Informatika Kelas 8

Jawaban Informatika Kelas 8 Aktivitas BK-K8-08-U Teka Teki Operasi Perhitungan Halaman 46 47 Kurikulum Merdeka

Berikut.id – Jawaban Informatika Kelas 8 Aktivitas BK-K8-08-U Teka Teki Operasi Perhitungan Halaman 46 47 Kurikulum Merdeka. Halo Adik-Adik! Kali ini Berikut.id akan membahas Jawaban Informatika Kelas 8 Aktivitas BK-K8-08-U Teka Teki Operasi Perhitungan Halaman 46 47 Kurikulum Merdeka.

 

Aktivitas BK-K8-08-U: Teka Teki Operasi Perhitungan

 

Kiki mendapat sebuah teka-teki dari Koko tentang bagaimana melakukan operasi perhitungan menggunakan cara Koko yang belum Kiki kenal. Cara melakukan operasi perhitungan tersebut adalah dengan menumpuk bilangan pada sebuah kotak setelah mengubah penulisan rumus perhitungan ya menjadi penulisan operasi perhitungan cara Koko. Koko juga memberi tahu Kiki bahwa ia mengganti tanda untuk menghitung perkalian yang biasanya menggunakan tanda silang (×) menjadi tanda bintang (*). Koko hanya memberi contoh cara melakukan perhitungan dengan memasukkan angka yang dihitung ke tumpukan kotak sebagai berikut.

Gambar Aktivitas BK-K8-08-U (1)

Kiki kemudian mengamati dan mempelajari pola proses perhitungan yang ada pada gambar di atas.

 

Tantangan

 

Koko meminta Kiki untuk menuliskan operasi matematika 4*(8+3)-2 dengan cara penulisan yang sudah ia tunjukkan beserta dengan gambar cara menghitung operasi campuran mengunakan tumpukan bilangannya. Kiki masih agak bingung dengan pertanyaan Koko dan meminta bantuan Adik-Adik untuk mengerjakannya. Bantulah Kiki untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan Koko!

 

Tuliskan jawaban Adik-Adik pada Lembar kerja berikut:

Gambar Aktivitas BK-K8-08-U (2)

 

Jawaban Aktivitas BK-K8-08-U: Teka Teki Operasi Perhitungan

 

Jawaban yang benar adalah: 4 8 3 + * 2 –

 

Penjelasan:

 

Sebelum memulai penjelasan, mari kita kenal terlebih dahulu istilah di bidang informatika untuk perhitungan aritmetika terkait soal di atas.

Baca Juga :  Jawaban Tabel 8.2 Matematika Halaman 222 Kelas 10

 

A. Rumus perhitungan pada soal di atas bernama “ekspresi aritmerika” yang terdiri atas:

  1. Bilangan (atau operand), dan
  2. Operator berhitung: penjumlahan (+), pengurangan (-), perkalian (*), dan pembagian (/). Perhatikan bahwa dalam banyak bahas pemrograman, perkalian ditulis dengan simbol “*” dan bukan dengan simbol “×”.

B. Terdapat 3 cara untuk menuliskan eksprsi, yakni:

  1. Ekspresi infix. Adalah ekspresi yang penulisan operatornya berada di tengah, seperti yang biasa Adik-Adik pakai sehari-hari, misalnya 5+2.
  2. Ekspresi postfix. Adalah jika penulisan operator ada di bagian akhir, misalnya 5 2 +.
  3. Ekspresi prefix. Adalah jika penulisan operator ada di depan, misalnya + 5 2.

C. Komputer akan menghitung ekspresi dengan memperhatikan urutan prioritas perhitungan atau presedensi (terjemahan dari precedence), sesuai dengan aturan pengerjaan operasi hitung campuran, yakni dengan urutan:

  1. Dalam tanda kurung akan dikerjakan terlebih dahulu.
  2. Perkalian atau pembagian sesuai urutan pengerjaan dari kiri ke kanan (sebab sama kuat). Misalnya 3*4/2 hasilnya adalah 6.
  3. Penjumlahan atau pengurangan (sama kuat).

D. Jika ingin, aman pastikan untuk menuliskan tanda kurung!

Teka-teki yang Koko berikan sebenarnya adalah proses mengubah ekspresi aritmetika infix menjadi postfix. Berikut adalah aturan untuk mengubah ekspresi aritmetika infix menjadi postfix.

  1. Jika akan memproses elemen bilangan (operand), masukkan bilangan tersebut ke dalam kotak.
  2. Jika akan memproses elemen tanda matematika (operator), ambil dua bilangan teratas pada tumpukan bilangan dan lakukan perhitungan sesuai dengan tanda matematikanya.
  3. Masukkan kembali hasil perhitungan ke dalam kotak.

 

Dengan demikian, ekspresi infix 4*(8+3)-2 dapat diubah menjadi postfix 4 8 3 + * 2 – yang juga dapat dilakukan dengan menggunakan kotak yang sama dengan perhitungan di atas, dengan proses pada tumpukan sebagai berikut.

Baca Juga :  Jawaban Latihan 3.1 Matematika Kelas X Halaman 69

Gambar Jawaban Aktivitas BK-K8-08-U

Semoga Adik-Adik tidak bingung ya, karena Adik-Adik dapat memakai tumpukan kotak yang sama untuk proses menghitung, dan juga untuk mengolah ekspresi infix menjadi postfix.

 

Adik-Adik, itulah kunci Jawaban Informatika Kelas 8 Aktivitas BK-K8-08-U Teka Teki Operasi Perhitungan Halaman 46 47 Kurikulum Merdeka. Selamat belajar dan semoga bermanfaat.

 

Disclaimer: kunci jawaban pada artikel ini merupakan panduan untuk orang tua. Siswa dapat bereksplorasi dengan jawaban yang lain. Jawaban di atas hanyalah contoh dan tidak mutlak. Berikut.id tidak bertanggung jawab atas kesalahan pada kunci jawaban.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *