Jawaban Modul 4 Topik 7 Dimensi Bergotong Royong

Jawaban Modul 4 Topik 7 Dimensi Bergotong Royong

Jawaban Modul 4 Topik 7 Dimensi Bergotong Royong – Salam sehat dan bahagia selalu untuk bapak ibu guru hebat, Berikut adalah Pembahasan untuk membantu bapak ibu guru dalam menjawab post test yang terdapat pada aplikasi Platform Medeka Mengajar (PMM).

Lebih baik sebelum melihat jawaban berikut, bapak ibu guru mengerjakan terlebih dahulu post testnya secara mandiri atau bekerja sama dengan bapak ibu guru yang lainnya.

Dengan mengerjakan secara mandiri terlebih dahulu akan menambah wawasan dan ilmu bagi bapak ibu guru semuanya.

Sebelum mengerjakan post test, bapak ibu guru mambaca modulnya dengan teliti untuk dapat menjawab pertanyaan pada post test.

Mari sama sama kita simak penjelasan jawaban alternatif sebagai tambahan referensi bapak ibu saat mencari bahan referensi.

Perhatikan dan pahami secara seksama, supaya bapak ibu bisa mengerjakan soal demi soal yang ada dalam post test kali ini.

Jawaban Modul 4

Topik 7

1. Berikut ini adalah elemen dari dimensi gotong royong, kecuali:

Jawaban

d. Elemen kerja sama

2. Agar bisa bergotong royong, murid perlu menguatkan dulu dimensi mandiri.

Jawaban

Benar, karena berhubungan

3. Bu Nila mendukung murid menguatkan elemen kolaborasi di kelas. Hal yang dilakukan Bu Nila adalah sebagai berikut, kecuali:

Jawaban

c. Menghargai semua ucapan murid dengan tidak mematahkan pendapat murid tanpa argumen logis

4. Dalam konteks elemen kepedulian, murid perlu memiliki persepsi sosial yang berarti…

Jawaban

b. Memahami mengapa orang lain bereaksi dan melakukan tindakan tertentu

5. Pak Sukri adalah guru biologi di SMA Muara 3. SMA Muara 3 hanya memiliki 5 mikroskop untuk digunakan 20 murid. Memanfaatkan keadaan ini, Pak Sukri bisa menguatkan dimensi gotong royong dengan cara:

Baca Juga :  Jawaban Percobaan Aktivitas 3.3 IPA Halaman 95 Kelas 7

Jawaban

b. Membagi murid ke dalam beberapa kelompok, lalu memberi 1 mikroskop ke tiap kelompok

Latihan Pemahaman

Berikut yang bukan merupakan elemen dari Dimensi Bergotong Royong adalah

Jawaban

Empati

Cerita Reflektif

Apakah pengalaman bergotong royong Ibu/Bapak yang paling berkesan? Apa peran Ibu/Bapak dalam gotong royong tersebut?

Contoh Jawaban

Pengalaman gotong royong yang paling berkesan adalah pada saat Bersama-sama memanfaatkan barang-barang bekas yang ada disekitar kita sebagai media belajar, serta mengubahnya menjadi produk baru sesuai dengan keinginan murid

Latihan Pemahaman

Menurut alur perkembangannya, membiasakan diri untuk berbagi ke orang sekitarnya bisa dimulai dilatih pada murid dari jenjang

Jawaban

PAUD

Menumbuhkan elemen kepedulian berkaitan dengan kemampuan berempati murid.

Jawaban

Benar

Agar suatu kolaborasi berjalan lancar dan mencapai tujuan yang diharapkan, antara anggota kelompok harus saling ….

Jawaban

Semua benar

Cerita Reflektif

Apa hambatan yang biasanya Ibu/Bapak temui dulu ketika sekolah saat melakukan kerja kelompok? Bagaimana menghadapinya?

Contoh Jawaban

Hambatan yang biasanya saya temui sebagai guru dulu ketika sekolah waktu melakukan kerja kelompok adalah susahnya dalam membuat siswa fokus pada apa yang harus dikerjakan. Konsentrasi jadi faktor penghambat. Kerja kelompok ialah suatu kegiatan yang dilakukan bersama-sama dengan tujuan yang sama, visi dan misi yang sama.

Penutup

Demikianlah Jawaban Modul 4 Topik 7 Dimensi Bergotong Royong. Semoga dapat membantu bapak ibu guru. Ingat dan jangan sampai lupa untuk membaca modulnya terlebih dahulu kemudian kejakan post testnya secara mandiri maupun bekerjasama dengan guru yang lainnya. Tetap semangat dan terus belajar bapak ibu guru hebat. Salam sehat dan bahagia selalu. Semoga bermanfaat.

Baca Juga

Jawaban Modul 1 Topik 7 Apa dan Mengapa Profil Pelajar Pancasila
Kunci Jawaban Modul 2 Topik 7 Profil Pelajar Pancasila
Jawaban Modul 3 Topik 7 Dimensi Berkebhinekaan Global

Baca Juga :  Jawaban Matematika kelas 7 Soal Ringkasan halaman 86

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *