Kunci Jawaban Kewajiban setelah Usia Balig
Kunci Jawaban Kewajiban setelah Usia Balig

Kunci Jawaban Kewajiban setelah Usia Balig

Berikut.id – Kunci Jawaban Kewajiban setelah Usia Balig. Teman, kita sudah mempelajari tanda-tanda balig pada anak laki-laki dan perempuan. Selanjutnya, sangat penting bagi kalian untuk mengetahui kewajiban-kewajiban yang harus dilakukan oleh anak yang telah balig.

Bila kalian telah mengalami tanda-tanda balig berarti kalian telah disebut mukalaf. Mukalaf artinya orang dewasa yang wajib menjalankan hukum agama. Semua aturan agama wajib kalian indahkan. Aturan dalam akidah (keimanan), ibadah, dan akhlak. Seluruh perbuatan akan dibalas oleh Allah Swt. Amal baik dengan pahala dan amal buruk dengan dosa.

Carilah beberapa contoh aturan seperti kolom berikut!

Aqidah:

1. Meyakini adanya Allah Swt.

2. Berpegang teguh kepada Al Quran dan hadits Nabi SAW.

3. Menjauhkan diri dari semua perbuatan syirik

4. Meningkatkan kualitas ketakwaan kepada Allah SWT dengan sholat berjamaah.

5. Berserah diri dan ikhlas dalam beribadah kepada Allah.

6. Melaksanakan perintah Allah dan menjauhi segala larangan-larangan-Nya.

 

Ibadah:

1. Salat lima waktu.

2. Membaca Al Quran

3. Berdo’a

4. Membaca sholawat

5. Menuntut ilmu

 

Akhlak:

1. Berbakti kepada orang tua

2. Membantu saudara sesama muslim yang membutuhkan

3. Berkata jujur walaupun dikeadaan yang menyakitkan hati.

4. Bersikap saling mengasihi terhadap sesama makhluk hidup.

5. Menjalankan amanah dengan sebaik mungkin.

6. Berperilaku sopan santun terhadap siapapun.

 

Kunci Jawaban Kewajiban setelah Usia Balig

Diantara aturan-aturan yang wajib kalian patuhi yaitu:

1. Salat Fardu

Perhatikan gambar berikut!

Kunci Jawaban Kewajiban setelah Usia Balig
 

Sejak umur berapa kalian melaksanakan salat fardu lima waktu? siapa yang mengajari kalian doa dan tatacara salat? Mengapa kalian salat?
Salat adalah tiang agama. Orang yang mendirikan salat berarti dia menegakkan agama dan sebaliknya orang yang meninggalkan salat berarti dia merobohkan agama.

Baca Juga :  Jawaban Informatika Kelas 7 Aktivitas SK-K7-08-U Pemilihan Spesifikasi Komputer Sesuai Kebutuhan Halaman 98 99 Kurikulum Merdeka

Salat diperintahkan kepada anak sejak berusia tujuh tahun. Rasulullah saw. bersabda “Perintahkanlah anak-anak kalian untuk mengerjakan salat pada usia tujuh tahun dan pukullah mereka untuk salat pada usia sepuluh tahun, serta pisahkanlah tempat tidur mereka.” (HR. Abu Daud).

Salat bukan sekadar kewajiban tapi kebutuhan ruhani kita. Salat mengajari kita akan kebesaran Allah Swt., optimis dalam kehidupan dan pasrah atas kehendak Allah Swt.

 

2. Menutup Aurat

Perhatikan gambar berikut!

 

Apakah kalian tahu yang dinamakan aurat? Apakah kalian juga tahu batas aurat laki-laki dan perempuan?

Aurat ialah bagian tubuh manusia yang harus ditutupi menurut ketentuan syariat. Bagi laki-laki auratnya adalah anggota badan antara pusar dan lutut. Sedang perempuan adalah seluruh badan selain wajah dan telapak tangan. Pakaian tidak terlalu ketat sehingga menampakkan bentuk tubuh dan juga bukan kain yang tipis sehingga warna kulit terlihat. Anak-anak, perlu kalian perhatikan!

Bahwa Islam tidak mengharuskan umatnya memakai model pakaian khas tertentu dalam menutup aurat. Setiap suku dan bangsa memiliki ciri khas budaya pakaian masing-masing. Model pakaian yang kita pakai mungkin berbeda dengan orang yang berasal dari suku dan bangsa lain.

Hal itu bukanlah masalah asal aturan syariat menutup aurat terpenuhi. Kita tetap wajib menghargai perbedaan apapun termasuk model pakaian sebagai penutup aurat kita.

 

3. Mencari Ilmu

Perhatikan gambar berikut!

 

Mata pelajaran apa yang paling kalian sukai? Mengapa kalian menyukai pelajaran itu?
Setiap muslim laki-laki dan perempuan berkewajiban untuk mencari ilmu. kewajiban mencari ilmu itu sejak seseorang lahir sampai meninggal dunia. Anak yang telah balig dibebani hukum syariat. Oleh sebab itu, ia akan menerima balasan sesuai perbuatannya. Ilmu hanya dapat diperoleh dengan belajar. Dimulai dengan tekun membaca, terus berlatih dan mengamalkan ilmunya. Namun jangan lupa perbanyak berdoa agar Allah Swt. memberi ilmu yang luas dan bermanfaat.

Baca Juga :  Kisah Perjalanan Hijrah Nabi Muhammad saw (Part 2)

Wahyu pertama yang turun kepada Rasulullah saw. adalah “iqra’” (bacalah!). Ini menunjukkan pentingnya ilmu pengetahuan. Allah Swt. akan mengangkat derajat orang beriman dan berilmu.

 

Nah teman, itulah aturan-aturan yang wajib kalian patuhi setelah balig.

Semoga bermanfaat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *