Informatika Kelas 8

Jawaban Informatika Kelas 8 Aktivitas AP-K8-13-U Lajur Warna Ozobot Halaman 239 240 241 Kurikulum Merdeka

Berikut.id – Jawaban Informatika Kelas 8 Aktivitas AP-K8-13-U Lajur Warna Ozobot Halaman 239 240 241 Kurikulum Merdeka. Halo Adik-Adik! Kali ini Berikut.id akan membahas Jawaban Informatika Kelas 8 Aktivitas AP-K8-13-U Lajur Warna Ozobot Halaman 239 240 241 Kurikulum Merdeka.

 

Aktivitas AP-K8-13-U: Lajur Warna Ozobot

 

Ozobot dapat membaca warna yang berbeda melalui sensor bacanya. Pada aktivitas ini, Adik-Adik akan belajar berkomunikasi dengan Ozobot. Jika pada aktivitas sebelumnya, Adik-Adik hanya memberikan Ozobot arah jalan berwarna hitam atau 1 warna. Kali ini, Ozobot akan diberikan sintaksis yang membuatnya bisa berbelok jika bertemu dengan jalan bercabang.

 

Ozobot dapat membaca sekuen (urutan) warna. Sekuensial ini berisi modul yang sudah tertanam dalam Ozobot sehingga ia dapat berbelok atau menari.

 

Lakukan Eksplorasi!

  1. Tempatkan Ozobot di atas berbagai benda berwarna selain hitam. Amati reaksi Ozobot.
  2. Sampai di sini, Adik-Adik sudah mengetahui jika Ozobot dapat membedakan warna hitam dan putih. Coba ceritakan bagaimana Ozobot dapay membedakan warna yang ia baca?
  3. Apa reaksi Ozobot jika Adik-Adik menempatkannya di atas permukaan berwarna dasar merah, hijau, dan biru?
  4. Bagaimana jika Adik-Adik menempatkan Ozobot di atas permukaan berwarna seperti pink, ungu, dan kuning?

 

Dalam dunia komputer, komputer mengenal warna berdasarkan campuran dari RGB, RGB adalah singkatan dari Red (merah), Green (hijau), dan Blue (biru tua). Setiap warna dasar diwakili dengan angka 0 sampai 225.

 

Untuk menampilkan warna merah, komputer akan memakai kode desimal rgb (255, 0, 0) atau hex #FF0000.

Baca Juga :  Jawaban Informatika Kelas 7 Aktivitas AP-K7-04 Bermain dengan Suara dan Lebih Natural Halaman 205 206 Kurikulum Merdeka

 

Untuk warna kuning yang merupakan pencampuran warna merah dan hijau, memakai sintaksis rgb (255, 255, 0) atau #FFFF00.

 

Latihan 1

 

Pakailah spidol warna-warni untuk membuat jalur sendiri. Buatlah agar Ozobot berkeliling tanpa henti.

 

Kode Navigasi Untuk Ozobot

Semua kode berikut ini mengharuskan robot bergerak ke kiri dan ke kanan.

Gambar Aktivitas AP-K8-13-U (1)

Contoh:

Gambar Aktivitas AP-K8-13-U (2)

Ozobot akan berbelok ke arah kiri jika membaca hijau-hitam-merah.

 

Latihan 2

Arahkan Ozobot mencapai kode biru-hijau.

Gambar Aktivitas AP-K8-13-U (3)

 

Latihan 3

Arahkan Ozobot menuju garis akhir (kode hijau-biru).

Gambar Aktivitas AP-K8-13-U (4)

 

Latihan 4

Warnai peta berikut dan usahakan agar Ozobot dapat melalui semua garis tanpa berbelok ke jalan buntu.

Gambar Aktivitas AP-K8-13-U (5)

 

Jawaban Aktivitas AP-K8-13-U: Lajur Warna Ozobot

 

Latihan 1

Pada latihan ini Adik-Adik dibebaskan untuk berkreasi. Yang terpenting adlah Adik-Adik belajar memanfaatkan kode navigasi sesuai dengan pilihan yang ada.

 

Latihan 2

Jawaban latihan ini adalah sebagai berikut:

Gambar Jawaban Aktivitas AP-K8-13-U (1)

 

Latihan 3

Jawaban latihan ini adalah sebagai berikut:

Gambar Jawaban Aktivitas AP-K8-13-U (2)

 

Latihan 4

Jawaban latihan ini adalah sebagai berikut:

Gambar Jawaban Aktivitas AP-K8-13-U (3)

 

Adik-Adik, itulah kunci Jawaban Informatika Kelas 8 Aktivitas AP-K8-13-U Lajur Warna Ozobot Halaman 239 240 241 Kurikulum Merdeka. Selamat belajar dan semoga bermanfaat.

 

Disclaimer: kunci jawaban pada artikel ini merupakan panduan untuk orang tua. Siswa dpaat bereksplorasi dengan jawaban yang lain. Jawaban di atas hanyalah contoh dan tidak mutlak. Berikut.id tidak bertanggung jawab atas kesalahan pada kunci jawaban.