Cara Menangani Masalah Touch screen atau Layar Sentuh HP Kalian Error atau Bermasalah

berikut.id – Menangani Masalah Touch screen atau Layar Sentuh HP Kalian Error. Touchscreen atau layar sentuh adalah salah satu komponen terpenting dalam sebuah HP Android. Melalui touchscreen kita bisa berinteraksi dengan HP Android.

Mulai dari menggunakan aplikasi, bermain gamescrolling di media sosial dan masih banyak lagi.

Tapi, apa jadinya jika touchscreen di HP Android mengalami kerusakan alias error? Pastinya akan membuat kita bingung dan tidak dapat menggunakan HP Android seperti biasa lagi.

Dari sekian banyak jenis error yang biasa terjadi di touchscreen, berikut ini adalah beberapa error yang sering terjadi pada touchscreen HP Android: sebagian tidak dapat disentuh, error karena terkena air, tidak dapat disentuh, layar bergerak sendiri, layar tidak merespon.

Jika saat ini HP Android kesayangan kamu touchscreen-nya sedang mengalami error seperti diatas, maka kamu sedang membaca artikel yang tepat.

1. Restart Smartphone Kalian

Cara mengatasi touch screen error di ponsel Android yang paling cepat dan sederhana adalah melakukan restart hp.

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi touchscreen HP Android error adalah dengan memulai ulang atau restart HP Android.

Apakah Beda Restart dan Reboot di HP Android dan Apa artinya? - Dunia  Android

Ini adalah cara pertama dan paling mudah untuk dilakukan. Touchscreen menjadi error biasanya karena HP Android sudah digunakan cukup lama tanpa henti.

Kemudian ada sistem di HP Android yang mengalami kesalahan sehingga berakibat buruk pada touchscreen, menjadikannya tidak responsif atau bahkan tidak merespon sama sekali.

Baca Juga :  Cara Membersihkan Cache di Komputer atau Laptop

Jadi, kamu bisa merestart smartphone sebagai salah satu cara untuk mengatasinya.

2. Kalibrasi Layar

Masalah yang pertaman mungkin anda mengalami ketika layar sentuh mengalami terlalu sensitif atau bisa juga kurang peka terhadap sentuhan, kita dapat mengatasinya dengan mudah dengan melakukan perbaikan tingak kesensitifan seperti dibawah:

Langkah utama yang perlu anda lakukan adalah dengan melakukan kalibrasi pada smartphone android anda, bisa menggunakan aplikasi : Kalibrasi Layar.

Kemudian restart smartphone android terlebih dahulu, kemudian coba jalankan toucscreen pada smartphone android.

3. Lepas SIM Card, Baterai dan MicroSD

Lepaskan semua komponen diatas untuk menetralkan kondisi smartphone android, dengan melepaskan komponen tersebut beberapa menit. Dengan cara tersebut bisa untuk mengatasi layar sentuh yang terkadang tidak merespon.

 

4. Bersihkan Smartphone & Tablet Android

Untuk mengatasinya anda perlu melakukan perawatan rutin pada perangkat android, anda perlu membersihkan layar android namun sebelum itu matikan android terlebih dahulu.

Kemudian anda dapat membersihkan hp android dengan menggunakan tisu yang dibasahi sedikit alkohol isopil.

5. Hapus sebagian memori

Kapasitas memori perangkat dan RAM yang penuh, nyatanya juga dapat memengaruhi responsivitas touch screen ponsel Android.

Memori yang penuh akan membuat kinerja ponsel semakin berat dan melambat. Untuk itu, hapus aplikasi-aplikasi yang tidak digunakan lagi. Jika Anda tidak ingin menghapus aplikasi, bisa opsi lain dengan menginstal aplikasi pembersih memori dan cache yang tersedia di PlayStore, misalnya Phone Master.

Cara Mengatasi Memori Internal Cepat Penuh Pada Samsung J2 Pro

6. Aktifkan safe mode

Cara mengatasi touch screen error di ponsel Android dengan mengaktifkan fitur safe mode
Ketika mengaktifkan fitur safe mode, sistem operasi akan melakukan booting dan menonaktifkan semua aplikasi pihak ketiga, sedangkan hanya sistem bawaan dari perangkat saja yang bisa berjalan.

Baca Juga :  Mengenal Distro Linux dan Macam-Macam Distro Linux Ringan dan Cepat

Cara ini bisa dicoba untuk menguji dan menemukan penyebab error pada ponsel Android. Jika saat safe mode ini touch screen kembali normal, ada indikasi beberapa aplikasi pihak ketiga yang menyebabkan layar hp error atau nge-lag.

7. Lepas pelindung layar

Cara mengatasi touch screen error di ponsel Android dengan melepas pelindung layar (Ilustrasi Foto: iStock/gorodenkoff)
Pelindung tambahan yang disematkan seperti screen protector atau antigores dan tempered glass memang bisa melindungi layar dari goresan.

Di sisi lain, pemasangan ini juga dapat mengurangi sensitivitas pada layar sentuh. Anda bisa melepasnya dan mengganti dengan pelindung layar original berkualitas baik.

Demikian cara mengatasi touch screen error di ponsel Android jika hp Anda mengalami masalah serupa.

Jika masalah pada layar sentunh terjadi, maka saya merekomendasikan untuk memperbaiki ke service center atau konter dimana hp tersebut dibeli. Pastikan pilih service center yang sudah terpercaya untuk mengatasi masalah touchscreen android anda.

Kesimpulan

Banyak faktor yang bisa menyebabkan layar hp menjadi erorr, mulai dari penggunaan RAM yang terlalu berat sehingga layar hp menjadi lag hingga kerusakan terjadi pada touchscreen itu sendiri. Oleh karena itu, sesuaikan penggunaan hp dengan kebutuhan dan gunakan cara yang sesuai permasalahan yang hp kamu hadapi.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.