apa yang menjadi dasar jika teks tersebut dinamakan teks eksplanasi

Sebelum membahas lebih dalam tentang teks eksplanasi, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu pengertian dari teks eksplanasi itu sendiri. Teks eksplanasi adalah teks yang digunakan untuk menjelaskan suatu topik atau fenomena tertentu secara rinci dan terperinci.

Dasar dari teks eksplanasi sendiri adalah menjelaskan atau memberikan pemahaman yang jelas mengenai suatu hal. Teks eksplanasi memiliki tujuan untuk memberikan penjelasan yang detail dan mudah dipahami oleh pembaca. Oleh karena itu, teks eksplanasi harus ditulis dengan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti oleh pembaca.

Karakteristik Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi memiliki beberapa karakteristik yang membedakannya dari jenis teks lainnya. Berikut adalah beberapa karakteristik dari teks eksplanasi:

1. Menggunakan Istilah yang Mudah Dimengerti

Teks eksplanasi harus menggunakan istilah yang mudah dimengerti oleh pembaca. Hindari penggunaan istilah yang terlalu teknis atau sulit dimengerti oleh orang awam.

2. Menjelaskan dengan Rinci dan Terperinci

Teks eksplanasi harus menjelaskan suatu topik dengan rinci dan terperinci. Pembaca harus dapat memahami dengan jelas apa yang dijelaskan dalam teks tersebut.

3. Menggunakan Bahasa yang Sederhana dan Mudah Dipahami

Bahasa yang digunakan dalam teks eksplanasi harus sederhana dan mudah dipahami oleh pembaca. Hindari penggunaan bahasa yang terlalu formal atau sulit dimengerti oleh orang awam.

4. Menggunakan Ilustrasi atau Gambar

Untuk memudahkan pemahaman pembaca, teks eksplanasi dapat menggunakan ilustrasi atau gambar yang relevan dengan topik yang dibahas.

Contoh Teks Eksplanasi

Berikut adalah contoh teks eksplanasi tentang proses fotosintesis pada tumbuhan:

Proses Fotosintesis Keterangan
1. Penyerapan Cahaya Matahari Tumbuhan menyerap sinar matahari menggunakan pigmen fotosintesis yang terdapat pada daun
2. Pembentukan Karbohidrat Setelah menyerap sinar matahari, tumbuhan akan membentuk karbohidrat dari karbon dioksida dan air yang diserap melalui akar
3. Pelepasan Oksigen Proses fotosintesis juga menghasilkan oksigen yang dilepaskan ke udara
Baca Juga :  nama toko yang bagus

FAQ tentang Teks Eksplanasi

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *