Menjelajahi Arti Kata Menggunakan Kamus
Menjelajahi Arti Kata Menggunakan Kamus

Menjelajahi Arti Kata Menggunakan Kamus

Berikut.id – Menjelajahi Arti Kata Menggunakan Kamus. Teman, pernahkah kalian menemukan kata-kata yang tidak kalian ketahui artinya?

Untuk mengetahui arti kata yang tidak kalian ketahui, kalian bisa menggunakan kamus.

Di Indonesia kamus yang menjadi rujukan utama kata bahasa Indonesia dan artinya adalah Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). KBBI tersedia dalam format digital dan cetak. Berikut adalah cara mencari arti sebuah kata dalam kamus cetak.

Menjelajahi Arti Kata Menggunakan Kamus

 

1. Temukan kata dasar dari kata atau istilah yang ingin kalian cari. Misalnya, kata dasar ‘meredup’ adalah ‘redup’.

2. Tentukan huruf pertama dari kata dasar tersebut. Huruf pertama kata redup adalah “R”.

3. Buka kamus ke halaman huruf pertama, yaitu “R”. Huruf kedua, yaitu ‘e’, menentukan urutan semua kata dalam kamus yang berawalan ‘r’.

4. Kalau kalian perhatikan, di depan setiap makna kata dari kata redup terdapat huruf kecil berwarna merah, yaitu a. Huruf ini merupakan singkatan dari jenis kata, yaitu adverbia.

5. Kalian dapat berlatih mencari kata yang ingin kalian ketahui maknanya dengan melihat huruf awal dan huruf kedua kata tersebut.

 

Saat ini, KBBI daring dapat kalian akses di laman https://kbbi. kemdikbud.go.id/. Kalian tinggal mengetik kata dasar yang ingin kalian cari di kolom pencarian. Nah, sekarang carilah kata swafoto, suvenir, kontras, perajin, dan semburat pada laman tersebut.

1. Swafoto, artinya adalah potret atau gambar diri yang diambil sendiri menggunakan kamera seperti ponsel dan kamera digital.

2. Suvenir, merupakan tanda mata, cendera mata, atau bisa juga barang untuk kenag kenangan yang diberikan dari seseorang untuk seseorang.

3. Kontras, artinya adanya perbedaan yang jauh dan secara nyata bila membandingkan dua hal.

Baca Juga :  Berakhlak dengan Asmaulhusna As-Salām dan Al-Mu’min

4. Perajin, artinya merupakan sebutan bagi seseorang yang memiliki pekerjaan membuat barang kerajinan.

5. Semburat, artinya adalah pancaran cahaya.

 

Menjelajahi Arti Kata Menggunakan Kamus
 

 

Kemudian, isilah kalimat tidak lengkap dan rumpang ini dengan kata-katamu sendiri.

1. Suvenir yang dibuat oleh perajin di daerahku adalah kue nopia dan mino

2. Sifat kedua kakak beradik itu sangat kontras. Berbeda dengan sang adik yang banyak berbicara, sang kakak Pendiam.

Selain pendiam, alternatif jawaban yang bisa dipakai adalah irit kata, tak banyak omong, tak banyak bicara dan lain sebagainya.

3. Banyak tempat wisata menawarkan pemandangan indah sebagai latar swafoto. Pemandangan indah yang digunakan sebagai latar swafoto di Pantan Terong adalah pegunungan

4. Rafa ikut membantu para perajin lokal dengan cara membeli dan mempromosikan barang kerajinan yang dibuat oleh para perajin.

5. Senja datang, mentari pun meredup. Semburatnya berwarna kuning keemasan, warna yang kusuka.

 

Kalian belum menemukan kata instagramable di KBBI pada tahun 2020 ini. Instagramable adalah kata serapan dari bahasa Inggris yang disematkan pengguna Instagram pada sebuah tempat yang indah untuk digunakan sebagai latar swafoto di Instagram.

Nah teman, kalian sudah tahu cara mencari arti sebuah kata di kamus. Kalian bisa mempraktikkannya untuk mencari kata-kata yang tidak kalian ketahui artiya.

Semoga bermanfaat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.