Informatika Kelas 8

Jawaban Informatika Kelas 8 Aktivitas K8-TIK-06 Menelaah dan Bereksperimen dengan Bacaan Digital Halaman 70 71 Kurikulum Merdeka

Berikut.id – Jawaban Informatika Kelas 8 Aktivitas K8-TIK-06 Menelaah dan Bereksperimen dengan Bacaan Digital Halaman 70 71 Kurikulum Merdeka. Halo Adik-Adik! Kali ini Berikut.id akan membahas Jawaban Informatika Kelas 8 Aktivitas K8-TIK-06 Menelaah dan Bereksperimen dengan Bacaan Digital Halaman 70 71 Kurikulum Merdeka.

 

Aktivitas K8-TIK-06: Menelaah dan Bereksperimen dengan Bacaan Digital

 

Pernahkah Adik-Adik membaca sebuah buku yang tidak dicetak? Buku apa yang Adik-Adik baca? Saat membaca buku kertas, terkadang kita menandai bagian yang penting dengan stabilo. Membaca sama pentingnya seperti menulis. Saat ini, banyak pengumpulan tugas yang hanya berupa menyetorkan file untuk menghemat kertas. Terdapat banyak buku yang tersedia dalam bentuk digital dengan berbagai macam format, seperti EPUB, MOBI, CHM, HTML, PDF, dll. Beberapa buku digital dapat lebih mudah dibaca karena menyediakan fitur:

  1. Daftar isi, yang memungkinkan akses langsung ke sebuah bab
  2. Pencarian berdasarkan kata kunci
  3. Menjelajahi halaman buku atau atau langsung membaca halaman tertentu

 

Apa yang Kalian Perlukan?

 

Komputer yang terpasang aplikasi PDF reader dan peramban.

 

Apa yang Harus Kalian Lakukan?

 

Pada aktivitas ini, Adik-Adik akan menjawab pertanyaan guru, mencari, merangkum, menandai hal penting, dan membuat laporan tentang berbagai jenis objek yang dpaat dibuat denhan aplikasi pengolah kata dengan bantuan snipping tools. Laporan seperti ini akan sering Adik-Adik butuhkan, seperri untuk membuat dokumentasi tugas, laporan ringkas, dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Menilai Alur Teks “Keberanian Emas”

 

Deskripsi Aktivitas

 

1. Guru akan memberikan 3 buah file PDF yang hanya bisa dibaca (read only) berukuran maksimal 1 halaman (seperri tentang vaksin, transportasi massal, dan pertanian pintar).

2. Tugas Adik-Adik adalah membaca ketiga file tersebut dengan cermat.

3. Fokus pada salah satu file yang menurut Adik-Adik merupakan bahan utama.

a. Cari dan tandai kata-kata penting

b. Buatlah relasi konten antar-file dengan menjawab pertanyaan:

  • Apa itu vaksinasi/transportasi massal/pertanian pintar?
  • Mengapa vaksinasi/transportasi massal/pertanian pintar itu penting?
  • Bagaimana cara kerja vaksinasi/transportasi massal/pertanian pintar?

 

Jawaban Aktivitas K8-TIK-06: Menelaah dan Bereksperimen dengan Bacaan Digital

 

Kasus 1

a. Apa itu vaksinasi?

Vaksinasi adalah pemberian vaksin ke dalam tubuh seseorang untuk memberikan kekebalan terhadap penyakit tertentu.

b. Mengapa vaksinasi itu penting?

Dengan vaksinasi, orang akan terhindar dari penyakit yang dapay menyebabkan ketidaknyamanan tubuh, cacat, maupun kematian. Vaksinasi juga dapat membuat orang menjadi tidak cemas yang secara umum menciptakan komunitas yang sehat dan produktif.

c. Bagaimana vaksinasi bekerja?

Vaksinasi adalah pemberian vaksin yang berasal dari virus atau kuman yang menyebabkan penyakit. Vaksin berasal dari virus yang sudah dilemahkan, dimatikan, diambil sebagian, atau bahkan merupakan tiruan suatu virus. Kemudian virus disuntikkan ke tubuh penerima, tubuh akan bereaksi dengan menciptakan anti bodi atau zan anti penyakit. Selanjutnya, saat tubuh terpapar virus yang sama, tubuh penerima vaksin telah kebal.

 

Kasus 2

a. apa itu transportasi massal?

Transportasi massal adalah layanan angkutan penumpang dalam sistem transportasi yang tersedia untuk masyarakat umum, biasanya dikelola sesuai jadwal, beroperasi pada rute yang ditetapkan, dan dikenakan biaya untuk setiap perjalanan.

b. Mengapa transportasi massal itu penting?

Dengan mobilitas yang semakin tinggi serta tingginya populasi manusia, transportasi massal sangat dibutuhkan. Sistem transportasi bermanfaat dalam pengurangan polusi udara, penghematan sumber daya, dan menaikkan efisiensi untuk pengguna transportasi publik itu sendiri.

c. Teknologi apa di masa depan yang akan membantu transportasi massal dengan efektif dan efisien?

Dengan mobilitas yang semakin tinggi dan tingginya populasi, teknologi transportasi massal yang paling efektif dan efisien akan terus berkembang. Teknologi transportasi diharapkan dapat mengantarkan penumpangnya secepat mungkin dengan biaya paling rendah.

 

Baca Juga :  Jawaban Informatika Kelas 7 Aktivitas TIK-K7-02 Pengelolaan Folder dan File Halaman 47 48 Kurikulum Merdeka

Kasus 3

a. Apa itu smart farming?

Smart farming adalah pertanian yang memanfaatkan informasi yang dikoleksi, disimpan, dianalisis, dan digunakan pada proses pertanian. Contoh dari smart farming adalah pertanian yang dapat secara otomatis menyiram tanaman dan memberikan pupuk sesuai dengan kebutuhan.

b. Mengapa smart farming penting?

Dengan bertambahnya populasi manusia dan menyempitnya lahan, pertanian diharapkan secara efisien dapat memberikan hasil maksimal untuk kepentingan umat manusia. Sumber daya alam yang mulai berkurang diharapkan dapat digunakan seefisien mungkin. Pendapatan petani yang sebelumnya masih belum baik sapat terus meningkat.

c. Teknologi apa saja yang dapat berguna dalam smart farming? Bagaimana teknologi tersebut dapay membantu?

Teknologi yang dipakai: teknologi koleksi data dan informasi, seperri sensor (kelembaban, ph, dll), drone untuk memetakan lahan, pemasaran dengan e-commerce, dll. Drone akan mengoleksi data dalam bentuk gambar dan foto, e-commerce dapat memasarkan produk pertanian dengan lebih efektif.

 

Adik-Adik, itulah kunci Jawaban Informatika Kelas 8 Aktivitas K8-TIK-06 Menelaah dan Bereksperimen dengan Bacaan Digital Halaman 70 71 Kurikulum Merdeka. Selamat belajar dan semoga bermanfaat.

 

Disclaimer: kunci jawaban pada artikel ini merupakan panduan untuk orang tua. Siswa dapat bereksplorasi dengan jawaban yang lain. Jawaban di atas hanyalah contoh dan tidak mutlak. Berikut.id tidak bertanggung jawab atas kesalahan pada kunci jawaban.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *