Aplikasi Translate Bahasa Jawa Krama Alus Gratis

Aplikasi translate bahasa jawa krama alus merupakan sebuah fitur yang diciptakan untuk membantu menerjemahkan menjadi bahasa jawa krama alus.

Mengingat bahasa Jawa juga dibagi menjadi 4 yaitu, krama alus, krama lugu, ngoko lugu dan ngoko alus.

Seiring dengan perkembangan zaman, bahasa krama alus sudah jarang diajarkan kepada anak-anak sehingga tidak semuanya bisa berbicara bahasa Jawa krama alus.

Lalu apa perbedaan 3 bahasa tersebut?

Perbedaanya terletak pada penggunaannya. Contohnya, Bahasa Indonesia baku digunakan di tempat/acara formal sedangkan bahasa Indonesia semi formal digunakan untuk acara santai yang bukan resmi.

Bedanya Bahasa Jawa Krama Alus, Krama Lugu, Ngoko Alus dan Ngoko Lugu

Bahasa Jawa Krama Alus: Bahasa yang satu ini merupakan jenis bahasa yang paling halus dan sopan di dalam bahasa Jawa. Bahasa ini biasanya digunakan untuk berbicara kepada orang yang lebih tua atau orang yang dihormati.

Contohnya, ” Simbah Badhe Dahar” yang artinya “Nenek/kakek mau makan”. Bahasa Jawa krama lugu: Jawa Krama lugu masih masuk dalam tingkatan bahasa Jawa yang sopan di bawah Jawa krama alus. Contohnya ” Paklik nedha sate wau enjang”.

Bahasa Jawa Ngoko Alus: Ngoko Alus juga termasuk tingkatan bahasa jawa yang sopan lebih sopan dibanding ngoko lugu . Ngoko alus masih bisa dipakai untuk berbicara ke orang yang lebih tua. Ciri bahasanya sama dengan krama, namun pada predikat wasesanya diubah. Contoh ” Bapak wes ngombe kopi”, artinya ” Bapak sudah minum kopi”.

Bahasa Jawa Ngoko Lugu: Jawa Ngoko lugu tidak boleh digunakan ke orang yang lebih tua. Biasanya digunakan untuk berbicara kepada orang yang sebaya atau orang yang lebih muda. Contohnya “Adhiku arep adus ”, artinya ” Adikku mau mandi”.

Dengan perbedaan tingkatan bahasa tersebut, tidak semua orang Jawa Menguasainya. Karena itulah diciptakan aplikasi translate bahasa Jawa krama alus, yang dapat membantu belajar bahasa krama alus.

Berikut Daftar Aplikasinya.

10 Daftar Aplikasi Translate Bahasa Jawa Krama Alus

Kamus Pepak Belajar Bahasa Jawa

Pepak Belajar Bahasa Jawa, merupakan aplikasi yang dapat membantu anda menemukan kosakata Jawa krama alus/inggil.

Jadi, aplikasi ini tidak otomatis mentranslate menjadi krama alus. Akan tetapi, anda harus mencari daftar kosakata yang ingin dicari.

Keunggulan Pepak Bahasa Jawa adalah bisa membantu untuk belajar mendalami bahasa Jawa selain dijadikan sebagai kamus translate.

Baca Juga :  Cara Reset Epson l3110

Di aplikasi ini terdapat materi lengkap bahasa Jawa seperti Rupa-rupa kawruh, kawruh basa, aksara jawa, paramasastra dan materi lainnya.

Pepak belajar bahasa Jawa merupakan salah satu apk translate bahasa Jawa krama alus terbaik yang telah banyak didownload dan digunakan oleh para pelajar.

Kamusku : Jawa

Aplikasi translator bahasa Jawa yang kedua adalah Kamusku : Jawa. Aplikasi ini memiliki tampilan yang simple, sederhana, dan mudah dimengerti layaknya buku elektronik atau e-book.

Penggunaanya juga cukup mudah, anda hanya perlu mengetik kata yang ingin di translate menjadi bahasa Jawa krama alus di aplikasi ini. Nantinya, akan otomatis tertranslate oleh Kamusku : Jawa.

Aplikasi ini juga cukup banyak digunakan, melihat dari data unduhannya yang lumayan besar di Google Play store. Kamusku : Jawa bisa digunakan untuk mentranslate bahasa selain Jawa menjadi krama inggil/alus, misalnya bahasa Indonesia.

Kelebihan yang dimiliki aplikasi ini adalah karena tampilannya yang simple dan tidak berbelit-belit. Jadi tidak heran aplikasi ini masuk dalam daftar aplikasi translate terbaik.

Javanese Indonesian Translator

Aplikasi translate yang satu ini juga memiliki tampilan simple dan rapi. Selain itu, fitur yang disediakan lumayan banyak. Salah satu fitur yang menjadi favorit adalah history penggunaan.

Yang akan menampilkan daftar kata yang pernah anda cari. Meski terlihat sepele, nyatanya fitur ini sangat membantu ketika lupa dengan kosakata yang sudah ditranslate.

Sehingga tidak perlu bolak-balik menerjemahkannya kembali. Anda bisa mentranslate Bahasa Indonesia menjadi Jawa ataupun sebaliknya.

Rating yang dimiliki Javanese Indonesian Translator juga cukup bagus, yaitu 3,8 bintang dan telah diunduh oleh 5 ribu pengguna.

Dengan tampilan aplikasi yang simple ini, anda bisa menggunakannya dengan mudah untuk menerjemahkan menjadi bahasa Jawa krama alus.

Kamus Bahasa Jawa Offline

Aplikasi translate bahasa Jawa yang satu ini memiliki keunggulan yaitu bisa digunakan saat offline. Jadi anda tidak perlu khawatir dengan masalah sinyal, yang terkadang mengganggu jalannya aplikasi.

Apalagi jika sedang terburu-buru, aplikasi kamus bahasa Jawa Offline sangat cocok digunakan. Aplikasi yang diciptakan oleh Irwana Studio ini telah diunduh lebih dari 100 rb pengguna di Playstore.

Menandakan bahwa, Kamus Bahasa Jawa Offline cukup laris sebagai aplikasi penerjemah.

Meskipun berbentuk offline, anda tetap bebas mentranslate kosa kata apapun ke dalam bahasa Jawa krama alus secara gratis dan sangat mudah digunakan.

Namun, tetap harus mendownload melalui versi online terlebih dahulu baru kemudian disimpan dalam bentuk offline yang siap digunakan kapanpun.

Indonesian-orang Jawa penerjemah

Aplikasi ini sebenarnya hanya mampu mentranslate bahasa Indonesia menjadi bahasa Jawa saja.

Jadi, kurang cocok apabila digunakan untuk menerjemahkan menjadi bahasa Jawa ngoko, krama alus, krama ngoko, ataupun ngoko lugu.

Namun, aplikasi Indonesia-orang Jawa tetap bisa membantu Anda untuk belajar kosa kata bahasa Jawa. Karena tampilan aplikasi yang simple inilah yang membuat fitur tersedia lumayan sedikit.

Baca Juga :  6+ Aplikasi Untuk Belanja Buah dan Sayur 2022

Meski begitu, aplikasi buatan HBS Apps ini telah diunduh oleh lebih dari 10 rb pengguna dengan rating 3,8. Jumlah yang cukup banyak untuk sebuah aplikasi penerjemah.

Jika Anda juga tertarik untuk menggunakan Indonesia-orang Jawa, langsung unduh di Google Playstore secara gratis ya.

Penerjemah Bahasa Jawa

Berikutnya ada aplikasi Penerjemah Bahasa Jawa yang diciptakan oleh Sabr Indonesia. Aplikasi yang hanya berukuran 4 mb ini dikemas secara simple dalam tampilan yang kecil.

Aplikasi ini lebih cocok digunakan untuk anda yang ingin menerjemahkan kosa kata ringan saja.

Jika dilihat dari rating, penerjemah bahasa jawa memiliki 2,9 bintang penilaian di Google Play Store. Jadi bisa dikatakan bukan salah satu aplikasi translator terbaik.

Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba aplikasi ini bukan?. Selain bisa menerjemahkan bahasa Indonesia menjadi Krama alus, anda juga bisa menerjemahkan menjadi Jawa ngoko.

Itulah 2 fitur yang disediakan oleh aplikasi penerjemah bahasa Jawa yang bisa anda coba.

Kamus Bahasa Jawa

Aplikasi Translate bahasa Jawa yang selanjutnya adalah Kamus Bahasa Jawa. Berbeda dengan aplikasi penerjemah sebelumnya yang memiliki tampilan simple dan sederhana.

Bahasa Jawa memiliki tampilan yang cukup ribet karena anda harus membaca di daftar urutan kata untuk mengetahui arti dari kosakata yang ingin dicari.

Meski begitu Anda tetap bisa menggunakannya untuk menerjemahkan bahasa Indonesia menjadi Jawa krama Alus.

Dari segi fitur yang ada terbilang masih sedikit, yaitu hanya terdapat fitur untuk kamus bahasa Jawa per huruf, aksara Jawa, dan kamus bahasa Jawa lengkap.

Sebagai aplikasi translator, kamus bahasa Jawa cocok digunakan untuk Anda yang ingin mencoba belajar Bahasa Jawa dan aksara Jawa.

Translator Jawa

Daftar aplikasi translate nomer 8 ini, telah diunduh lebih dari 500 rb pengguna di Google Playstore.

Karena itulah, Translator Jawa masuk ke dalam daftar aplikasi penerjemah terbaik yang menjadi favorit banyak orang. Selain itu, Anda juga bisa dengan mudah menggunakan aplikasi ini.

Cukup pilih tingkatan bahasa Jawa mana sebelum menerjemahkan kosa kata. Dari segi fitur, Translator Jawa menyediakan banyak fitur yang bisa dicoba.

Diantaranya adalah fitur translate bahasa Indonesia ke Jawa ngoko, Indonesia ke Jawa krama, dan Indonesia ke Jawa krama alus.

Namun aplikasi Translator Bahasa Jawa masih memiliki kekurangan yakni pengguna harus memiliki koneksi internet untuk menggunakan aplikasi ini.

Dan juga banyak terdapat tata bahasa yang kurang benar sehingga harus dicek kembali.

Aksara Jawa

Selanjutnya, ada aplikasi translator ciptaan Developer Uzan. Data membuktikan aplikasi ini memiliki jumlah unduhan yang sangat fantastis, yaitu mencapai 10 juta unduhan dengan rating 4,4 bintang di Play Store.

Baca Juga :  Penyebab Printer sering terjadi pada Paper Jammed

Aplikasi Aksara Jawa memiliki fitur unik dan menarik yaitu tersedianya layanan untuk menyimpan hasil translate dalam bentuk gambar.

Fitur seperti ini cukup jarang ditemui di aplikasi translate pada umumnya. Mungkin inilah yang menjadi daya tarik bagi para pengguna aplikasi ini.

Selain itu, tersedia juga fitur lain seperti translate bahasa atau tulisan menjadi aksara Jawa, menulis aksara Jawa, dan juga tampilan aksara Jawa lengkap yang bisa Anda copy ke menjadi teks.

Menarik bukan? jika Anda juga tertarik dengan aplikasi Aksara Jawa silahkan langsung unduh di Google Playstore secara gratis ya.

Kamus Bahasa Jawa Krama Inggil Lengkap Offline

nomor 10 ada aplikasi translate yang dikemas dengan memiliki berbagai fitur menarik. Semua tingkatan bahasa Jawa bisa di translate di aplikasi ini, mulai dari krama ngoko, krama alus, dan Jawa ngoko.

Daftar kata yang ada juga terbilang lengkap, dan cocok digunakan bagi Anda yang senang membaca artikel.

Anda akan disuguhi berbagai kosa kata dari Bahasa Jawa, sehingga Anda bisa belajar bahasa Jawa secara lengkap dan mudah di aplikasi ini.

Selain itu, aplikasi ini juga hanya memiliki ukuran tak lebih dari 4 mb, jadi tidak akan menguras atau memenuhi penyimpanan ponsel. Dengan fitur yang cukup lengkap, sangat worth it digunakan sebagai translator bahasa Jawa.

Google Translate

Terakhir, ada aplikasi yang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya sebagai aplikasi penerjemah.

Selain bisa digunakan untuk mentranslate bahasa Indonesia menjadi Bahasa Inggris atau bahasa internasional lainnya. Ternyata Google Translate juga memberikan fitur untuk translate ke dalam bahasa Jawa.

Selain itu, penggunaan Google translate juga terbilang paling mudah diantara aplikasi lainnya. Cukup dengan mengetikkan kosa kata yang ingin diterjemahkan.

Maka pihak Google akan otomatis mentranslate kosa kata tersebut. Sesuai dengan jenis bahasa yang dipilih oleh pengguna. Namun, Anda hanya bisa menggunakan satu tingkatan bahasa Jawa saja.

Meski begitu, Google translate cukup membantu Anda untuk menemukan kosakata dalam bahasa Jawa. Namun cocok digunakan untuk mentranslate ke dalam Jawa krama alus.

Nah, itulah daftar aplikasi translate bahasa Jawa krama alus yang bisa Anda unduh secara gratis di Google Play store.

Belajar Bahasa Jawa memang bukanlah hal yang mudah dilakukan, mengingat bahasa daerah ini memiliki beberapa tingkatan berbeda serta aksaranya yang tidak sama dengan aksara indonesia.

Namun, Anda tetap bisa mempelajarinya melalui berbagai sarana, salah satunya ada Aplikasi translator bahasa Jawa.

Rekomendasi :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.