Jawaban Latihan 7.3 Matematika Halaman 192-193 Kelas 10

Jawaban Latihan 7.3 Matematika Halaman 192-193 Kelas 10

Jawaban Latihan 7.3 Matematika Halaman 192-193 Kelas 10 — Hai sobatku semuanya, salam giat belajar. Berikut jawaban tentang “Latihan 7.3” Muatan Pelajaran Matematika kelas X BAB VII. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan adik adik semuanya dapat memahami materi tentang Statistika.

Lebih baik adik adik membaca dan memahami materinya terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal. Karena soal yang ada pada buku siswa berasal dari materi materi tersebut. Semakin adik adik sering membaca dan memahami serta berlatih mengerjakan soal yang berkaitan dengan tersebut maka akan semakin mempermudah bagi adik adik dalam menyelesaikan soal- soalnya.

Setelah adik adik memahami materi barulah adik-adik mengerjakan soal yang terdapat dibawah ini. Sebelum adik adik mencocokkan dengan kunci jawaban yang telah kami sediakan, ada baiknya adik-adik mengerjakan dahulu soal tesebut secara mandiri maupun diskusi dengan teman.

Kami juga menyediakan pembahasan soal. Dan pembahasan berikut hanya berfungsi sebagai pembanding dan menyakinkan jawaban adik adik semuanya dangan jawaban yang sudah adik adik kerjakan.

Jawaban Matematika Halaman 192-193 Kelas 10

Latihan 7.3

1. Jika data penjualan sepatu di toko A pada Tabel 7.4 kita ubah menjadi tabel Frekuensi data tunggal sebagai berikut:

Ukuran383940414243444546
Frekuensi112457721
Tabel 7.6 Tabel Frekuensi Data Tunggal Penjualan Sepatu di Toko A

a. Tentukanlah modus, median, dan mean dari kumpulan data di atas.
b. Untuk menentukan rencana pemesanan sepatu bulan depan, jelaskan mengapa pemilik toko sebaiknya menggunakan modus.

Jawaban

a. Modus = 43 dan 44, median = 43, mean = 42,5.

b. Karena penjualan sepatu nomor 43 dan 44 sebanyak 14 buah atau hampir 50% dari total penjualan, maka penggunaan modus dalam perencanaan pemesanan sepatu bulan depan sudah tepat.

Baca Juga :  Jawaban Ayo Bereksplorasi Matematika Halaman 174-175 Kelas 10

2. Data berikut menunjukkan jumlah kue yang dijual melalui situs online setiap harinya:
0, 3, 2, 7, 4, 2, 3, 0, 4, 0, 6, 5, 5, 2, 4, 0

a. Tentukanlah modus dan median dari data di atas.
b. Menurutmu, ukuran pemusatan manakah yang lebih untuk data di atas, modus atau median? Jelaskan!

Jawaban

a. Modus = 0, median = 3

b. Penggunaan median lebih baik, karena banyaknya data yang berada di sekitar median (data 2, 3, dan 4) ada sebanyak 8 buah atau mencakup 50% data sehingga median lebih mewakili kumpulan data dibanding modus.

3. Buatlah kumpulan data dengan banyaknya data, ada sebanyak 13 buah dan memenuhi kondisi:
Data terkecil = 3
– Data terbesar = 13
– Modus = 4, dan
– Median = 8

Jawaban

Banyak kemungkinan jawaban. Salah satu di antaranya adalah:
3, 3, 4, 4, 4, 7, 8, 9, 10, 10, 11, 12, 13

4. Dari 2 kelas siswa SD di sekolah “Pancasila” diperoleh data tinggi siswa (dalam cm) sebagai berikut:

  • Kelas A: 117, 117, 119, 122, 127, 127, 114, 137, 99, 107, 114, 127, 122, 114, 120, 125, 119
  • Kelas B: 130, 147, 137, 142, 140, 135, 135, 142, 142, 137, 135, 132, 135, 120, 119, 125, 142

a. Untuk masing-masing kelas, buatlah grafik line plot.
b. Tentukanlah range, modus, dan median dari setiap kelas.
c. Kedua kelas berasal dari tingkat yang berbeda. Kelas manakah menurut kalian yang memiliki tingkat yang lebih tinggi?
d. Berapa persen siswa dari kelas B yang memiliki tinggi sama atau lebih tinggi dari median tinggi badan siswa kelas A?

Jawaban

a.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Ayo Kita Berlatih 7.3 Matematika Kelas 8 Halaman 91 Semester 2

b. Range kelas A = 137 – 109 = 28
Range kelas B = 147 – 119 = 28
Modus kelas A = 127, modus kelas B = 135 dan 142
Median kelas A = 119, median kelas B = 135

c. Kelas B berasal dari kelas yang lebih tinggi, karena dari data median kelas B = 135, artinya 50% siswa kelas B memiliki tinggi badan lebih dari 135 cm. Kelas A yang memiliki median = 127, artinya 50% siswa dari kelas A memiliki tinggi badan lebih dari 119. Dari line plot juga terlihat sebaran data kelas B lebih tinggi dari sebaran data di kelas A. Atau secara umum, anak-anak di kelas B lebih tinggi dari anak-anak di kelas A.

d. Median kelas A = 119. Dari line plot kedua kelas terlihat bahwa seluruh siswa kelas B memiliki tinggi sama atau lebih tinggi dari 119 cm atau 100% siswa kelas B

5. Pernahkah kalian mendengar bahwa Indonesia adalah salah satu paru-paru dunia? Hutan tropis di Indonesia memiliki peranan yang sangat penting untuk memberikan sumbangan terhadap lingkungan dunia. Pohon Borneo adalah salah satu jenis pohon yang banyak ditemukan di hutan Kalimantan.

Diameter Pohon Borneo (cm)19 – 2122 – 2425 – 2728 – 30
Frekuensi4172514
Tabel 7.7 Tabel Frekuensi Data Kelompok Diameter Pohon Borneo di Daerah A

a. Tentukanlah kelas modus.
b. Prediksi nilai mean dari data kelompok di atas.
c. Tentukan kelas median

Jawaban

a. Kelas modus terletak pada kelas 25-27

b. Mean = (4 x 20) + (25 x 26) + (14 x 29) : 60 = (14 x 29) = 25,45

c. Kelas median terletak pada kelas 25-27

Penutup

Demikian pembahasan tentang Jawaban Latihan 7.3 Matematika Halaman 192-193 Kelas 10. Semoga dengan adanya pembahasan diatas dapat membantu adik adik semuanya dalam belajar serta dapat dijadikan pembanding bagi jawaban yang sudah dikerjakan. Jangan lupa untuk selalu belajar dan berlatih agar lebih cepat dalam memahami materi. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :  Kisah Perjalanan Hijrah Nabi Muhammad saw (Part 4)

Catatan  :

1. Konten ini dibuat untuk membantu serta membandingkan dengan hasil pekerjaan sendiri.
2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa siswi untuk mengeksplorasi jawaban lebih baik.
3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Baca Juga

Jawaban Ayo Berdiskusi Matematika Halaman 181-182 Kelas 10
Jawaban Eksplorasi 7.3 Matematika Halaman 187-188 Kelas 10
Jawaban Eksplorasi 7.4 Matematika Halaman 189-190 Kelas 10

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *