Merangkum Berdasarkan Gagasan Pokok
Merangkum Berdasarkan Gagasan Pokok

Merangkum Berdasarkan Gagasan Pokok

Berikut.id – Merangkum Berdasarkan Gagasan Pokok. Teman, kalian telah mengenal bagian-bagian sebuah buku. Selanjutnya, kalian akan diajak untuk memahami isi buku karena hal ini pun merupakan salah satu keterampilan yang penting. Isi buku yang telah kalian pahami dapat kalian sajikan ulang dalam bentuk yang lebih ringkas, ini disebut juga sebagai rangkuman.

Rangkuman bisa kalian dapatkan dengan cara membaca setiap bab dalam buku dengan saksama, lalu menemukan gagasan pokok atau hal-hal penting dalam bab tersebut. Untuk buku fiksi, gagasan pokok dapat ditemukan melalui peristiwa penting dalam alur cerita. Untuk buku nonfiksi, gagasan pokok dapat kalian temukan dengan cara menentukan ide pokok pada setiap paragraf atau hal-hal penting pada setiap bab. Setelah itu, kalian tinggal menyusun setiap gagasan utama tersebut ke dalam satu karangan.

Merangkum Berdasarkan Gagasan Pokok

Simaklah rangkuman buku nonfiksi berikut ini. Rangkuman ini dibuat dengan cara mencari gagasan pokok setiap paragraf dalam subbab. Berikut ini adalah contoh rangkuman buku Aku Terbatas tapi Tanpa Batas yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Buku ini dapat kalian unduh di tautan ini.

http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/lamanbahasa/sites/default/files/Aku%20Terbatas%20tapi%20Tanpa%20BatasJoko%20Sulistya-Final.pdf

 

Merangkum Berdasarkan Gagasan Pokok
 

Dari buku ini, disarikan gagasan utama setiap paragraf sebagai berikut.

1) Kisah Yulia kecil yang lebih senang bermain dengan teman laki-laki.

2) Kegiatan Yulia di bangku SMP yang banyak dihabiskan dengan kegiatan organisasi dan ekstrakurikuler.

3) Yulia ingin merasakan naik pesawat seperti kakaknya yang sering bepergian ke tempat jauh. Ia berharap dapat lolos ke Lomba Penelitian Siswa Nasional di Jakarta.

4) Yulia menyiapkan makalah penelitiannya untuk dikirimkan ke panitia lomba.

5) Yulia lolos lomba dan menjadi pemenang pertama.

Baca Juga :  Jawaban Informatika Kelas 7 Aktivitas BK-K7-05-U Peminjaman Ruang Halaman 34 Kurikulum Merdeka

Yulia tidak mengerti apa yang salah dengan menjadi tomboi. Ia hanya senang bermain dengan teman laki-laki dan mengikuti kakak laki-lakinya. Namun, ia selalu diingatkan orang tuanya agar berperilaku sebagai seorang gadis yang santun.

Sejak duduk di bangku SMP, kegiatan Yulia bertambah. Ia tidak hanya mengikuti dua kegiatan ekstrakurikuler, tetapi juga aktif sebagai wakil ketua OSIS. Selain itu, masih banyak kegiatan sekolah lain yang diikuti Yulia, seperti Olimpiade Siswa Nasional bidang Matematika dan lomba Cerdas Cermat Agama. Nilai rapor Yulia yang bagus membuatnya selalu dilibatkan dalam hampir semua kegiatan sekolah.
Yulia serius menekuni kegiatan ekstrakurikulernya, yaitu KIR (Karya Ilmiah Remaja). Kegiatan KIR di SMP 2 Bambanglipuro sangat diminati oleh siswa. Yulia bahkan harus ikut seleksi untuk bisa bergabung dalam ekstrakurikuler ini. Yulia lolos seleksi berkat usulan tema penelitiannya, yaitu Abaca (Alat Bantu Membaca).

Tak hanya di sekolah, di lingkungan rumah pun Yulia aktif terlibat dalam kegiatan kampung. Ia menjadi pengurus karang taruna dan remaja masjid. Pemuda-pemudi kampung sangat kompak sehingga semua program bisa berjalan dengan baik.

Penulisan Karya Ilmiah cukup memakan waktu, tetapi Yulia tetap menikmatinya. Apalagi, kakaknya sangat mendukung dan bisa diajak berdiskusi. Satu hal yang membuat Yulia iri kepada kakaknya adalah betapa sering kakaknya itu naik pesawat. Yulia berharap mengikuti KIR memberinya kesempatan untuk naik pesawat, terutama karena Lomba Penelitian Siswa Nasional akan diadakan di Jakarta.

Akhirnya, Yulia mendapat kesempatan mengikuti pelatihan jurnalistik untuk mengasah pengetahuan dan keterampilannya menulis karya ilmiah. Beberapa minggu kemudian, Yulia mengikuti seleksi pembinaan tingkat provinsi. Ia bekerja keras membuat proposal KIR di bidang teknologi dan rekayasa. Yulia memilih topik tentang tinjauan dan teori program Arduino.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Penokohan Komik ”Kue-Kue Mao”

Setelah naskahnya lolos dan mengikuti pembinaan berikutnya, Yulia bekerja keras menyelesaikan naskah penelitian KIR tentang pembuatan kacamata Abaca. Ia pun lolos dalam Lomba Penelitian Siswa Nasional di Jakarta. Salah satu mimpi Yulia naik pesawat ke Jakarta untuk mengikuti Lomba Penelitian Siswa Nasional pun terwujud. Tak hanya itu. Yulia pun menjadi juara pertama Lomba Penelitian Siswa Nasional.

 

Nah teman, itulah cara merangkum berdasarkan gagasan pokok. Bagaimana apakah kalian sudahsiap untuk merangkum sebuah bacaan berdasarkan gagasa pokoknya?
Selamat mencoba, semoga bermanfaat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.