Klasifikasi Makhluk Hidup Kingdom Plantae dan Animalia
Klasifikasi Makhluk Hidup Kingdom Plantae dan Animalia

Klasifikasi Makhluk Hidup Kingdom Plantae dan Animalia

Berikut.id – Klasifikasi Makhluk Hidup Kingdom Plantae dan Animalia. Teman, seperti yang kita pelajari bersama sebelumnya tentang klasifikasi makhluk hidup kingdom fungi memiliki ciri-ciri eukariotik, sel berupa hifa (benang), dinding sel terbuat dari kitin, tidak memiliki kloroplas serta dapat menghasilkan spora untuk perkembangbiakan. Nah kali ini kita akan membahas tentang klasifikasi makhluk hidup dua kingdom terakhir yang berdeda dari kingdom-kingdom sebelumnya, yaitu kingdom plantae dan kingdom animalia. Simaklah penjelasan berikut.

 

Klasifikasi Makhluk Hidup Kingdom Plantae dan Animalia

Kingdom Plantae

Organisme yang digolongkan ke dalam kingdom Plantae memiliki karakteristik eukariotik, berdinding sel, memiliki kloroplas, jaringan terdiferensiasi menjadi organ akar, batang dan daun. Kingdom Plantae atau lebih dikenal dengan nama tumbuhan berperan sebagai produsen. Tumbuhan dapat melakukan fotosintesis dan menyediakan makanan bagi organisme lainnya.

Tumbuhan berkembang biak dengan menghasilkan spora atau biji. Tumbuhan yang berkembang biak dengan spora yaitu kelompok lumut dan paku. Adapun tumbuhan yang berkembang biak dengan biji terdiri atas dua kelompok, yaitu tumbuhan berbiji terbuka (Gymnospermae) dan tumbuhan berbiji tertutup (Angiospermae). Tumbuhan berbiji tertutup berdasarkan keping bijinya dibagi menjadi dua, yaitu tumbuhan Dikotil dan Monokotil. Perhatikan berbagai macam contoh anggota kingdom Plantae pada gambar berikut.

Klasifikasi Makhluk Hidup Kingdom Plantae dan Animalia
 

Kingdom Animalia

Makhluk hidup yang termasuk ke dalam kerajaan hewan mungkin paling mudah dikenali karena bergerak dengan jelas. Namun, ada juga hewan yang seumur hidupnya menempel, tidak berpindah tempat. Organisme yang digolongkan ke dalam kingdom Animalia memiliki karakteristik eukariotik, tidak memiliki dinding sel, multiseluler, heterotrof dan secara umum dapat berpindah tempat dengan jelas. Ukuran hewan bervariasi dari yang berukuran mikroskopis sampai dengan yang berukuran sangat besar. Kingdom Animalia atau lebih dikenal dengan kerajaan hewan mendapatkan makanan dari organisme lainnya.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Mengambil Simpulan dari Teks Deskripsi.

Struktur tubuh dan bentuk hewan beraneka ragam. Struktur tubuh hewan yang paling sederhana adalah golongan Porifera, yang menempel di dasar lautan. Adapun struktur hewan yang paling kompleks terdapat pada golongan Chordata.

 

Beberapa ahli terkadang menggolongkan hewan ke dalam dua kelompok besar, yaitu golongan invertebrata dan vertebrata. Invertebrata adalah golongan hewan yang tidak memiliki tulang belakang, contohnya cacing, kerang dan cumi. Adapun vertebrata adalah golongan hewan yang memiliki ruas tulang belakang, contohnya ikan, katak, ular, burung dan sapi. Perhatikan penggolongan kingdom Animalia berikut ini.

 

Nah teman, itulah pembahasan kita mengenai klasifikasi makhluk hidup kingdom plantae dan kingdom animalia. Jika kalian penasaran dengan bentuk hewan-hewan yang terdapat pada tabel kalian bisa mencari tahu lebih lanjut dengan bantuan teman, guru, atau orang tua kalian.

Semoga bermanfaat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *