Tanda Puber Laki-Laki dan Perempuan
Tanda Puber Laki-Laki dan Perempuan

Kunci Jawaban Tanda Puber Laki-Laki dan Perempuan

Berikut.id – Kunci Jawaban Tanda Puber Laki-Laki dan Perempuan. Teman, tanda usia balig bagi anak laki-laki dan perempuan tidak hanya dari ilmu fikih tetapi juga dapat kita lihat dari perubahan fisik yang dialami atau dalam ilmu biologi.

 

Kalian telah mempelajari tanda-tanda balig dalam pandangan ilmu fikih. Selanjutnya kita akan belajar bagaimana pandangan ilmu biologi tentang tanda-tanda remaja yang memasuki masa puber?

 

Tahukah kalian apa ilmu biologi? Biologi ialah ilmu yang mempelajari tentang keadaan atau sifat makhluk hidup (manusia, binatang dan tumbuhan). Biologi secara khusus dan mendalam mempelajari perkembangan manusia. Tahap perkembangan manusia antara lain usia remaja atau puber. Ayo kita mengenal masa puber melalui tanda-tandanya.

 

Tanda Puber Laki-Laki dan Perempuan

Bagi anak Laki-laki

Perhatikan gambar berikut!

 

 

Tahukah kalian tanda-tanda anak laki-laki yang masuk masa puber? Ayo kita mempelajarinya!

Laki-laki memiliki hormon testosteron. Hormon ini berguna untuk menghasilkan sperma di dalam testis. Hormon ini juga mengatur hadirnya tanda-tanda seksual sekunder yang ditandai dengan adanya perubahan fisik. Perubahan fisik meliputi wajah yang ditumbuhi kumis, jenggot dan jambang. Selain itu tumbuh juga rambut alat kelamin dan rambut ketiak. Badan kelihatan lebih kekar dan berotot, tumbuh jakun, dan suaranya terdengar lebih berat. Pertumbuhan badan bertambah cepat/cepat besar, gerak menjadi lebih aktif, nafsu makan meningkat, makan lebih banyak.

Selain fisik, hormon testosteron juga memengaruhi perkembangan mental. Laki-laki menjadi cenderung bersikap cuek, tenang, dan rasional. Bila mengalami masalah, maka ia cenderung diam dan menyelesaikan secara praktis.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Bagian Tubuh Tumbuhan dan Fungsinya

 

Kunci Jawaban Tanda Puber Laki-Laki

Carilah tanda-tanda puber bagi anak laki-laki dari berbagai sumber seperti buku atau internet!

Tanda puber bagi anak laki-laki

1. Bentuk tubuh berubah

2. Perubahan suara

3. Tumbuh jerawat

4. Tumbuh kumis dan jenggot

5. Otot tubuh mulai terbentuk

6. Jakun mulai nampak membesar

7. dst.

 

 

Bagi anak Perempuan

Amati gambar berikut

Perkembangan pada perempuan dipengaruhi oleh hormon estrogen dan progesteron. Hormon ini berguna untuk mematangkan ovum dan mengatur perkembangan seksual sekunder. Hal ini ditandai dengan perubahan fisik pada perempuan. Perubahan itu antara lain terjadi pada pinggul dan payudara yang mulai membesar, tumbuh rambut pada alat kelamin dan ketiak. Hormon estrogen juga menyebabkan kulit perempuan lebih halus dibanding laki-laki. Selain itu, perempuan juga akan mengalami menstruasi atau haid.

Haid adalah gugurnya sel telur (ovum) karena tidak dibuahi sperma bersama dengan lapisan dinding rahim. Peristiwa ini ditandai dengan keluarnya darah melalui alat kelamin perempuan.

Haid biasanya terjadi setiap 28 hari sekali. Jadi, jika kalian telah memasuki remaja dan mengalami menstruasi, jangan takut! Karena itu peristiwa biasa pada perempuan.

Hormon progesteron dan estrogen juga dapat memengaruhi perkembangan mental perempuan. Hormon ini memengaruhi perempuan menjadi cenderung mendahulukan perasaan, ingin dimanja dan diperhatikan. Apabila perempuan menghadapi suatu masalah, maka ia mudah mengadu, menangis, atau menyesali diri.

Perubahan fisik antara lain pertumbuhan badan bertambah cepat, gerak menjadi lebih aktif, nafsu makan meningkat, makan lebih banyak, dan suara menjadi lebih merdu.

 

Kunci Jawaban Tanda Puber Perempuan

Carilah tanda-tanda puber bagi anak perempuan dari berbagai sumber seperti buku atau internet!

Baca Juga :  Jawaban Informatika Kelas 7 Konversi Bilangan Halaman 105 106 Kurikulum Merdeka

Tanda puber bagi anak perempuan

1. Payudara membesar

2. Tumbuh bulu ketiak

3. Tumbuh bulu di kemaluan

4. Kelenjar keringat dan kantung minyak di dalam tubuh meningkat dan banyak

5. Pinggul melebar

6. dst.

 

Nah teman, itulah tanda-tanda balig dalam pandangan ilmu biologi. Perubahan yang kita alami dalam masa puber merupakan hal yang alami dan wajar, jadi kalian tidak perlu takut ya.

Semoga beramnfaat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.