Informatika Kelas 8

Jawaban Informatika Kelas 8 Aktivitas AP-K8-12-U Garis Lajur Ozobot Halaman 237 238 Kurikulum Merdeka

Berikut.id – Jawaban Informatika Kelas 8 Aktivitas AP-K8-12-U Garis Lajur Ozobot Halaman 237 238 Kurikulum Merdeka. Halo Adik-Adik! Kali ini Berikut.id akan membahas Jawaban Informatika Kelas 8 Aktivitas AP-K8-12-U Garis Lajur Ozobot Halaman 237 238 Kurikulum Merdeka.

 

Aktivitas AP-K8-12-U: Garis Lajur Ozobot

 

Setelah Adik-Adik mengetahui bagaimana cara merawat dan kalibrasi robot Ozobot, sekarang Adik-Adik akan mencoba jalannya robot Ozobot ini. Ozobot merupakan salah satu line follower robot. Jadi, mari mencoba bagaimana cara kerja robot Ozobot ini dalam membaca garis. Perhatikan bagian bawah Ozobot, terlihat ada banyak sensor yang berfungsi membaca garis.

 

Pada aktivitas ini, Adik-Adik akan mempelajari garis seperti apa yang dapat diikuti oleh robot Ozobot dan bagaimana menggambar garis yang baik.

Gambar Aktivitas AP-K8-12-U (1)

 

Latihan 1

 

Sekarang, buatlah garis tebal di atas kertas. Tempatkan Ozobot di atas garis tersebut. Perhatikan gerakan Ozobot tersebut. Amati gerakan Ozobot di garis yang terlalu tebal atau tipis.

 

Pertanyaan:

  1. Mengapa Ozobot memerlukan ketebalan garis tertentu?
  2. Apa yang terjadi jika garis terlalu tipis?
  3. Apa yang terjadi jika garis terlalu tebal?

 

Latihan 2

 

Lengkapi garis di bawah ini agar Ozobot dapat sampai di tujuan akhir. Gambar garis baru tidak perlu lurus.

Gambar Aktivitas AP-K8-12-U (2)

Pertanyaan:

Perhatikan apakah Ozobot dapat berjalan dengan baik mengikuti garis?

 

Latihan 3

 

Lengkapi garis di bawah ini.

Gambar Aktivitas AP-K8-12-U (3)

Jika ada gerakan jalur Ozobot yang tidak sesuai, silahkan melakukan debugging.

 

Jawaban Aktivitas AP-K8-12-U: Garis Lajur Ozobot

 

Latihan 1

 

  1. Sensor baca garis robot Ozobot terdiri atas beberapa mata. Robot Ozobot akan berusaha berjalan tetap berada di jalurnya dengan mengandalkan mata di sisi paling luar. Penyesuaian akan selalu dilakukan sesuai bentuk garis yang dilalui apakah roda kiri atau roda kanan berputar lebih cepat.
  2. Sensor mata robot Ozobot tidak dapat membaca garis tajam setipis bolpen. Beberapa sensor mata yang berada di tengah harus bisa membaca garis agar robot Ozobot tahu garisnya bergerak atau berubah ke sisi mana.
  3. Jika semua sensor mata robot Ozobot membaca warna yang sama, Robot Ozobot akan menganggap dirinya berdiri dalam bidang luas. Robot tidak akan tahu arah dan posisinya ada di mana.
Baca Juga :  Jawaban Informatika Kelas 8 Aktivitas SK-K8-03 Alamat Memori Halaman 88 89 Kurikulum Merdeka

 

Latihan 2

 

Garis pelengkap memiliki berbagai cara, Adik-Adik dapat menggunakan contoh ini sebagai inspirasi.

Gambar Jawaban Aktivitas AP-K8-12-U (1)

 

Latihan 3

 

Garis pelengkap memiliki berbagai cara, Adik-Adik dapat menggunakan contoh ini sebagai inspirasi.

Gambar Jawaban Aktivitas AP-K8-12-U (2)

 

Adik-Adik, itulah kunci Jawaban Informatika Kelas 8 Aktivitas AP-K8-12-U Garis Lajur Ozobot Halaman 237 238 Kurikulum Merdeka. Selamat belajar dan semoga bermanfaat.

 

Disclaimer: kunci jawaban pada artikel ini merupakan panduan untuk orang tua. Siswa dapat bereksplorasi dengan jawaban yang lain. Jawaban di atas hanyalah contoh dan tidak mutlak. Berikut.id tidak bertanggung jawab atas kesalahan pada kunci jawaban.