Hikmah Hijrah Nabi Muhammad saw
Hikmah Hijrah Nabi Muhammad saw

Hikmah Hijrah Nabi Muhammad saw. ke Madinah

Berikut.id – Hikmah Hijrah Nabi Muhammad saw. Teman, sebelumnya kita sudah mempelajari tentang kisah perjalanan hijran Nabi Muhammad saw ke Madinah. Perjalanan hijrah Nabi Muhammad saw bukanlah perjalanan yang mudah, karena perjalanan tersebut membutuhkan perjuangan dan pengorbanan.

Kisah hijrah Nabi Muhammad saw. ke Madinah memiliki nilai sejarah yang sangat berpengaruh dalam perjalanan dakwah Islam dan kehidupan kaum muslimin. Sejak Nabi Muhammad saw. dan para sahabat tinggal di Madinah dakwah Islam terus berkembang dan mengalami kemajuan yang pesat. Tahukah kalian hikmah dari peristiwa hijrah Nabi Muhammad saw. ke Madinah? Banyak pelajaran dan hikmah dari kisah hijrah Nabi Muhammad saw. ke Madinah, antara lain:

 

Hikmah Hijrah Nabi Muhammad saw

Hikmah Hijrah Nabi Muhammad saw
 

 

Kalian telah mempelajari tiga hikmah dari hijrah Nabi Muhammad saw. ke Madinah. Sebenarnya ada beberapa hikmah yang bisa diambil dari kisaf hijrah Nabi saw. ini. Untuk itulah ayo kalian cari beberapa hikmah lain!

1. Terhindar dari kedzaliman kafir Quraisy

2. Hijrah adalah pintu gerbang yang mengantarkan islam pada kejayaan dan kesuksesan

3. Pada hijrah terdapat semangat persaudaraan, hal ini terlihat pada hubungan kaum muhajirin dan anshar, juga hubungan kaum muslimin dengan nonmuslim di Madinah

 

Bagaimana meneladani kisah hijrah Nabi Muhammad saw. ke Madinah?

Alhamdulillah kalian telah mempelajari dan menemukan hikmah serta teladan dalam kisah hijrah Nabi Muhammad saw. ke Madinah. Langkah berikutnya adalah bagaimana kita meneladani teladan-teladan mulia tersebut. Perhatikan contoh berikut!

 

 

Menemukan cara meneladani kisah hijrah Nabi Muhammad saw. ke Madinah

Temukan 3 cara meneladani kisah hijrah Nabi Muhammad saw. ke Madinah berdasar teladan yang telah ditemukan.

1. Mampu menempatkan antara usaha dan pasrah kepada Allah Swt.

2. Perlu keterlibatan semua pihak untuk mencapai tujuan

3. sabar dalam setiap cobaab yang diberikan Allah Awt

 

Baca Juga :  Jawaban Informatika Kelas 7 Aktivitas TIK-K7-02 Pengelolaan Folder dan File Halaman 47 48 Kurikulum Merdeka

Pesan Moral

Kata-kata pertama Nabi Muhammad saw. saat tiba di Quba menjelaskan kepada orang Islam tentang tanggung jawab mereka yang paling mendasar: “Tebarkan kedamaian (salām), beri makan orang yang kelaparan, hormati hubungan kekeluargaan, salatlah saat orang tertidur lelap, maka engkau akan memasuki surga dengan kedamaian (bissalām).

 

Nah teman, itulah Hikmah Hijrah Nabi Muhammad saw. Yang dapat kita jadikan teladan dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Semoga bermanfaat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.