keuntungan dan kerugian gaya gesek
keuntungan dan kerugian gaya gesek

Keuntungan dan Kerugian Gaya Gesek

Berikut.id – Keuntungan dan Kerugian Gaya Gesek. Teman, segala sesuatu di dunia ini pasti memiliki keuntungan dan juga kerugian dan tidak terkecuali pada gaya gesek yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Apa saja keuntungan dan kerugian gaya gesek? Mari kita pelajari bersama.

keuntungan dan kerugian gaya gesek

Keuntungan dan Kerugian Gaya Gesek

Apakah Gaya Gesek Menguntungkan?

Beberapa contoh berikut adalah gaya gesek yang menguntungkan. Sepatu dan sandal dari bahan karet yang tidak licin jika dipakai akan menahan pemakainya untuk tidak terpeleset. Kemudian, ban mobil, ban sepeda motor dibuat dari karet keras dan bentuknya didesain sehingga akan memperbesar gaya gesek antara ban dengan jalan raya untuk mempercepat laju kendaraan. Cobalah kalian tuliskan contoh gaya gesek yang menguntungkan lainnya.

Keuntungan Gaya Gesekan:

1. Membantu benda bergerak tanpa tergelincir.

Contohnya ketika berjalan antara kaki atau sepatu kita dengan lantai harus ada gesekan. Jika tidak ada gaya gesek kita tidak bisa berjalan karena selalu tergelincir.

2. Untuk menghentikan benda yang sedang bergerak

Contoh ketika kita mengerem sepeda, rem pada sepeda mencekram pelek agar roda sepeda berhenti berputar. Cengkraman rem itu memberi gaya gesek pada pelek.Antara ban dan jalanan juga terjadi gaya gesek jadi sepeda akan berhenti.

3. Menahan benda agar tidak bergeser

Gaya gesek mampu menahan benda agar tak bergeser. Barang – barang yang ada di rumah kita juga menggunakan gaya gesek, jika tidak ada gaya gesek barang barang itu akan bergeser.

4. Benda dapat tetap pada tempatnya dan tidak berpindah tempat

Baca Juga :  Membuat Teks Tanggapan Terhadap Suatu Karya

5. Dapat menimbulkan energi panas

6. Dapat membuat magnet

7. Dapat memperlanbat kecepatan

 

Apakah Ada Gaya Gesek yang Merugikan?

Gaya gesek dapat pula menimbulkan kerugian, di antaranya adalah gir dan rantai pada sepeda motor yang sering bergesekan. Gesekan yang lama akan membuat aus dan rusak. Usaha untuk mengurangi gesekan yang terjadi dapat dilakukan dengan memberikan oli sebagai pelicin antarpermukaan.

Kereta api cepat Shinkansen di Jepang berjalan di atas rel magnet. Rel model ini dibuat dengan tujuan untuk menghilangkan gaya gesek antara kereta dengan rel. Cobalah tuliskan gaya gesek yang merugikan di kehidupan sehari-hari.

Secara umum, kerugian gaya gesek yaitu:

1. Benda yang saling bergesekan menyebabkan aus atau terkikis

2. Menghambat gerak benda

3. Memboroskan energi

 

Nah teman, itulah keuntungan dan kerugian dari gaya gesek yang dapat kita temui dalam kehidupan sehari-hari.

Semoga bermanfaat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *