Kunci Jawaban Bacaan “Tetap Rileks Saat di Kelas”
Kunci Jawaban Bacaan “Tetap Rileks Saat di Kelas”

Kunci Jawaban Bacaan “Tetap Rileks Saat di Kelas”

Berikut.id – Kunci Jawaban Bacaan “Tetap Rileks Saat di Kelas”. Teman, untuk memiliki fisik yang sehat kalian perlu menjaga pola makan dan juga mengkonsumsi makanan yang memiliki nilai gizi yang seimbang. Selain makanan, kegiatan fisik juga baik untuk melatih kelenturan dan stamina tubuh. Bacalah dan amati gambar di bawah ini, ya.

 

Tetap Rileks Saat di Kelas

Materi pelajaran baru, tumpukan tugas, dan ulangan kini mengisi hari-hari kalian. Jam demi jam pelajaran kalian habiskan dengan duduk memperhatikan, mencatat, bahkan mengerjakan soal ulangan. Mungkin kalian merasa jenuh dan lelah hanya dengan duduk di kelas.
Tenang, jangan menyerah dulu. Ingatlah untuk selalu melakukan peregangan agar tubuh kalian tidak kaku, kembali ringan, dan lentur. Melakukan peregangan itu mudah. Perhatikan caranya berikut ini.

 

1. Duduklah dengan posisi tegak di kursi. Pegang pinggiran kursi, kemudian angkatlah bahu. Tahan bahu selama 5–8 detik, lalu turunkan. Lakukan gerakan ini berulang-ulang.

 

2. Masih dalam posisi duduk, ambillah dua buah buku pelajaran atau buku tulis milik kalian. Angkatlah buku dengan kedua tangan menyatu di atas kepala, lalu rentangkan ke belakang. Gerakan ini sangat baik untuk menghilangkan lelah.

 

 

3. Berikutnya, berdirilah di samping bangku kalian. Rentangkan kedua tangan ke atas kepala, lalu miringkan tubuh ke kanan dan ke kiri selama 5–10 detik.

 

4. Terakhir, ambil kembali kedua buku kalian, pegang dengan masing masing tangan. Kemudian, bungkukkan badan ke depan hingga tubuh kalian membentuk huruf L. Lemparkan kedua tangan jauh ke belakang selama 5–8 detik, lalu turunkan lagi.

 

 

Bagaimana? Sekarang tubuh kalian terasa lebih ringan dan segar, kan? Selamat beraktivitas kembali!

Baca Juga :  Jawaban Informatika Kelas 7 Aktivitas SK-K7-02 Mengetahui Spesifikasi Perangkat Keras Halaman 84 85 Kurikulum Merdeka

 

Kunci Jawaban Bacaan “Tetap Rileks Saat di Kelas”

 

Setelah membaca bacaan “Tetap Rileks di Kelas” di atas, diskusikan pertanyaan-pertanyaan ini dengan teman kalian.

1. Mengapa penulis menganjurkan pembaca untuk melakukan peregangan?

Jawaban saya: Agar tubuh tidak kaku, kembali ringan, lentur.

Jawaban teman: Agar tidak capai.

 

2. Ada berapa gerakan peregangan yang dianjurkan penulis? Tuliskan kembali dengan bahasa kalian sendiri.

Jawaban saya: Ada 4 gerakan: menggerakkan bahu sambil duduk, mengangkat buku di atas kepala, memiringkan tubuh ke kanan dan kiri, membungkukkan tubuh ke depan.

Jawaban teman: Ada 4: duduk tegak, mengangkat buku, berdiri di samping bangku, memegang buku

 

3. Lakukan gerakan-gerakan peregangan itu dengan teman. Dapatkah kalian melakukan semua gerakan yang dianjurkan oleh penulis?Gerakan mana yang paling mudah dan paling sulit dilakukan?

Jawaban saya: Gerakan keempat paling sulit.

Jawaban teman: Semuanya mudah

 

4. Menurut kalian, apakah penulis telah menuliskan langkah-langkah peregangan dengan baik dan jelas? Penjelasan gerakan mana yang paling sulit dipahami?

Jawaban saya: Gerakan nomor 2 saya tidak paham.

Jawaban teman: Semuanya mudah

 

5. Apakah kalian telah sepakat dengan bacaan tersebut bahwa peregangan dapat membuat tubuh terasa ringan?

Jawaban saya: Tidak terlalu berpengaruh

Jawaban teman: Setuju

 

Nah teman, itulah Kunci Jawaban Bacaan “Tetap Rileks Saat di Kelas”. Selain mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang kalian juga harus melatih fisik, ini bertujuan untuk membentuk tubuh sehat dan bugar.

Semoga bermanfaat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.