Memahami Pesan Pokok Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13
Memahami Pesan Pokok Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13

Memahami Pesan Pokok Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13

Berikut.id – Memahami Pesan Pokok Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13. Teman, sebelumnya kalian sudah mempelajari tentang arti atau terjemahan dari Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13. Mari kita mengingat Kembali

Terjemah Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13

Wahai manusia! Sungguh, Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa. Sungguh, Allah Maha Mengetahui, Maha teliti.

Sekarang kita akan mempelajari tentang pesan pokok yang tekandung dalam Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13. Mari kita pelajari bersama.

 

Memahami Pesan Pokok Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13

Manusia tercipta dengan aneka ragam. Ini adalah anugerah Allah SWT. yang patut kita syukuri. Bagaimana keragaman dalam keluarga kalian? Coba kalian tulis perbedaan jenis kelamin, bentuk fisik, dan macam-macam sifat dalam keluarga kalian! Pernahkah kalian bergotong-royong bersama orang yang berbeda agama? Mengapa kalian harus membantu orang lain walaupun berbeda suku atau bangsanya?

Karena saling membantu merupakan perbuatan yang baik dan tidak memandang perbedaan suku atau bangsa juga merupakan perbuatan yang baik. Dengan saling membantu kita akan bisa meringankan pekerjaan orang lain.

 

Allah SWT. melalui Al-Qur’an memberikan gambaran kepada kita tentang keragaman manusia, tujuan penciptaan keragaman dan kemuliaannya di hadapan Allah SWT.

Memahami Pesan Pokok Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13

Bacalah dengan cermat tafsir ringkas Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13 berikut ini!

Wahai manusia! Sesungguhnya, Kami telah menciptakan kalian berasal dari seorang pria dan seorang wanita, yakni keturunan yang sama dari Adam dan Hawa. Seluruh manusia sama derajat kemanusiaannya, tidak ada perbedaan antara satu suku dengan suku yang lain.
Kemudian Kami jadikan kalian berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya saling membantu, saling melengkapi dan bekerja sama, bukan saling mengolok-olok dan saling memusuhi antara satu kelompok dengan kelompok lainnya.

Baca Juga :  Kunci Jawaban dari Bacaan "Tak Muat Lagi"

 

Allah SWT. tidak senang terhadap orang yang menampakkan kesombongan dengan keturunan, kekayaan atau kepangkatan, karena sesungguhnya yang paling mulia di hadapan Allah SWT. hanyalah orang yang paling bertakwa. Karenanya, kalian hendaknya berusaha untuk meningkatkan ketakwaan supaya menjadi orang yang mulia di hadapan Allah SWT.

 

Sesungguhnya, Allah SWT. Maha Mengetahui segala sesuatu, baik yang tampak maupun yang tersembunyi, Allah SWT. Maha teliti sehingga tidak ada satu pun perbuatan manusia yang terlewat dari pengetahuan-Nya.

 

Di tengah keragaman itu, maka manusia diminta untuk saling berlapang dada dan bertenggang rasa. Manusia sebagai wakil Allah SWT. di atas bumi mendapat mandat untuk mengelola dan menjaga kelestarian planet ini. Dalam rangka itu, manusia harus mencipta suasana harmoni dan damai. “Berbeda dalam persaudaraan. Bersaudara dalam perbedaan”.

 

Nah teman, itulah pesan pokok dari Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13. Semoga dengan memahami pesan pokok dari Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13 kalian bisa saling membantu dan saling melengkapi satu dengan lainnya tanpa memandang suku dan bangsa yang berbeda.

Semoga bermanfaat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.