnya.

Baca Juga :  nama bayi perempuan terindah di dunia

12. December

12.1 Arti Nama

Nama bulan terakhir adalah December. Nama ini berasal dari kata Latin “decem” yang artinya “sepuluh”. Nama ini sebenarnya tidak sesuai dengan posisinya dalam kalender, tetapi masih digunakan hingga sekarang.

12.2 Karakteristik Bulan

Bulan Desember merupakan bulan terakhir dalam kalender Gregorian. Bulan ini memiliki 31 hari. Hari libur nasional yang terdapat pada bulan ini adalah Hari Natal yang jatuh pada tanggal 25 Desember setiap tahunnya.

Table of Months

Nama Bulan dalam Bahasa Inggris Arti Nama Jumlah Hari Hari Libur Nasional
January Dari Janus 31 Tahun Baru Masehi
February Dari Februa 28/29 Hari Valentine
March Dari Martius 31 Hari Raya Nyepi di Bali
April Tidak Diketahui 30 Hari Kartini
May Dari Maius 31 Hari Buruh Internasional
June Dari Iunius 30 Hari Raya Idul Fitri
July Dari Julius 31 Hari Kemerdekaan Indonesia
August Dari Augustus 31 Hari Kemerdekaan Republik Indonesia
September Dari Septem 30 Hari Raya Idul Adha
October Dari Octo 31 Hari Sumpah Pemuda
November Dari Novem 30 Hari Pahlawan
December Dari Decem 31 Hari Natal

Tinggalkan komentar