Jawaban Ayo Berpikir Kreatif Matematika Halaman 229 Kelas 10

Jawaban Ayo Berpikir Kreatif Matematika Halaman 229 Kelas 10

Jawaban Ayo Berpikir Kreatif Matematika Halaman 229 Kelas 10 — Hai sobatku semuanya, salam giat belajar. Berikut jawaban tentang “Ayo Berpikir Kreatif” Muatan Pelajaran Matematika kelas X BAB VI. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan adik adik semuanya dapat memahami materi tentang Peluang.

Lebih baik adik adik membaca dan memahami materinya terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal. Karena soal yang ada pada buku siswa berasal dari materi materi tersebut. Semakin adik adik sering membaca dan memahami serta berlatih mengerjakan soal yang berkaitan dengan tersebut maka akan semakin mempermudah bagi adik adik dalam menyelesaikan soal- soalnya.

Setelah adik adik memahami materi barulah adik-adik mengerjakan soal yang terdapat dibawah ini. Sebelum adik adik mencocokkan dengan kunci jawaban yang telah kami sediakan, ada baiknya adik-adik mengerjakan dahulu soal tesebut secara mandiri maupun diskusi dengan teman.

Kami juga menyediakan pembahasan soal. Dan pembahasan berikut hanya berfungsi sebagai pembanding dan menyakinkan jawaban adik adik semuanya dangan jawaban yang sudah adik adik kerjakan.

Jawaban Matematika Halaman 229 Kelas 10

Ayo Berpikir Kreatif

Berikan sebuah contoh dua kejadian yang saling lepas yang berbeda dengan yang dieksplorasi.

Jawaban

Dua kejadian dikatakan saling lepas apabila kedua kejadian tersebut tidak dapat terjadi secara bersamaan. Sebagai contoh, bila kita melempar sebuah dadu, kita tidak mungkin memperoleh bilangan ganjil dan bilangan genap sekaligus. Kejadian munculnya bilangan ganjil dan kejadian munculnya bilangan genap pada pelemparan sebuah dadu merupakan dua kejadian yang saling lepas.

Menggunakan notasi himpunan dan peluang, jika A dan B adalah dua kejadian dalam suatu percobaan, maka A dan B saling lepas apabila P(A ∩ B) = 0.

Baca Juga :  Jawaban Ayo Cek Pemahaman Soal No 2 IPA Kelas 10 Halaman 73


Lalu, apa yang dimaksud dengan kejadian saling bebas? Dua kejadian dikatakan saling bebas apabila peluang kejadian pertama tidak dipengaruhi oleh kejadian kedua, dan sebaliknya peluang kejadian kedua juga tidak dipengaruhi oleh kejadian pertama. Jika A dan B adalah dua kejadian dalam suatu percobaan, maka A dan B saling bebas apabila P(A ∩ B) = P(A)×P(B).


Sebagai contoh, bila kita melempar dua buah dadu, maka kejadian munculnya bilangan 1 pada dadu pertama (peluangnya 1/6) dan kejadian munculnya bilangan 6 pada dadu kedua (peluangnya juga 1/6) merupakan dua kejadian saling bebas. Peluang terjadinya dua kejadian tersebut sekaligus adalah 1/36.

Apakah ada kejadian yang tidak saling lepas dan sekaligus tidak saling bebas?

Jawaban

Tentu saja ada. Sebagai contoh, bila kita melempar sebuah dadu, maka kejadian munculnya bilangan genap dan kejadian munculnya bilangan prima merupakan dua kejadian yang tidak saling lepas dan sekaligus tidak saling bebas. Untuk memastikan, sila cek kebenarannya dengan menghitung peluangnya

Penutup

Demikian pembahasan tentang Jawaban Ayo Berpikir Kreatif Matematika Halaman 229 Kelas 10. Semoga dengan adanya pembahasan diatas dapat membantu adik adik semuanya dalam belajar serta dapat dijadikan pembanding bagi jawaban yang sudah dikerjakan. Jangan lupa untuk selalu belajar dan berlatih agar lebih cepat dalam memahami materi. Semoga bermanfaat.

Catatan  :

1. Konten ini dibuat untuk membantu serta membandingkan dengan hasil pekerjaan sendiri.
2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa siswi untuk mengeksplorasi jawaban lebih baik.
3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Baca Juga

Jawaban Ayo Mencoba Matematika Halaman 223 Kelas 10
Jawaban Ayo Berdiskusi Matematika Halaman 224 Kelas 10
Jawaban Ayo Berefleksi Matematika Halaman 224 Kelas 10
Jawaban Ayo Berpikir Kritis Matematika Halaman 227 Kelas 10
Jawaban Ayo Berefleksi Matematika Halaman 229 Kelas 10

Baca Juga :  5 Desa “Dikenal karena Menari”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *