Bentuk Lambung Kapal, Apa Saja Perbedaanya ? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Bentuk Lambung Kapal Lambung kapal sebagai badan kapal menyediakan daya apung yang dapat mencegah kapal dari tenggelam. Bentuk lambung kapal merupakan hal penting yang harus diperhatikan dalam proses pembuatan kapal karena akan memengaruhi stabilitas, kecepatan, kebutuhan bahan bakar, serta kedalaman yang diperlukan oleh kapal baik berkaitan dengan pelabuhan yang akan disinggahi maupun terhadap alur pelayaran yang akan dilalui. Simaklah penjelasan tentang bentuk-bentuk lambung kapal berikut.

Bentuk Lambung Datar

Bentuk Lambung Datar

Bentuk lambung datar digunakan pada kapal dengan kecepatan rendah dan pada umumnya digunakan pada

kapal bermuatan besar, seperti kapal kargo, kapal kontainer, kapal tanker. Pada umumnya kapal dengan bentuk lambung datar memiliki stabilitas yang baik serta volume dan kapasitas ruang muat yang besar namun tahanan kapal besar, sehingga memiliki kecepatan yang relatif rendah dan kemampuan maneuverability yang rendah.

Bentuk Lambung V

Bentuk Lambung V

Bentuk lambung V pada umumnya digunakan pada jenisjenis kapal cepat. Hal tersebut dikarenakan karakteristik bentuk lambung V yang memiliki tahanan/hambatan yang kecil, sehingga kecepatan kapal relatif besar dan hemat bahan bakar. Selain itu, kapal dengan bentuk lambung V memiliki kemampuan bermanuver yang lebih baik daripada jenis lambung lainnya. Akan tetapi, kekurangan kapal dengan jenis lambung ini ialah kapasitas muatan yang relatif lebih kecil.

Bentuk Lambung Katamaran

Bentuk Lambung Katamaran

Bentuk lambung katamaran atau dua lambung merupakan jenis lambung yang sering ditemui pada kapal-kapal yacht dan kapal wisata. Hal tersebut dikarenakan jenis kapal pada lambung katamaran ini memiliki bentuk lambung yang unik. Karakteristik lambung katamaran ialah memiliki stabilitas yang baik dan tahanan kapal yang relatif kecil namun volume ruang muat relatif lebih kecil dan tidak cocok digunakan pada perairan bergelombang karena berdampak pada goyangan kapal yang tinggi.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Memprediksi Sebelum Membaca

Bentuk Lambung Trimaran

Bentuk Lambung Trimaran

Bentuk lambung trimaran ialah jenis kapal dengan menggunakan tiga lambung, di mana lambung tengah sebagai lambung utama dan kedua lambung di sisi kanan dan kiri sebagai lambung penyeimbang (outrigger) yang memiliki ukuran lebih kecil dari lambung utama. Pada umumnya jenis lambung trimaran digunakan pada kapal yacht, namun dalam perkembangannya saat ini kapal trimaran juga digunakan pada kapal cepat dan kapal patroli.

Bentuk Lambung SWATH (Small Waterplane Area Twin Hull)

Bentuk Lambung SWATH

Small Waterplane Area Twin Hull ialah desain lambung dengan tabung silindris berada di bawah air, sehingga dapat mengurangi tahanan kapal dan memungkinkan kapal melaju dengan cepat. Kapal dengan lambung SWATH digunakan pada kapal feri dan kapal penumpang lainnya.

Kesimpulan

Itulah Bentuk Lambung Kapal sebagai badan kapal menyediakan daya apung yang dapat mencegah kapal dari tenggelam.

Tinggalkan komentar