nama bayi perempuan dalam alquran

Memilih nama bayi perempuan yang indah dan memiliki makna yang baik adalah impian setiap orang tua. Banyak pasangan yang memilih untuk mencari inspirasi dalam kitab suci Alquran. Berikut adalah beberapa nama bayi perempuan yang terdapat dalam Alquran beserta maknanya yang bisa dijadikan referensi dalam memilih nama bagi putri tercinta.

1. Aisyah

Makna Nama Aisyah

Nama Aisyah berasal dari bahasa Arab yang berarti “hidup”. Aisyah juga merupakan nama salah satu istri Nabi Muhammad SAW yang terkenal akan kecantikannya dan kecerdasannya. Nama Aisyah juga sering dijadikan sebagai simbol kecantikan dan kecerdasan.

Contoh Ayat Alquran yang Mengandung Nama Aisyah

Beberapa contoh ayat Alquran yang mengandung nama Aisyah antara lain:

  • “Dan (ingatlah) ketika orang-orang munafik dan orang-orang yang ada penyakit dalam hatinya berkata, “Ini agama mereka (orang-orang yang beriman) melebihi agama kita”. Dan barangsiapa yang menyerahkan dirinya kepada Allah dengan tulus ikhlas, maka sesungguhnya ia telah berpegang teguh kepada tali (agama) yang kuat dan tak dapat putus. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. Allah menjadi pelindung orang-orang yang beriman; Dia mengeluarkan mereka dari gelap ke terang. Dan orang-orang yang kafir, pelindung mereka ialah syaitan, yang mengeluarkan mereka dari terang (imannya) ke gelap (kekafiran). Mereka itu adalah penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya.” (QS. Al-Baqarah: 137-138)
  • “Dan (ingatlah) ketika kaum wanita munafikin berkata: “Bukankah kamu melihat betapa kaum laki-laki yang beriman itu lebih baik daripada kamu?” Karena itu Allah menyatakan kejadian-kejadian mereka dalam Al-Qur’an dan Allah memperlihatkan kepada mereka dosa-dosa besar mereka. Sesungguhnya orang-orang munafik itu berada di tingkat yang paling rendah dalam neraka dan kamu sekali-kali tidak akan mendapat seorang penolongpun untuk menolong mereka.” (QS. At-Tawbah: 67)
Baca Juga :  nama bayi laki laki

2. Maryam

Makna Nama Maryam

Nama Maryam berasal dari bahasa Arab yang berarti “wanita yang menjadi teladan”. Maryam juga merupakan nama ibu dari Nabi Isa AS. Nama Maryam sering dijadikan sebagai simbol kebaikan dan kejujuran.

Contoh Ayat Alquran yang Mengandung Nama Maryam

Beberapa contoh ayat Alquran yang mengandung nama Maryam antara lain:

  • “Dan Kami angkat derajatmu (wahai Muhammad) sebaik-baik derajat. (yaitu) Wahyu yang Kami turunkan kepadamu (Al-Quran). Karena Sesungguhnya engkau amat sabar lagi amat taat (kepada Allah SWT), dan Sesungguhnya amal yang baik itu benar-benar memberi pahala yang besar. Dan Sesungguhnya Kami telah memberi tahukan kepadamu akan satu siksa yang dekat akan datang (yaitu hari kiamat). Memperdengarkan telinga segala sesuatu, (yaitu) Tuhan Yang Maha Mengetahui rahasia-lah Dia. (Kepada-Nya) tercurah segala isi bumi dan langit, dan Sesungguhnya Allah mengetahui apa yang disembunyikan oleh hati.” (QS. Al-Insyirah: 1-8)
  • “Dan (ingatlah) ketika malaikat-malaikat berkata: “Hai Maryam, sesungguhnya Allah telah memilih engkau, dan menyucikan engkau dan melebihkan engkau atas segala wanita di seluruh alam,” (QS. Ali Imran: 42)

3. Khadijah

Makna Nama Khadijah

Nama Khadijah berasal dari bahasa Arab yang berarti “terlalu dini”. Khadijah juga merupakan nama salah satu istri Nabi Muhammad SAW yang terkenal akan kebaikan hatinya dan kesetiaannya kepada suaminya. Nama Khadijah sering dijadikan sebagai simbol kebaikan dan kesetiaan.

Contoh Ayat Alquran yang Mengandung Nama Khadijah

Beberapa contoh ayat Alquran yang mengandung nama Khadijah antara lain:

  • “Dan janganlah kamu memutuskan ikatan perkawinan dengan istri-istri yang kamu sukai, kecuali istri-istri yang telah berbuat zinah. Mereka itu adalah orang-orang yang melanggar hukum. Dan janganlah kamu mengambil harta mereka yang kamu berikan kepada mereka sebagai mahar, kecuali bila mereka melakukan perbuatan keji yang nyata. Dan berlaku baiklah terhadap mereka (istri-istri) yang kamu sudah mengambilnya, sebab mereka itu terikat oleh suatu perjanjian yang diambil dengan suatu janji yang pengikat. Dan kamu (juga) mempunyai hak-hak terhadap mereka dan mereka mempunyai hak-hak terhadap kamu menurut cara yang makruf. Dan istri-istri itu adalah pakaian bagimu dan kamu pun adalah pakaian bagi mereka. Allah mengetahui bahwa kamu selalu berlaku tidak adil terhadap mereka, maka Allah memberikan keringanan kepadamu dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyantun. (QS. Al-Baqarah: 231)
  • “Sesungguhnya Allah telah mengetahui keadaan hati mereka. Oleh karena itu, Dia menurunkan ketenangan kepada mereka dan memberikan kepada mereka pahala yang besar. Dan Allah mengetahui segala sesuatu.” (QS. Al-Fath: 18)
Baca Juga :  nama nama bayi perempuan lengkap
No Nama Bayi Perempuan Makna
1 Aisyah Hidup
2 Maryam Wanita yang menjadi teladan
3 Khadijah Terlalu dini

Tinggalkan komentar