cek nisn dengan nama

Jika kamu sedang mencari cara untuk cek NISN dengan nama, berarti kamu sudah berada di tempat yang tepat. NISN atau Nomor Induk Siswa Nasional adalah nomor identifikasi yang diberikan oleh pemerintah untuk setiap siswa di Indonesia. NISN ini sangat penting karena digunakan untuk berbagai keperluan, seperti pendaftaran ujian nasional, seleksi penerimaan mahasiswa baru, hingga pengajuan beasiswa.

Bagaimana Cara Mendapatkan NISN?

Untuk mendapatkan NISN, biasanya kamu akan mendapatkannya dari sekolah atau lembaga pendidikan yang kamu ikuti. Namun, jika kamu belum mendapatkan NISN atau mengalami kesulitan dalam mengaksesnya, kamu bisa mengikuti cara berikut:

1. Cari NISN di Portal Pendidikan Nasional

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah mencari NISN di Portal Pendidikan Nasional. Kamu bisa mengunjungi website dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id dan memasukkan nama lengkap, tanggal lahir, dan NIK (Nomor Induk Kependudukan) kamu. Jika data yang kamu masukkan sudah benar, maka NISN kamu akan muncul di halaman tersebut.

2. Hubungi Sekolah atau Lembaga Pendidikan

Jika cara pertama belum berhasil, kamu bisa menghubungi sekolah atau lembaga pendidikan tempat kamu belajar dan meminta bantuan untuk mendapatkan NISN. Biasanya, sekolah atau lembaga pendidikan akan memproses permintaan kamu dalam waktu 1-2 hari kerja.

3. Hubungi Dinas Pendidikan Setempat

Jika kamu masih mengalami kesulitan dalam mendapatkan NISN, kamu bisa menghubungi Dinas Pendidikan setempat. Kamu bisa mencari nomor telepon dan alamat Dinas Pendidikan di kota atau kabupaten kamu melalui Google atau meminta bantuan dari teman atau keluarga yang sudah lebih berpengalaman.

Cek NISN dengan Nama

Jika kamu sudah memiliki NISN, kamu bisa melakukan cek NISN dengan nama untuk memastikan bahwa data yang tercatat di database Pendidikan Nasional sudah benar dan valid. Berikut adalah cara mudah untuk melakukan cek NISN dengan nama:

Baca Juga :  nama nama bulan

1. Kunjungi Website Resmi Pendidikan Nasional

Buka website nisn.data.kemdikbud.go.id pada browser kamu. Website ini adalah website resmi Pendidikan Nasional yang dapat digunakan untuk melakukan cek NISN dengan nama.

2. Masukkan Nama Lengkap dan Tanggal Lahir

Setelah membuka website tersebut, kamu akan diminta untuk memasukkan Nama Lengkap dan Tanggal Lahir. Pastikan kamu memasukkan data dengan benar dan tidak salah ketik. Jika kamu salah memasukkan data, maka hasil cek NISN dengan nama akan tidak valid.

3. Klik Tombol Cari

Setelah memasukkan data dengan benar, klik tombol “Cari” untuk memulai proses cek NISN dengan nama. Proses ini hanya membutuhkan waktu beberapa detik saja.

4. Cek Hasil

Jika proses cek NISN dengan nama sudah selesai, maka hasilnya akan ditampilkan di halaman yang sama. Kamu bisa mengambil screenshot hasil cek NISN dengan nama tersebut untuk digunakan nanti.

FAQ tentang NISN

Pertanyaan Jawaban
Apa itu NISN? NISN atau Nomor Induk Siswa Nasional adalah nomor identifikasi yang diberikan oleh pemerintah untuk setiap siswa di Indonesia.
Bagaimana cara mendapatkan NISN? Kamu dapat mendapatkan NISN dari sekolah atau lembaga pendidikan yang kamu ikuti. Jika belum mendapatkan atau mengalami kesulitan dalam mengaksesnya, kamu bisa menghubungi sekolah atau lembaga pendidikan tempat kamu belajar atau Dinas Pendidikan setempat untuk mendapatkannya.
Untuk apa NISN digunakan? NISN digunakan untuk berbagai keperluan, seperti pendaftaran ujian nasional, seleksi penerimaan mahasiswa baru, hingga pengajuan beasiswa.

Tinggalkan komentar