Berikut.id – Jawaban Informatika Kelas 8 Aktivitas AP-K8-03 Eksplorasi Maze Halaman 184 185 186 187 188 189 190 191 192 Kurikulum Merdeka. Halo Adik-Adik! Kali ini Berikut.id akan membahas Jawaban Informatika Kelas 8 Aktivitas AP-K8-03 Eksplorasi Maze Halaman 184 185 186 187 188 189 190 191 192 Kurikulum Merdeka.
Aktivitas AP-K8-03: Eksplorasi Maze
Melalui aktivitas ini, Adik-Adik akan mampu memahami proses percabangan dan perulangan pasa Blockly dengan menyelesaikan Eksplorasi Maze.
“Eksplorasi Maze” adalah sebuah permainan yang menantang Adik-Adik untuk menjelajahi sebuah maze. Adik-Adik akan diminta untuk menggerakkan sprite dari titik start sampai ke tujuannya. Adik-Adik hanya boleh menggunakan blok yang sudah disediakan untuk menggerakkan sprite. Adapun blok yang tersedia adalah:
- [move forward]: untuk bergerak maju.
- [turn . . ]: mengubah arah sprite (ke kiri atau ke kanan).
Tantangan dari permainan ini adalah Adik-Adik perlu membuat strategi agar sprite tetap dapat mencapai tujuan meski dengan terbatasnya blok.
Skenario Aktivitas
Eksplorasi maze ini terdiri dari 10 level, mulai dari level 1 sampai level 10, dengan tingkat kesulitan yang semakin tinggi seiring niknya level.
Tampilan dari permainan Maze dapat Adik-Adik lihat pada gambar berikut.
Penjelasan bagian-bagian pada permainan Maze terdapat pada tabel di bawah ini. Beberapa bagian sengaja dikosongkan agar Adik-Adik dapat bereksplorasi dan belajar sendiri. Cobalah melakukan klik pada link/button yang sesuai dengan nomor berikut untuk mengetahui kegunaan dari bagian tersebut. Tuliskan hasil eksplorasi Adik-Adik di jurnal dengan format seperti berikut.
Lembar Kerja Peserta Didik
Pada lembar kerja ini, selain bermain, Adik-Adik akan dipandu untuk memahami bagaimana program bekerja melalui pertanyaan-pertanyaan yang ada. Adik-Adik akan dipandu mulai dari level 1 sampai level 10, tetapi tetap ikuti instruksi guru untuk target level yang harus Adik-Adik selesaikan.
Level 1
Pada Maze level 1, terdapat 3 blok kode yang dapat Adik-Adik gunakan, yakni:
Perhatikan bahwa pada blok [turn], terdapat drop down sehingga blok [turn right] dapat diubah menjadi [turn left] begitu pula sebaliknya. Adik-Adik dapat menggunakan Sebuah blok untuk mengganti arah ke kiri maupun ke kanan.
Yang manakah dari pilihan blok program berikut uang menjadi jawaban untuk level 1? Tuliskan jawaban untuk tabel ini di Jurnal Adik-Adik.
Level 2
Seelah menyelesaikan level 1, mari menuju ke level selanjutnya. Blok-blok kode yang tersedia pada level ini sama seperti yang tersedia pada level 1. Tuliskan pada jurnal Adik-Adik tabel yang berisi blok yang Adik-Adik pakai untuk menyelesaikan level 2 dan berikan juga jejak langkah sprite saat kode blok dijalankan.
Level 3
Pada level 3, Adik-Adik hanya dapat menggunakan 2 blok (termasuk [move forward] yang sudah terpasang secara otomatis). Bagaimana untuk maju 4 langkah dan mencapai tujuan hanya dengan 2 blok saja? Adik-Adik dpaat memanfaatkan blok [repeat until] dengan cara memasangkan blok [move forward] ke dalam [repeat until] seperri berikut.
Jalankan programnya, dan amati, apa kegunaan dari blok [repeat until]? Tuliskan jawabannya pada jurnal.
Level 4
Di dalam blok [repeat until], Adik-Adik dapat Memasangkan lebih dari 1 blok. Cobalah Maze pada level 4 dan tuliskan solusi yang Adik-Adik pakai pada jurnal seperti tabel berikut ini. Gambarkan juga jejak langkah sprite saat mengikuti blok tersebut.
Berapa kali blok-blok yang ada di dalam [repeat until] dijalankan hingha sprite sampai ke titik target?
Level 5
Cobalah maze pada level 5 dan tuliskan solusi yang Adik-Adik pakai pada jurnal seperti tabel berikut. Gambarkan juga jejak langkah sprite saat mengikuti blok tersebut.
Level 6
Pada level 5, Adik-Adik akan menemukan sebuah blok baru, yakni sebagai berikut.
Untuk mengetahui fungsi dari blok tersebut, cobalah perintah berikut ini.
Pertanyaan
- Dari perintah yang Adik-Adik jalankan, apa kegunaan dari blok [if path . . do . . ]?
- Perhatikan bahwa kedua kode program berikut ini menghasilkan langkah yang sama. Mengapa demikian?
Gambarkan jejak dari eksekusi kedua blok tersebut. Berikan juga penjelasan bagaimana kedua blok tersebut dijalankan.
Tantangan!
Setiap kali bertemu [if], sprite akan berhenti dan memeriksa apakah kondisi di dalam [if] terpenuhi. Pemeriksaan ini tentu membutuhkan waktu, sehingga penggunaan [if] yang terlalu sering akan memakan waktu yang lebih lama. Dengan menggunakan solusi yang asa di atas, Adik-Adik masih memiliki sisa 1 blok yang dapat Adik-Adik pakai di level ini. Carilah sebuah solusi untuk level 6 yang memanfaatkan semua blok Dan dapat membuat program berjalan lebih cepat.
Level 7 dan 8
Selesaikan level 7 dan 8. Tulis solusi untuk level 7 dan 8 pada jurnal dengan format seperti tabel berikut.
Level 9
Pada level 9, Adik-Adik akan menemukan tambahan bol baru, yakni:
Blok [if . . else . . ] memungkinkan Adik-Adik untuk melakukan salah satu dari 2 perintah yang diletakkan di posisi nomor 2 dan nomor 3 pada gambar di atas. Jika kondisi pada nomor 1 benar, program akan menjalankan perintah berdasarkan blok di nomor 2. Sebaliknya, jika kondisi pada nomor 1 tidak terpenuhi, program akan menjalankan perintah berdasarkan blok di nomor 3.
Cobalah kode program berikut untuk menyelesaikan level 9.
Gambarkan jejak langkah sprite saat mengikuti blok yang Adik-Adik buat dan jelaskan bagaimana sprite berjalan pada jurnal seperi tabel berikut.
Pada blok [if path . . do . . else] yang digunakan untuk menyelesaikan level 9, kondisi yang diperiksa adalah “ahead”. Bagaimana jika kondisi yang diperiksa adalah “to the left” dan blok yang ada di dalam [do] dan [else] ditukar? Apakah tetap dapat menyelesaikan level 9?
Temukan alternatif jawaban lainnya untuk menyelesaikan level 8 dan tuliskan pada jurnal.
Level 10
Tantangan: selesaikan Maze level 10. Tuliskan jawaban Adik-Adik pada jurnal seperti tabel berikut.
Jawaban Aktivitas AP-K8-03: Eksplorasi Maze
Jawaban dari tabel kegunaan pasa tampilan awal Maze
Level 1
Tabel blok yang dapat digunakan:
Solusi untuk level 1:
Level 2
Level 3
Kegunaan dari blok [repeat until] adalah menjalankan setiap blok yang dipasang di dalam blok [repeat until] berulang-ulang hingha sprite mencapai target.
Level 4
Banyaknya perulangan yang terjadi adalah sebanyak 4 kali.
Level 5
Level 6
1. Saat blok [if path . . do . .] berjalan, program akan memeriksa apakah kondisi di dalam if terpenuhi atau tidak. Jika kondisi terpenuhi, sprite akan berjalan sesuai blok yang terpasang di dalam [do].
2. Jejak dari eksekusi kedua blok:
Penjelasan bagaimana blok berjalan.
Solusi permainan level 6:
Level 7 dan 8
Level 9
Kondisi di dalam if tidak dapat diubah menjadi [to the left] sekalipun blok yang di dalam [do] dan [else] ditukar. Jika sistem memeriksa kondisi [to the left], sprite akan berbelok ke kiri di belokan ke dua dan kemudian menabrak jalan.
Level 10
Adik-Adik, itulah kunci Jawaban Informatika Kelas 8 Aktivitas AP-K8-03 Eksplorasi Maze Halaman 184 185 186 187 188 189 190 191 192 Kurikulum Merdeka. Selamat belajar dan semoga bermanfaat.
Disclaimer: kunci jawbaan pada artikel ini merupakan panduan untuk orang tua. Siswa dapat bereksplorasi dengan jawaban yang lain. Jawaban di atas hanyalah contoh dan tidak mutlak. Berikut.id tidak bertanggung kawab atas kesalahan pada kunci jawbaan.