Pelajaran Menakjubkan dari Modul Ajar Kurikulum Merdeka Kelas 1


Pelajaran Menakjubkan dari Modul Ajar Kurikulum Merdeka Kelas 1

Modul ajar kurikulum merdeka kls 1 adalah rencana pembelajaran yang disusun berdasarkan kurikulum merdeka yang berlaku untuk kelas 1 Sekolah Dasar. Modul ini memuat berbagai kegiatan pembelajaran yang dirancang untuk mengembangkan kompetensi siswa sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.

Modul ajar kurikulum merdeka kls 1 memiliki beberapa keunggulan, antara lain:

  • Disusun berdasarkan prinsip-prinsip kurikulum merdeka, yaitu berpusat pada siswa, fleksibel, dan berbasis proyek.
  • Mengembangkan kompetensi siswa secara utuh, baik kompetensi akademik maupun non-akademik.
  • Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran yang menarik dan menantang.
  • Dilengkapi dengan asesmen yang komprehensif untuk memantau perkembangan siswa.

Modul ajar kurikulum merdeka kls 1 sangat penting untuk digunakan dalam proses pembelajaran di kelas 1 Sekolah Dasar. Modul ini akan membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran yang efektif dan efisien, sehingga siswa dapat mencapai kompetensi yang diharapkan.

Modul Ajar Kurikulum Merdeka Kelas 1

Modul ajar kurikulum merdeka kelas 1 merupakan perangkat penting dalam pembelajaran di kelas 1 Sekolah Dasar. Modul ini memuat berbagai aspek penting yang mendukung proses belajar mengajar, antara lain:

  • Kompetensi dasar
  • Tujuan pembelajaran
  • Kegiatan pembelajaran
  • Penilaian
  • Sumber belajar
  • Media pembelajaran
  • Alat peraga
  • Lembar kerja siswa
  • Catatan guru

Setiap aspek dalam modul ajar kurikulum merdeka kelas 1 saling berkaitan dan mendukung satu sama lain. Kompetensi dasar menjadi acuan dalam menentukan tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran kemudian diterjemahkan ke dalam kegiatan pembelajaran yang menarik dan menantang. Kegiatan pembelajaran didukung oleh berbagai sumber belajar, media pembelajaran, alat peraga, dan lembar kerja siswa. Penilaian digunakan untuk memantau perkembangan siswa dan memberikan umpan balik kepada guru. Catatan guru berfungsi sebagai dokumentasi proses pembelajaran yang telah dilaksanakan.

Kompetensi Dasar


Kompetensi Dasar, Modul

Kompetensi dasar merupakan kemampuan dasar yang harus dikuasai siswa pada setiap mata pelajaran. Kompetensi dasar menjadi acuan dalam penyusunan modul ajar kurikulum merdeka kelas 1. Modul ajar yang disusun harus memuat kegiatan pembelajaran yang dapat membantu siswa mencapai kompetensi dasar tersebut.

  • Kompetensi Inti (KI)

    KI merupakan kompetensi yang harus dikuasai siswa secara holistik, meliputi aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan. KI menjadi dasar pengembangan kompetensi dasar.

  • Kompetensi Dasar (KD)

    KD merupakan kompetensi yang harus dikuasai siswa pada setiap mata pelajaran. KD dikembangkan berdasarkan KI dan disesuaikan dengan tingkat perkembangan siswa.

  • Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

    IPK merupakan indikator yang menunjukkan tingkat pencapaian siswa terhadap KD. IPK digunakan sebagai acuan dalam penilaian.

  • Tujuan Pembelajaran

    Tujuan pembelajaran merupakan rumusan kemampuan yang harus dikuasai siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran. Tujuan pembelajaran dikembangkan berdasarkan KD dan IPK.

Kompetensi dasar merupakan komponen penting dalam modul ajar kurikulum merdeka kelas 1. Kompetensi dasar menjadi acuan dalam pengembangan tujuan pembelajaran dan kegiatan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran yang disusun harus dapat membantu siswa mencapai kompetensi dasar yang telah ditetapkan.

Tujuan Pembelajaran


Tujuan Pembelajaran, Modul

Tujuan pembelajaran merupakan komponen penting dalam modul ajar kurikulum merdeka kelas 1. Tujuan pembelajaran berfungsi sebagai arah dan acuan dalam proses pembelajaran. Tujuan pembelajaran yang jelas dan terukur akan membantu guru dalam menyusun kegiatan pembelajaran yang efektif dan efisien.

Modul ajar kurikulum merdeka kelas 1 harus memuat tujuan pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi dasar yang ingin dicapai. Tujuan pembelajaran harus dirumuskan dengan menggunakan kata kerja operasional yang jelas dan terukur. Kata kerja operasional menunjukkan tindakan atau perilaku yang dapat diamati dan diukur.

Contoh tujuan pembelajaran yang baik:

  • Siswa dapat menyebutkan nama-nama benda di sekitar.
  • Siswa dapat membaca teks sederhana dengan lancar.
  • Siswa dapat menyelesaikan soal matematika sederhana.

Tujuan pembelajaran yang jelas dan terukur akan memudahkan guru dalam melakukan penilaian. Penilaian dapat dilakukan melalui observasi, tes tertulis, atau tugas-tugas lainnya. Penilaian yang dilakukan secara berkala akan memberikan informasi tentang kemajuan belajar siswa dan membantu guru dalam melakukan perbaikan proses pembelajaran.

Dengan demikian, tujuan pembelajaran merupakan komponen penting dalam modul ajar kurikulum merdeka kelas 1. Tujuan pembelajaran yang jelas dan terukur akan membantu guru dalam menyusun kegiatan pembelajaran yang efektif dan efisien, serta memudahkan dalam melakukan penilaian.

Kegiatan Pembelajaran


Kegiatan Pembelajaran, Modul

Kegiatan pembelajaran merupakan bagian penting dari modul ajar kurikulum merdeka kelas 1. Kegiatan pembelajaran merupakan serangkaian aktivitas yang dirancang untuk membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.

  • Kegiatan Pendahuluan

    Kegiatan pendahuluan bertujuan untuk menyiapkan siswa sebelum memulai kegiatan inti. Kegiatan pendahuluan dapat berupa apersepsi, motivasi, atau kegiatan lainnya yang dapat membangkitkan minat siswa terhadap materi pembelajaran.

  • Kegiatan Inti

    Kegiatan inti merupakan kegiatan utama dalam proses pembelajaran. Kegiatan inti harus dirancang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Kegiatan inti dapat berupa diskusi, tanya jawab, pemecahan masalah, atau kegiatan lainnya yang dapat mengembangkan kompetensi siswa.

  • Kegiatan Penutup

    Kegiatan penutup bertujuan untuk mengakhiri proses pembelajaran dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk merefleksikan apa yang telah mereka pelajari. Kegiatan penutup dapat berupa rangkuman, tanya jawab, atau kegiatan lainnya yang dapat membantu siswa mengingat dan memahami materi pembelajaran.

  • Kegiatan Evaluasi

    Kegiatan evaluasi bertujuan untuk mengukur pencapaian belajar siswa. Kegiatan evaluasi dapat dilakukan melalui tes tertulis, tes lisan, atau observasi. Hasil evaluasi dapat digunakan untuk memberikan umpan balik kepada siswa dan memperbaiki proses pembelajaran.

Baca Juga :  Perangkat Pembelajaran Merdeka: Temukan Rahasia Efektivitasnya!

Dengan demikian, kegiatan pembelajaran merupakan komponen penting dalam modul ajar kurikulum merdeka kelas 1. Kegiatan pembelajaran harus dirancang dengan baik agar dapat membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.

Penilaian


Penilaian, Modul

Penilaian merupakan komponen penting dalam modul ajar kurikulum merdeka kelas 1. Penilaian berfungsi untuk mengukur pencapaian belajar siswa dan memberikan umpan balik kepada guru dan siswa. Dengan adanya penilaian, guru dapat mengetahui sejauh mana siswa telah memahami materi pembelajaran dan apakah tujuan pembelajaran telah tercapai. Hasil penilaian juga dapat digunakan sebagai dasar untuk memperbaiki proses pembelajaran.

Modul ajar kurikulum merdeka kelas 1 harus memuat kegiatan penilaian yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Penilaian dapat dilakukan melalui berbagai metode, seperti tes tertulis, tes lisan, observasi, atau portofolio. Guru dapat memilih metode penilaian yang paling sesuai dengan karakteristik siswa dan materi pembelajaran.

Selain untuk mengukur pencapaian belajar siswa, penilaian juga dapat digunakan untuk memotivasi belajar siswa. Siswa yang mendapatkan nilai baik akan merasa senang dan termotivasi untuk terus belajar. Sebaliknya, siswa yang mendapatkan nilai kurang baik akan termotivasi untuk memperbaiki hasil belajarnya. Dengan demikian, penilaian dapat berperan penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.

Sumber Belajar


Sumber Belajar, Modul

Sumber belajar merupakan segala sesuatu yang dapat digunakan untuk membantu siswa belajar. Sumber belajar dapat berupa buku teks, buku penunjang, internet, lingkungan sekitar, dan lain sebagainya. Modul ajar kurikulum merdeka kelas 1 harus memuat sumber belajar yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

Sumber belajar sangat penting dalam proses pembelajaran karena dapat membantu siswa memahami materi pembelajaran dengan lebih mudah dan menyenangkan. Dengan adanya sumber belajar yang beragam, siswa dapat memilih sumber belajar yang paling sesuai dengan gaya belajar mereka. Sumber belajar juga dapat membantu siswa untuk mencari informasi tambahan tentang materi pembelajaran yang sedang dipelajari.

Guru harus pandai dalam memilih dan menggunakan sumber belajar. Guru harus memilih sumber belajar yang sesuai dengan tingkat perkembangan siswa dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Guru juga harus menggunakan sumber belajar secara kreatif dan inovatif agar pembelajaran menjadi lebih menarik dan bermakna bagi siswa.

Media Pembelajaran


Media Pembelajaran, Modul

Media pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam modul ajar kurikulum merdeka kelas 1. Media pembelajaran dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran, sehingga dapat mempermudah siswa dalam memahami materi tersebut.

  • Jenis-jenis Media Pembelajaran

    Terdapat berbagai jenis media pembelajaran yang dapat digunakan dalam modul ajar kurikulum merdeka kelas 1, antara lain:

    • Media visual, seperti gambar, foto, video, dan grafik.
    • Media audio, seperti musik, lagu, dan rekaman suara.
    • Media audio-visual, seperti film, animasi, dan presentasi multimedia.
    • Media cetak, seperti buku teks, buku penunjang, dan lembar kerja siswa.
    • Media manipulatif, seperti benda-benda nyata, model, dan permainan.
  • Fungsi Media Pembelajaran

    Media pembelajaran memiliki beberapa fungsi penting dalam proses belajar mengajar, antara lain:

    • Memperjelas materi pembelajaran
    • Meningkatkan motivasi belajar siswa
    • Membuat pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan
    • Membantu siswa dalam memahami konsep-konsep yang abstrak
    • Memfasilitasi pembelajaran mandiri
  • Prinsip Pemilihan Media Pembelajaran

    Dalam memilih media pembelajaran, guru perlu memperhatikan beberapa prinsip, antara lain:

    • Sesuai dengan tujuan pembelajaran
    • Sesuai dengan karakteristik siswa
    • Mudah diperoleh dan digunakan
    • Biaya terjangkau
  • Pemanfaatan Media Pembelajaran dalam Modul Ajar Kurikulum Merdeka Kelas 1

    Modul ajar kurikulum merdeka kelas 1 harus memuat pemanfaatan media pembelajaran yang tepat. Guru dapat memilih dan menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran, karakteristik siswa, dan materi pembelajaran yang akan disampaikan.

Dengan memanfaatkan media pembelajaran secara tepat, proses belajar mengajar dapat menjadi lebih efektif dan efisien. Siswa dapat memahami materi pembelajaran dengan lebih mudah dan menyenangkan, sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.

Alat Peraga


Alat Peraga, Modul

Alat peraga merupakan salah satu komponen penting dalam modul ajar kurikulum merdeka kls 1. Alat peraga dapat diartikan sebagai benda atau bahan yang digunakan untuk memperagakan atau memperjelas suatu konsep atau materi pembelajaran.

Baca Juga :  Pelajaran Berharga dari RPP Kurikulum Merdeka Kelas 2

  • Jenis-jenis Alat Peraga

    Terdapat berbagai jenis alat peraga yang dapat digunakan dalam modul ajar kurikulum merdeka kls 1, antara lain:

    • Alat peraga nyata, seperti benda-benda yang ada di lingkungan sekitar.
    • Alat peraga tiruan, seperti model atau miniatur benda.
    • Alat peraga gambar, seperti gambar, foto, atau grafik.
    • Alat peraga audio, seperti musik atau rekaman suara.
    • Alat peraga audio-visual, seperti film atau animasi.
  • Fungsi Alat Peraga

    Alat peraga memiliki beberapa fungsi penting dalam proses belajar mengajar, antara lain:

    • Memperjelas materi pembelajaran
    • Meningkatkan motivasi belajar siswa
    • Membuat pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan
    • Membantu siswa dalam memahami konsep-konsep yang abstrak
    • Memfasilitasi pembelajaran mandiri
  • Prinsip Pemilihan Alat Peraga

    Dalam memilih alat peraga, guru perlu memperhatikan beberapa prinsip, antara lain:

    • Sesuai dengan tujuan pembelajaran
    • Sesuai dengan karakteristik siswa
    • Mudah diperoleh dan digunakan
    • Biaya terjangkau
  • Pemanfaatan Alat Peraga dalam Modul Ajar Kurikulum Merdeka Kelas 1

    Modul ajar kurikulum merdeka kelas 1 harus memuat pemanfaatan alat peraga yang tepat. Guru dapat memilih dan menggunakan alat peraga yang sesuai dengan tujuan pembelajaran, karakteristik siswa, dan materi pembelajaran yang akan disampaikan.

Dengan memanfaatkan alat peraga secara tepat, proses belajar mengajar dapat menjadi lebih efektif dan efisien. Siswa dapat memahami materi pembelajaran dengan lebih mudah dan menyenangkan, sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.

Lembar Kerja Siswa


Lembar Kerja Siswa, Modul

Lembar kerja siswa merupakan salah satu komponen penting dalam modul ajar kurikulum merdeka kls 1. Lembar kerja siswa merupakan lembaran yang berisi tugas-tugas atau kegiatan yang harus dikerjakan oleh siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.

Lembar kerja siswa memiliki beberapa fungsi penting, antara lain:

  • Membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran
  • Melatih keterampilan siswa dalam menyelesaikan tugas
  • Mengevaluasi pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran

Lembar kerja siswa harus disusun dengan baik agar dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Lembar kerja siswa harus sesuai dengan tujuan pembelajaran, karakteristik siswa, dan materi pembelajaran yang akan disampaikan.

Dalam modul ajar kurikulum merdeka kls 1, lembar kerja siswa dapat digunakan dalam berbagai kegiatan pembelajaran, seperti kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Lembar kerja siswa juga dapat digunakan untuk kegiatan penilaian, seperti tugas harian, tugas kelompok, atau ulangan.

Dengan memanfaatkan lembar kerja siswa secara tepat, proses belajar mengajar dapat menjadi lebih efektif dan efisien. Siswa dapat memahami materi pembelajaran dengan lebih mudah dan menyenangkan, sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.

Catatan Guru


Catatan Guru, Modul

Catatan guru merupakan bagian penting dari modul ajar kurikulum merdeka kelas 1. Catatan guru berisi tentang rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan, hasil pengamatan terhadap siswa, dan catatan-catatan penting lainnya yang berkaitan dengan proses belajar mengajar.

Catatan guru memiliki beberapa fungsi, antara lain:

  • Sebagai acuan dalam melaksanakan pembelajaran
  • Sebagai bahan refleksi dan evaluasi proses belajar mengajar
  • Sebagai bahan komunikasi dengan orang tua siswa
  • Sebagai bahan pengembangan profesional guru

Dengan demikian, catatan guru sangat penting untuk menunjang efektivitas proses belajar mengajar. Catatan guru yang baik akan membantu guru dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, dan mengembangkan pembelajaran yang lebih baik.

Pertanyaan Umum tentang “Modul Ajar Kurikulum Merdeka Kelas 1”

Modul Ajar Kurikulum Merdeka Kelas 1 merupakan perangkat penting dalam pembelajaran di kelas 1 Sekolah Dasar. Modul ini memuat berbagai komponen penting yang mendukung proses belajar mengajar. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa pertanyaan umum tentang “Modul Ajar Kurikulum Merdeka Kelas 1”:

Pertanyaan 1: Apa itu Modul Ajar Kurikulum Merdeka Kelas 1?

Jawaban: Modul Ajar Kurikulum Merdeka Kelas 1 adalah rencana pembelajaran yang disusun berdasarkan kurikulum merdeka yang berlaku untuk kelas 1 Sekolah Dasar. Modul ini memuat berbagai kegiatan pembelajaran yang dirancang untuk mengembangkan kompetensi siswa sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.

Pertanyaan 2: Apa saja komponen penting yang terdapat dalam Modul Ajar Kurikulum Merdeka Kelas 1?

Jawaban: Modul Ajar Kurikulum Merdeka Kelas 1 memuat beberapa komponen penting, antara lain: kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, sumber belajar, media pembelajaran, alat peraga, lembar kerja siswa, dan catatan guru.

Pertanyaan 3: Apa fungsi Modul Ajar Kurikulum Merdeka Kelas 1?

Jawaban: Modul Ajar Kurikulum Merdeka Kelas 1 berfungsi sebagai acuan dalam melaksanakan pembelajaran, sebagai bahan refleksi dan evaluasi proses belajar mengajar, sebagai bahan komunikasi dengan orang tua siswa, dan sebagai bahan pengembangan profesional guru.

Pertanyaan 4: Siapa yang menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka Kelas 1?

Baca Juga :  Perangkat Pembelajaran Merdeka: Kunci Sukses Modul Kelas 7

Jawaban: Modul Ajar Kurikulum Merdeka Kelas 1 disusun oleh guru atau tim pengembang kurikulum di sekolah masing-masing.

Pertanyaan 5: Bagaimana cara menggunakan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Kelas 1?

Jawaban: Modul Ajar Kurikulum Merdeka Kelas 1 digunakan sebagai acuan dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, dan mengembangkan pembelajaran. Guru dapat menyesuaikan modul sesuai dengan konteks dan kebutuhan siswa di kelasnya masing-masing.

Dengan memahami pertanyaan umum tentang “Modul Ajar Kurikulum Merdeka Kelas 1”, diharapkan dapat membantu guru dan pihak terkait dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka dengan lebih efektif dan efisien.

Selain pertanyaan umum di atas, masih banyak pertanyaan lain yang mungkin muncul terkait dengan “Modul Ajar Kurikulum Merdeka Kelas 1”. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, dapat menghubungi pihak sekolah atau instansi terkait.

Artikel Terkait: Pentingnya Modul Ajar Kurikulum Merdeka Kelas 1 dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran

Tips Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka Kelas 1

Modul Ajar Kurikulum Merdeka Kelas 1 merupakan perangkat penting dalam pembelajaran di kelas 1 Sekolah Dasar. Modul ini memuat berbagai komponen penting yang mendukung proses belajar mengajar. Oleh karena itu, penting bagi guru untuk menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka Kelas 1 dengan baik dan benar.

Berikut ini beberapa tips yang dapat membantu guru dalam menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka Kelas 1:

Tip 1: Pahami Kurikulum Merdeka

Sebelum menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka Kelas 1, guru perlu memahami terlebih dahulu tentang Kurikulum Merdeka. Kurikulum Merdeka memberikan keleluasaan bagi guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa di kelasnya.

Tip 2: Tentukan Tujuan Pembelajaran yang Jelas

Setiap kegiatan pembelajaran dalam Modul Ajar Kurikulum Merdeka Kelas 1 harus memiliki tujuan pembelajaran yang jelas. Tujuan pembelajaran harus dirumuskan dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur.

Tip 3: Pilih Metode Pembelajaran yang Variatif

Dalam menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka Kelas 1, guru dapat memilih metode pembelajaran yang variatif. Metode pembelajaran yang dipilih harus sesuai dengan materi pembelajaran dan karakteristik siswa.

Tip 4: Siapkan Sumber dan Media Pembelajaran yang Menarik

Sumber dan media pembelajaran yang digunakan dalam Modul Ajar Kurikulum Merdeka Kelas 1 harus menarik dan sesuai dengan materi pembelajaran. Sumber dan media pembelajaran yang menarik akan membuat siswa lebih aktif dan termotivasi dalam belajar.

Tip 5: Lakukan Penilaian Secara Berkelanjutan

Penilaian merupakan bagian penting dalam proses pembelajaran. Dalam Modul Ajar Kurikulum Merdeka Kelas 1, guru perlu melakukan penilaian secara berkelanjutan untuk memantau perkembangan siswa dan mengevaluasi efektivitas pembelajaran.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, guru dapat menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka Kelas 1 yang berkualitas dan efektif. Modul Ajar Kurikulum Merdeka Kelas 1 yang berkualitas akan membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran dan mengembangkan kompetensi yang diharapkan.

artikel terkait: Pentingnya Modul Ajar Kurikulum Merdeka Kelas 1 dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran

Penutup

Modul ajar kurikulum merdeka kls 1 merupakan perangkat penting dalam pembelajaran di kelas 1 Sekolah Dasar. Modul ini memuat berbagai komponen penting yang mendukung proses belajar mengajar, antara lain kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, sumber belajar, media pembelajaran, alat peraga, lembar kerja siswa, dan catatan guru. Dengan menggunakan modul ajar kurikulum merdeka kls 1, guru dapat merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, dan mengembangkan pembelajaran yang efektif dan efisien.

Guru perlu menyusun modul ajar kurikulum merdeka kls 1 dengan baik dan benar. Modul ajar yang berkualitas akan membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran dan mengembangkan kompetensi yang diharapkan. Untuk itu, guru perlu memahami kurikulum merdeka, menentukan tujuan pembelajaran yang jelas, memilih metode pembelajaran yang variatif, menyiapkan sumber dan media pembelajaran yang menarik, serta melakukan penilaian secara berkelanjutan.

Images References


Images References, Modul

Tinggalkan komentar