Kunci Jawaban Karakteristik Makhluk Hidup
Kunci Jawaban Karakteristik Makhluk Hidup

Kunci Jawaban Karakteristik Makhluk Hidup

Berikut.id – Kunci Jawaban Karakteristik Makhluk Hidup. Teman, sebelumnya kita sudah membahas tentang karakteristik makhluk hidup. Untuk menguji pengetahuan kalian, jawablah pertanyaan dibawah ini sesuai pemahaman kalian tentang karakteristik makhluk hidup yang sudah kita bahas sebelumnya.

Kunci Jawaban Karakteristik Makhluk Hidup
 

Kunci Jawaban Karakteristik Makhluk Hidup

1. Jelaskan karakteristik yang membedakan makhluk hidup dengan benda mati.

Jawaban:

Karakteristik makhluk hidup yaitu:

a. memiliki kemampuan untuk bergerak;

b. tumbuh dan berkembang;

c. memiliki kemampuan untuk bereproduksi;

d. menanggapi rangsangan dari lingkungannya;

e. mengambil dan menggunakan energi;

f. memiliki kemampuan bernapas;

g. menghasilkan limbah (ekskresi); dan

h. tubuh tersusun dari satu atau banyak sel

 

2. Jelaskan dua alasan yang menyatakan bahwa virus tidak termasuk ke dalam makhluk hidup.

Jawaban: Tubuh virus tidak tersusun atas sel dan virus tidak dapat melakukan metabolisme sendiri, serta tidak menunjukkan karakteristik makhluk hidup lainnya seperti bernapas. Dengan demikian maka virus bukan makhluk hidup.

 

3. Identifikasi benda-benda berikut apakah termasuk makhluk hidup atau benda mati dan berikan alasannya.

Jawaban:

a. Padi termasuk makhluk hidup karena menunjukkan ciri makhluk hidup, yaitu dapat tumbuh dan berkembang, bereproduksi, mampu berfotosintesis (menggunakan energi) dan tersusun atas sel.

b. Burung termasuk ke dalam makhluk hidup karena menunjukkan ciri makhluk hidup, yaitu dapat tumbuh dan berkembang, bereproduksi, bergerak, mampu berfotosintesis (menggunakan energi) dan tersusun atas sel.

c. Pulpen termasuk benda mati karena tidak menunjukkan karakteristik makhluk hidup. Pulpen tidak bernapas, tidak tersusun atas sel dan tidak dapat bereproduksi.

d. Meja termasuk benda mati karena tidak menunjukkan karakteristik makhluk hidup. Pulpen tidak bernapas, tidak tersusun atas sel dan tidak dapat bereproduksi.

Baca Juga :  Memahami Pesan Pokok Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13

 

4. Beberapa mainan robotik menunjukkan seolah-olah mereka hidup. Misalnya, mereka menunjukkan kapan mereka membutuhkan ‘makan’.

a. Sebutkan ciri-ciri kehidupan yang mereka perlihatkan dan yang tidak mereka tunjukkan.

Jawaban: Karakteristik makhluk hidup yang diperlihatkan robot mainan misalnya bergerak dan menanggapi rangsang. Karakteristik makhluk hidup yang tidak diperlihatkan robot mainan misalnya tubuh tersusun atas sel, bereproduksi.

b. Apakah mainan tersebut termasuk makhluk hidup?

Jawaban: Robot mainan tidak termasuk ke dalam makhluk hidup karena tidak dapat menunjukkan semua karakteristik makhluk hidup. Ada beberapa karakteristik yang tidak dimiliki oleh mainan robot.

 

Nah teman, dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan diatas semoga kalian semakin paham ya tentang karanteristik makhluk hidup.

Semoga bermanfaat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *