Jawaban Matematika Halaman 234 Kelas 7 — Hai sobatku semuanya, salam giat belajar. Adik adik semua sebagai seorang pelajar wajib untuk belajar dan berlatih. Dengan belajar dan berlatih pikiran kita akan senantiasa berkembang. Selain itu , semakin sering belajar kita tidak akan mudah lupa. Belajar setiap hari bisa membantu kita untuk terbiasa berpikir tanpa perlu disuruh.
Dan masih banyak tentang manfaat dari belajar dan berlatih yang giat. Yang paling utama dapat mewujudkan cita-cita kalian. Cita cita yang dapat terwujud akan membuat orang tua kalian bangga. Tidak hanya orang tua saja, guru yang mengajar kalian juga ikut merasa bangga dengan prestasi kalian.
Baca Juga : Jawaban Matematika Halaman 236 Kelas 7
Kali ini kami akan membahas serta mengulas jawaban tentang “Bagaimana Menyelidiki Kecenderungan Data” Muatan Pelajaran Matematika kelas VII BAB VII. Pembahasan ini bersifat sebagai pembanding dengan pekerjaan yang sudah adik-adik kerjakan terlebih dahulu. Disamping itu juga untuk memperdalam materi yang telah diajarkan bapak ibu guru di sekolah.
Sebaiknya adik adik membaca dan memahami materinya terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal. Karena soal yang ada pada buku siswa berasal dari materi materi tersebut. Semakin adik adik sering membaca dan memahami serta berlatih mengerjakan soal yang berkaitan dengan tersebut maka akan semakin mempermudah bagi adik adik dalam menyelesaikan soal- soalnya.
Setelah adik adik memahami materi barulah adik-adik mengerjakan soal yang terdapat dibawah ini. Sebelum adik adik mencocokkan dengan kunci jawaban yang telah kami sediakan, ada baiknya adik-adik mengerjakan dahulu soal tesebut secara mandiri maupun diskusi dengan teman.
Baca Juga : Kunci Jawaban Informatika Halaman 134-135-136 Kelas 7
Kami harap adik-adik semua rajin dalam belajar dan berlatih mengerjakan soal-soal agar nantinya saat ujian semester maupun kenaikan kelas dapat mengerjakan soal secara mandiri dan memperoleh hasil yang sangat memuaskan.
Matematika Halaman 234 Kelas 7
Soal
1. Berdasarkan Tabel 1, hitunglah rata-rata data posisi tangkapan penggaris siswa Kelas A. Selidiki apakah data Yuni 10, 7 termasuk yang panjang atau pendek dibandingkan rata-rata kelas.
No | Posisi Tangkap Penggaris |
1. | 8,0 |
2. | 8,1 |
3. | 8,2 |
4. | 9,0 |
5. | 9.2 |
6. | 9,3 |
7. | 9,3 |
8. | 9,7 |
9. | 9,9 |
10. | 10,0 |
11. | 10,3 |
12. | 10,3 |
13. | 10,3 |
14. | 10,3 |
15. | 10,5 |
16. | 10,5 |
17. | 10,6 |
18. | 10,7 |
19. | 10,9 |
20. | 11,1 |
21. | 11,3 |
22. | 11,5 |
23. | 11,5 |
24. | 12,3 |
25. | 12,7 |
26. | 12,8 |
27. | 13,2 |
28. | 13,9 |
29. | 14,1 |
30. | 14,4 |
31. | 15,5 |
Jawaban
Dari 339 ÷ 31 = 10,9354…, maka nilai rata-rata 10,9 cm. Karenanya catatan Yuni yang 10,7 cm lebih pendek dari nilai rata-rata.
Penjelasan
Memikirkan ciri data secara keseluruhan merupakan kegiatan untuk menyadarkan murid bahwa nilai representatif dapat dimanfaatkan. Karena mereka belajar tentang rata-rata di kelas lima sekolah dasar, banyak siswa mungkin berpikir bahwa cukup dengan menghitung ratarata. Namun demikian, diharapkan nilai-nilai representatif lainnya akan keluar melalui diskusi. Manfaatkan ide-ide siswa yang disajikan di sini, untuk melanjutkan pembelajaran dari masing-masing nilai representatif.
Baca Juga : Kunci Jawaban Informatika Halaman 130-131 Kelas 7
Nilai Representatif
Nilai representatif dapat dengan mudah mewakili karakteristik seluruh data dengan satu nilai numerik, dan terdapat berbagai nilai selain nilai rata-rata yang umum digunakan. Namun, karena beberapa informasi tidak dapat dibaca dari sana, penting untuk memilih nilai representatif yang sesuai dengan karakteristik seluruh data dan tujuan penggunaan. Diharapkan murid dapat memikirkan tidak hanya tentang arti dari nilai representatif tetapi juga nilai representatif mana yang harus digunakan tergantung pada situasinya.
Nilai Rata-rata
Nilai rata-rata paling sering digunakan sebagai nilai representatif dan familiar bagi siswa. Ini karena data umumnya dianggap didistribusikan di sekitar nilai rata-rata. Namun, jika distribusinya asimetris atau jika terdapat pencilan (nilai yang berjauhan), nilai ratarata mudah terpengaruh olehnya, sehingga mungkin tidak cocok sebagai nilai representatif.
Baca Juga : Kunci Jawaban Aktivitas 5.4 Informatika Halaman 129 Kelas 7
Penutup
Demikian pembahasan tentang Kunci Jawaban Aktivitas 5.4 Informatika Halaman 129 Kelas 7. Semoga dengan adanya pembahasan diatas dapat membantu adik adik semuanya dalam belajar serta dapat dijadikan pembanding bagi jawaban yang sudah dikerjakan. Jangan lupa untuk selalu belajar dan berlatih agar lebih cepat dalam memahami materi. Semoga bermanfaat.
Catatan :
- Konten ini dibuat untuk membantu serta membandingkan dengan hasil pekerjaan sendiri.
- Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa siswi untuk mengeksplorasi jawaban lebih baik.
- Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.