Jawaban Ayo Latihan No 2 dan 3 IPA Halaman 59 Kelas 7

Jawaban Ayo Latihan No 2 dan 3 IPA Halaman 59 Kelas 7

Jawaban Ayo Latihan No 2 dan 3 IPA Halaman 59 Kelas 7 — Hai sobatku semuanya , salam giat belajar. Berikut jawaban tentang “Wujud Zat dan Model Partikel” Muatan Pelajaran IPA kelas VII BAB II Semester 1. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan adik adik semuanya dapat memahami materi tentang Zat dan Perubahannya

Lebih baik adik adik membaca dan memahami materinya terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal. Karena soal yang ada pada buku siswa berasal dari materi materi tersebut. Semakin adik adik sering membaca dan memahami materinya akan memudahkan dalam menyelesaikan soal- soalnya.

Setelah adik adik memahami materi barulah adik-adik mengerjakan soal yang terdapat dibawah ini. Sebelum adik adik mencocokkan dengan kunci jawaban yang telah kami sediakan, ada baiknya adik-adik mengerjakan dahulu soal tesebut secara mandiri maupun diskusi dengan teman.

Kami juga menyediakan pembahasan soal. Dan pembahasan berikut hanya berfungsi sebagai pembanding dan menyakinkan jawaban adik adik semuanya dangan jawaban yang sudah adik adik kerjakan.

Jawaban IPA Halaman 59 Kelas 7

Ayo Latihan Aktivitas 2.6

2. Apakah wujud air pada 15°C, pada 85°C dan pada 120°C?

Jawaban

Jawaban: pada suhu 15 °C air berwujud cair. Pada suhu 85 °C air masih berwujud cair. Pada suhu 120 °C air akan berwujud gas atau uap.
Penjelasan
sebuah zat itu akan mendidih ketika tekanan uap zat cair sama dengan tekanan udara luar. Jadi, titik didih larutan adalah temperatur saat tekanan uap zat cair sama dengan tekanan udara luar. Titik didih yang diukur tanpa memperhitungkan pengaruh tekanan disebut titik didih normal
Titik didih adalah suhu (temperatur) ketika tekanan uap sebuah zat cair sama dengan tekanan eksternal yang dialami oleh cairan. Sebuah cairan di dalam vacuum akan memiliki titik didih yang rendah dibandingkan jika cairan itu berada di dalam tekanan atmosfer. Cairan yang berada di dalam tekanan tinggi akan memiliki titik didih lebih tinggi jika dibandingkan dari titik didihnya di dalam tekanan atmosfer.
Titik didih normal (juga disebut titik didih atmospheris) dari sebuah cairan merupakan kasus istimewa ketika tekanan uap cairan sama dengan tekanan atmosfer di permukaan laut, satu atmosphere. Pada suhu ini, tekanan uap cairan bisa mengatasi tekanan atmosfer dan membentuk gelembung di dalam massa cair. Pada saat ini (per 1982) Standar Titik Didih yang ditetapkan oleh IUPAC adalah suhu ketika pendidihan terjadi pada tekanan “1 bar”. Pada tekanan dan temperatur udara standar (76 cmHg, 25 °C) titik didih air sebesar “100 °C”.
Dari penjelasan diatas pada wujud air pada suhu 15°C  dan 85°C masih berwujud air sedangkan pada suhu 100°C akan mendidih dan pada suhu 120°C akan berubah menjadi gas atau uap.

Baca Juga :  Jawaban Lembar Aktivitas 8 IPS Halaman 221 Kelas 7

3. Alumunium biasanya kita jumpai dalam wujud padat pada suhu ruangan. Apakah wujudnya pada suhu 400°C dan pada 700°C?

Jawaban

Wujud alumunium pada suhu 400 °C adalah padat, karena suhunya masih di bawah titik lelehnya, yakni 660 °C.
Penjelasan
Aluminium ialah unsur kimia. Lambang aluminium ialah Al (Bahasa Latin: Aluminium), dan nomor atomnya 13. Aluminium ialah logam paling berlimpah. Aluminium bukan merupakan jenis logam berat, tetapi merupakan elemen yang berjumlah sekitar 8% dari permukaan bumi dan paling berlimpah ketiga. Aluminium terdapat dalam penggunaan aditif makanan, antasida, buffered aspirin, astringents, semprotan hidung, antiperspirant, air minum, knalpot mobil, asap tembakau, penggunaan aluminium foil, peralatan masak, kaleng, keramik, dan kembang api.
Aluminium merupakan konduktor listrik yang baik. Ringan dan kuat. Merupakan konduktor yang baik juga buat panas. Dapat ditempa menjadi lembaran, ditarik menjadi kawat dan diekstrusi menjadi batangan dengan bermacam-macam penampang. Tahan korosi.
Titik Lebur Alumunium.
Alumunium merupakan jenis logam tahan karat, aplikasi alumunium ini biasanya untuk keperluan benda yang digunakan pembuatan bahan makanan. Selain itu karena mempunyai sifat yang ringan dan tahan karat alumunium digunakan juga untuk perabotan rumah tangga seperti penggorengan dan alat masak lainnya. Titik lebur Alumunium sebesar 657 °C, namun alumunium mempunyai sebuah lapisan yang dinamakan Oksida Alumunium yang mempunyai titik lebur sebesar 2020-2050 °C

Penutup

Demikian pembahasan tentang Jawaban Ayo Latihan No 2 dan 3 IPA Halaman 59 Kelas 7. Semoga dengan adanya pembahasan diatas dapat membantu sobatku semuanya dalam belajar serta dapat dijadikan pembanding bagi jawaban yang sudah dikerjakan. Jangan lupa untuk selalu belajar dan berlatih agar lebih cepat dalam memahami materi. Semoga bermanfaat

Baca Juga :  Jawaban Informatika Kelas 7 Aktivitas AP-K7-06 Bermain dengan Karakter Halaman 207 208 209 Kurikulum Merdeka

Catatan  :

1. Konten ini dibuat untuk membantu serta membandingkan dengan hasil pekerjaan sendiri.
2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa siswi untuk mengeksplorasi jawaban lebih baik.
3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Baca Juga

Jawaban Ayo Latihan IPA Halaman 59 Kelas 7

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *