jumrah yang ketiga bernama

Pengertian Jumrah yang Ketiga Bernama

Jumrah yang ketiga bernama adalah salah satu rangkaian ibadah haji yang dilakukan di Mina. Jumrah yang ketiga bernama juga dikenal dengan sebutan Jumrah Aqabah.

Pada saat pelaksanaannya, jemaah haji akan melempar jumrah ke tiga tiang yang terletak di Jamarat. Tiang yang menjadi sasaran lemparan pertama dinamakan Jumrah Ula, kemudian Jumrah Wusta, dan yang terakhir adalah Jumrah Aqabah.

Proses pelaksanaan jumrah yang ketiga bernama berlangsung pada hari ketiga Idul Adha dan menjadi salah satu rukun haji yang harus dilakukan oleh seluruh jemaah haji.

Cara Pelaksanaan Jumrah yang Ketiga Bernama

Persiapan

Sebelum memulai prosesi melempar jumrah, jemaah haji harus mempersiapkan diri dengan memakai pakaian ihram yang sudah dicuci bersih dan ditata rapih. Selain itu, jemaah haji juga diwajibkan untuk membersihkan diri terlebih dahulu dengan mandi atau wudhu sebelum memulai pelaksanaan jumrah.

Proses Melempar Jumrah

Setelah persiapan selesai dilakukan, jemaah haji akan melakukan proses melempar jumrah ke tiga tiang yang ada di Jamarat. Proses pelaksanaannya dimulai dengan melempar jumrah ke Jumrah Ula sebanyak tujuh kali, kemudian dilanjutkan dengan melempar Jumrah Wusta juga sebanyak tujuh kali.

Setelah itu, jemaah haji akan menuju ke Jumrah Aqabah untuk melempar jumrah terakhir sebanyak tujuh kali. Proses melempar jumrah harus dilakukan dengan hati yang tenang dan penuh khusyuk sebagai wujud penghormatan kepada Allah SWT.

Makna dari Pelaksanaan Jumrah yang Ketiga Bernama

Proses pelaksanaan jumrah yang ketiga bernama memiliki makna yang dalam bagi jemaah haji. Melalui prosesi melempar jumrah, jemaah haji diingatkan akan kewajibannya untuk selalu menghindari segala bentuk kejahatan dan dosa di dalam kehidupannya.

Baca Juga :  alat yang digunakan untuk mengukir bahan lunak dinamakan

Proses melempar jumrah yang ketiga bernama juga menjadi simbol untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang diberikan-Nya pada umat manusia. Selain itu, jumrah yang ketiga bernama juga menjadi momen untuk memperkuat rasa solidaritas dan kebersamaan antara sesama jemaah haji.

Tips Pelaksanaan Jumrah yang Ketiga Bernama

Agar pelaksanaan jumrah yang ketiga bernama berjalan lancar dan sukses, ada beberapa tips yang harus diperhatikan oleh jemaah haji. Pertama, pastikan untuk mempersiapkan diri dengan baik dan benar sebelum memulai proses melempar jumrah.

Kedua, jemaah haji harus selalu menjaga keselamatan dan kesehatan saat melakukan prosesi melempar jumrah. Ketiga, jemaah haji juga diharapkan untuk selalu menjaga kekhusyukan dan hati yang tenang saat melakukan ibadah jumrah.

Tabel Jadwal Pelaksanaan Jumrah yang Ketiga Bernama

Hari/Tanggal Waktu Pelaksanaan
11 Dzulhijjah Pukul 10.00 pagi hingga pukul 6.00 sore
12 Dzulhijjah Pukul 10.00 pagi hingga pukul 6.00 sore
13 Dzulhijjah Pukul 10.00 pagi hingga pukul 2.00 sore

Frequently Asked Questions (FAQ)

Tinggalkan komentar