Membuat Teks Tanggapan Terhadap Suatu Karya
Membuat Teks Tanggapan Terhadap Suatu Karya

Membuat Teks Tanggapan Terhadap Suatu Karya

Berikut.id – Membuat Teks Tanggapan Terhadap Suatu Karya. Teman, bagaimana dengan buku-buku yang kalian baca? Menarik bukan?
Kalian telah mempelajari bagian-bagian buku dan cara memahami isi buku melalui rangkuman. Kedua hal ini akan membantu kalian untuk:

1) mencari informasi terkait materi dalam buku dengan lebih cepat; misalnya, kalian dapat mencari arti kata tertentu dalam buku dengan memeriksa bagian glosarium di halaman penutup buku, dan tertulis kepada orang lain.

2) memberikan informasi pendukung saat kalian menyajikan buku tersebut secara lisan dan tertulis kepada orang lain.

Setelah mempelajari bagian-bagian buku dan cara memahami isi buku melalui rangkuman, kali ini kita akan membahas tentang teks tanggapan.

 

Membuat Teks Tanggapan Terhadap Suatu Karya

Membuat Teks Tanggapan Terhadap Suatu Karya

Teks tanggapan adalah teks yang berisi penilaian, ulasan, atau resensi terhadap suatu karya (film, buku, novel, drama, dan sebagainya) sehingga orang lain mengetahui kelebihan dan kekurangan karya tersebut. Teks tanggapan juga dikenal dengan resensi. Teks ini bertujuan menyampaikan pengalaman seseorang saat membaca atau menonton sebuah karya.

Membaca teks tanggapan bermanfaat bagi para pembaca buku atau penonton film. Kita dapat mengetahui buku-buku dan tayangan film yang baik dari perspektif pembaca dan pemirsa lain. Kalian dapat menelusuri resensi buku dalam media sosial dan komunitas pembaca buku, salah satunya www.goodreads.com. Kalian dapat mengetik judul buku yang ingin kalian baca di sana dan kalian segera dapat menemukan resensi yang ditulis oleh beberapa pembaca. Apabila kalian gemar memirsa tayangan video, laman YouTube juga menampilkan resensi buku-buku yang menarik.

Kalian dapat menyajikan tanggapan terhadap buku yang kalian baca atau film yang kalian tonton secara lisan. Tanggapan tersebut dapat kalian paparkan kepada teman, atau kalian rekam, kemudian kalian unggah di media sosial. Dengan menyajikan tanggapan, kalian membantu teman kalian memilih bacaan atau film yang menarik. Karena itu, kalian perlu menonjolkan kekuatan buku atau film yang kalian tanggapi tersebut. Pada saat memaparkan tanggapan, ingatlah untuk:

Baca Juga :  Itam dan U (Part 2)

1. menggunakan sapaan yang santun, akrab, dan sesuai dengan usia pendengar yang kalian tuju;

2. berbicara dengan ekspresi wajah dan gestur tubuh yang baik, ramah, dengan volume suara yang cukup keras. Pada saat berbicara, arahkan pandangan kalian ke pendengar atau kamera yang merekam kalian; dan

3. pilihlah kata-kata yang baik, formal, serta dapat dipahami oleh pendengar.

 

Nah teman, itulah beberapa hal yang perlu kalian perhatikan dalam memberikan tanggapan terhadap suatu karya secara lisan.

Semoga bermanfaat ya..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.