Mengenali Tanda Baca dalam Teks Deskripsi

Berikut.id – Mengenali Tanda Baca dalam Teks Deskripsi. Teman, dalam menulis teks deskripsi kita harus mengenali tanda baca yang dapat digunakan. Hal ini bertujuan agar kita lebih mudah dalam memahami isi dari teks deskripsi tersebut. Kali ini kita akan belajar mengenali tanda baca dalam teks deskripsi, perhatikan penjelasan di bawah ini!

 

Mengenali Tanda Baca dalam Teks Deskripsi

 

Mengenali Tanda Baca dalam Teks Deskripsi

1. Huruf kapital atau huruf besar dipakai sebagai huruf pertama kata pada awal kalimat.

Misalnya:

a. Ardi menikmati kopi gayo.

b. Papandayan adalah salah satu gunung api aktif jenis strato dengan ketinggian 2.662 mdpl.

c. Perjalanan ditempuh dalam waktu satu jam.

 

2. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama nama geografi. Misalnya: Jakarta, Jalan Dago, Kabupaten Garut, Sungai Musi, Gunung Papandayan.

 

3. Tanda Koma

a. Tanda koma dipakai di antara unsur-unsur dalam suatu pemerincian atau pembilangan. Misalnya: Ia membeli kopi, kain, dan tas sebagai oleh-oleh untuk para sahabatnya.

b. Tanda koma dipakai sebelum kata penghubung seperti tetapi, melainkan, sementara dan sedangkan dalam kalimat majemuk setara. Misalnya: Lili mengambil foto, sementara Fajar memilih menikmati secangkir kopi.

c. Tanda koma dipakai untuk memisahkan anak kalimat yang mendahului induk kalimatnya. Misalnya: Kalau lulus ujian, ayah akan mengajak saya ke Pulau Bali.

d. Tanda koma dipakai di belakang kata atau ungkapan penghubung antarkalimat, seperti oleh karena itu, jadi, dengan demikian, sehubungan dengan itu, dan meskipun demikian. Misalnya: Gunung Papandayan telah meletus beberapa kali. Meskipun demikian, kawah hasil letusan dan hutan mati menjadi daya tarik wisata ini.

e. Tanda koma dipakai sebelum dan/atau sesudah kata seru seperti o, ya, wah, aduh, hai. Tanda koma juga dipakai sebelum dan/atau sesudah kata sebagai sapaan, seperti Bu, Dik, atau Nak. Misalnya: Wah, indah sekali pemandangan di Pantan Terong! Kamu setuju kan, Nak?

Baca Juga :  Jawaban Ayo Berpikir Kreatif Matematika Kelas 10 Halaman 71

 

4.Kata depan, seperti di, ke, dan dari, ditulis terpisah dari kata yang mengikutinya.

Misalnya:

a. Di mana Toko Kopi Djawa?

b. Dia ikut berlibur ke Yogyakarta.

c. Ia berasal dari Kota Musik.

 

Nah teman, itulah tanda baca yang dapat kalian gunakan dalam menuliskan teks deskripsi. Kalian harus memperhatikan tanda baca dalam menuliskan teks deskripsi agar orang lain yang membaca dapat dengan mudah memahami teks kalian.

Semoga bermanfaat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.