Harga Suzuki APV Arena, Review Spesifikasi dan Interior!

Berikut – Harga Suzuki APV Arena, Review Spesifikasi dan Interior!. Rata-rata pabrikan mobil dunia merancang mobil minibus untuk kelas premium memakai desain boxy dengan semi bonnet. Nah, gaya itu juga diadopsi oleh Suzuki saat merancang APV. Desainnya dibuat simpel namun tetap terlihat menawan.

Mulai dari fascia depannya mobil ini memiliki grill radiator berukuran cukup besar dengan memiliki aksen chrome pada sisi atas dan bawahnya serta dipadukan dengan lampu depan yang menyatu dengan grill.

Generasi terbaru yaitu APV Arena pada bagian lampu utama menjadi lebih besar dengan tambahan multi-reflector. Selain itu, bemper depan dan gril juga mendapatkan sentuhan terbaru, dengan aksen krom yang membuatnya tampil lebih gagah.

Selanjutnya di sisi samping, terdapat lampu sein pada bagian spionnya. Untuk mempermanis sisi samping, Suzuki menambahkan list di pintu dari depan sampai dengan belakang akan memberikan kesan yang stylish.

Untuk model APV Luxury, perubahan desain terdapat pada bagian gril depan, lalu bemper depan, panel bodi samping, sisi pinggir bodi, Spoiler bagian atas, bemper belakang, sensor parkir, Muffer Extention, dan ban serta pelek Alloy  yang ditawarkan dalam dua pilihan, standar 15” dan 17”.

  • Fog lamp dengan DRL
  • Front chrome grill
  • New side guard
  • Velg 15 dan 17 inci
  • Aksen chrome di beberapa titik bodi
  • Muffler extension

Membahas soal ukuran mobil, Suzuki APV termasuk minibus yang bongsor dengan dimensi 4.225 x 1.655 x 1.885 mm dengan wheelbase 2.625 mm. Untungnya, ukuran mobil ini masih cukup muat saat melewati jalan perkampungan yang cukup sempit sekalipun memang ngepres.

Spesifikasi Suzuki APV Arena

Dimensi
P x L x T 4.225 x 1.655 x 1.855 mm
Jarak Poros Roda 2.625 mm
Jarak Pijak Depan 1.4355 mm
Jarak Pijak Belakang 1.435 mm
Jarak Terendah 175 mm
Radius Putar Minimum 4.9 m
Baca Juga :  Harga Suzuki SX4 Terbaru, Review Lengkap Spesifikasi dan Interior!

Kabin Sedernana nan Lega

Sebenarnya, Suzuki APV ini termasuk sebagai versi upgrade dari Suzuki Carry yang legendaris. Kabinnya bergaya sederhana tapi tetap elegan. Nilai jual utama dari interior APV jelas dari muatannya yang mencapai delapan orang.

Suzuki juga menyediakan tipe SGX sebagai kasta tertinggi keluarga APV. Kabin minibus di tipe tersebut ditata sedemikian rupa agar kelihatan mewah. Tersedia pengaturan kursi dengan model captain seat dan kompartemen AC double blower yang dibuat lebih tipis dan rapi. Fiturnya juga tidak bisa dianggap sepele karena telah memakai head unit double din dan hand rest di kursi.

Performa dan Pengendalian Tidak Istimewa

Pertama kita bahas terlebih dahulu soal pengendalian dan sisi kenyamanan pada APV termasuk jempolan, karena didukung suspensi jenis MacPherson Strut & Coil Spring pada bagian depannnya dan 3 Link Rigid Axle with Coil Springs di belakang. Karakter suspensinya memang empuk, tapi berdampak pada pengendalian mobil yang jadinya limbung.

Handling yang tidak istimewa juga disebabkan karena ukuran mobil yang jangkung dengan ground clearance yang tinggi yakni 17.5 cm. Karakter APV lebih cocok untuk perjalanan jarak jauh yang tidak memburu waktu atau butuh kecepatan tinggi.

Soal fitur keselamatan pun termasuk standar karena tidak memiliki fitur ABS dan rem belakang masih tromol. Perlindungan penumpang hanya mengandalkan Struktur rangka TECT (Total Effective Control Technology), yang berfungsi untuk mengalihkan energi ketika terjadi benturan. Bodi monokok dan dipadukan dengan Ladder Frame, sehingga terlihat sangat kokoh, ringan, dan juga aman.

  • Keyless Entry+Alarm
  • Rem depan cakram berventilasi
  • Rem belakang tromol
  • Struktur rangka TECT (Total Effective Control Technology), yang berfungsi untuk mengalihkan energi ketika terjadi benturan
  • Bodi monokok dan dipadukan dengan Ladder Frame
  • Sabuk pengaman ELR (Emergency Lock Retractor)
Baca Juga :  Harga Mitsubishi Triton Terbaru, Spesifikasi dan Interio 2022!

Setelah membahas soal aspek kenyamanan dan keselamatan, barulah kita masuk ke sisi performa Suzuki APV. Kemampuan mesin APV dibuat untuk torsi besar di putaran bawah.

Mesin G15A yang memiliki 4 silinder, 16 katup berkapasitas 1.5 liter serta memiliki rasio kompresi pembakaran 9.5:1 mampu menghasilkan tenaga maksimal 105 Ps pada 6.000 RPM dengan torsi maksimal mencapai 126 Nm pada 3.000 RPM. Karakter mesin G15A sangat cocok untuk digunakan di jalanan perkotaan yang memiliki karakter “Stop And Go”.

Spesifikasi Mesin Suzuki APV Arena

Mesin
Jenis Mesin G15A
Isi Silinder 1.493 cc
Jumlah Katup 16
Jumlah Silinder 4 inline
Diameter X Langkah 75.0 x 84.5 mm
Perbandingan Kompresi 9.5 : 1
Daya Maksimum 105PS/6,000rpm
Torsi Maksimum 126Nm/3,000rpm
Sistem Bahan Bakar Multipoint Injection
Transmisi
Tipe Transmisi 4-Speed (A/T) / 5-Speed (M/T)
Perbandingan Gigi Akhir 4,300 (5-Speed Manual), 5,375 (4-Speed Automatic)

Untuk konsumsi bahan bakar di dalam kota, konsumsi bahan bakarnya mencapai 1:12 km/liter. Sedangkan untuk lalu lintas antar kota, tercatat 1:14-15 km/liter.

Harga Suzuki APV Arena

Jika berniat mencari mobil penumpang yang berbasis kendaraan niaga, Suzuki APV’s harga patut dipertimbangkan untuk dilirik ketersediaannya. Selain harganya yang murah, daya angkut APV lebih banyak dibandingkan para kompetitornya. Selain itu, perawatan mobil ini terbilang cukup mudah dan suku cadangnya juga masih banyak tersedia di mana-mana.

Group Model Sales Model Harga on the Road
APV ARENA BLIND VAN Rp 147,000,000
APV ARENA GE2 PS Rp 177,500,000
APV ARENA GL Rp 185,000,000
APV ARENA GX Rp 198,000,000
APV ARENA SGX Rp 200,500,000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.