Kunci Jawaban Menilai Alur Teks “Keberanian Emas”
Kunci Jawaban Menilai Alur Teks “Keberanian Emas”

Kunci Jawaban Menilai Alur Teks “Keberanian Emas”

Berikut.id – Kunci Jawaban Menilai Alur Teks “Keberanian Emas”. Teman, cerita “Keberanian Emas” merupakan salah satu cerita rakyat yang banyak diceritakan kepada anak-anak. Kalian sudah mempelajari tentang cerita rakyat. Masih ingatkah kalian pengetian cerita rakyat?

Cerita rakyat adalah cerita yang dituturkan secara turun-temurun. Biasanya, cerita rakyat memiliki beberapa versi. Cerita rakyat adalah cerita yang berasal dari masyarakat dan berkembang dalam masyarakat pada masa lampau yang menjadi ciri khas setiap bangsa yang memiliki kultur budaya yang beraneka ragam mencakup kekayaan budaya dan sejarah yang dimiliki masing-masing bangsa.
Dalam sebuah cerita terdapat alur yang menjadikan sebuah cerita menjadi dinamis. Alur cerita adalah urutan peristiwa dalam sebuah cerita yang sambung menyambung berdasarkan hubungan sebab〰akibat. Alur cerita juga bisa disebut jalan cerita. Alur cerita yang baik mengandung awal, tengah, dan akhir, dengan ketegangan yang memuncak (klimaks) pada bagian tengah cerita untuk menarik minat pembaca.

Klimaks adalah bagian dari cerita yang menerangkan puncak konflik yang terjadi antara dua tokoh atau lebih dalam cerita. Klimaks merupakan bagian dari konflik yang menyatakan bahwa konflik telah mencapai titik puncaknya. Hal ini dapat diketahui dari ketiadaan peristiwa atau konflik lain yang statusnya lebih tinggi atau lebih berdampak kepada para tokoh. Setelah klimaks, cerita pun akan berangsur menuju tahap resolusi atau penyelesaian masalah.

Kunci Jawaban Menilai Alur Teks “Keberanian Emas”

Kunci Jawaban Menilai Alur Teks “Keberanian Emas”

Awal

Awal: Emas tidak memiliki teman. Semua takut padanya.

Latar tempat: sebuah desa

Latar keluarga tokoh utama: Emas tinggal berdua dengan ibunya Petunjuk permasalahan yang dihadapi tokoh utama: teman-teman menjauhi, Ibu selalu sedih.

 

Baca Juga :  Ragam Kalimat dalam Teks Tanggapan

Klimaks

Klimaks: Emas dengan berani melawan raksasa menggunakan tiga kantung ajaibnya.

Adegan aksi yang paling menegangkan: Emas melawan raksasa dengan kantung ketiga.

 

Akhir

Hal yang dialami tokoh utama: berhasil mengalahkan raksasa

Hal yang dialami antagonis: tenggelam dalam lumpur isap Amanat atau tujuan penulis: keberanian selalu menang, pantang menyerah.

 

Dengan mengkaji diagram di atas, kalian berlatih untuk mengkaji atau menilai alur pada teks naratif.

Nah teman, itulah kunci jawaban menilai alur teks “Keberanian Emas”. Dimana bagian awal menceritakan tentang permasalahan awal, latar tempat, dan latar keluarga tokoh utama. Pada bagian klimaks diceritakan tentang konflik yang dialami oleh Emas dan caranya menghadapi permasalahan yang dialami. Kemudian bagian akhir menceritakan tentang akhir dari cerita tersebut.

Semoga bermanfaat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.