Apa itu Perubahan Kimia?
Apa itu Perubahan Kimia?

Apa itu Perubahan Kimia?

Berikut.id – Apa itu Perubahan Kimia?. Teman, sebelum kita mempelajari tentang perubahan kimia kita sudah mempelajari tentang perubahan fisika. Apakah kalian masih ingat apa itu perubahan fisika?

Perubahan fisika adalah perubahan materi atau zat di mana hasil perubahannya tidak menghasilkan sifat baru (zat baru). Contoh: air menjadi es kemudian es menjadi air. Pada peristiwa tersebut air hanya mengalami perubahan wujud dan tidak terbentuk zat baru. Perubahan fisika dinamakan proses fisika.

Apa itu Perubahan Kimia?

Ambillah satu lembar kertas bekas dan bakarlah potongan kertas tersebut. Apa perubahan yang kalian amati? Apakah menurut kalian serbuk atau abu yang dihasilkan adalah materi yang sama atau berbeda dengan kertas? Nah inilah yang disebut sebagai perubahan kimia, yaitu materi sebelum perubahan berbeda dengan materi yang ada setelah perubahan itu. Abu yang telah terbentuk tidak dapat dibuat menjadi kertas lagi, artinya perubahannya tidak bisa kembali ke bentuk semula atau disebut juga ireversibel.

Apakah kalian dapat menyebutkan perubahan kimia yang selalu terjadi dalam keseharian kalian? Nasi yang kalian konsumsi setiap hari berasal dari beras. Ketika beras dimasak maka terjadilah reaksi kimia sehingga beras akan berubah menjadi nasi. Apakah nasi dapat diubah kembali menjadi beras? Karena itulah perubahan ini disebut perubahan kimia. Nasi adalah suatu materi yang berbeda dengan beras. Setiap kali kalian melihat perubahan yang melibatkan materi yang berbeda sebelum dan sesudahnya, maka kalian dapat mengidentifikasinya menjadi perubahan kimia. Beberapa contoh perubahan kimia dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

 

Apa itu Perubahan Kimia?

Pada saat perubahan kimia terjadi, ilmuwan Sains menyebut bahwa reaksi kimia telah terjadi. Reaksi kimia biasanya dituliskan dalam bentuk persamaan untuk mempermudah para ilmuwan. Persamaan kimia ini dapat ditulis dalam bentuk kata atau simbol. Contohnya jika kalian membuat donat dari tepung, mentega, telur dan gula, maka persamaan reaksi dapat ditulis dalam bentuk kata-kata seperti ini:

Baca Juga :  Jawaban Informatika Kelas 7 Aktivitas PLB-K7-04 Piano Sederhana Halaman 251 252 253 254 255 256 257 Kurikulum Merdeka

Tepung + mentega + telur + gula → donat

Dalam persamaan di atas, tepung, mentega, telur dan gula adalah bahan-bahan sebelum reaksi kimia atau disebut sebagai pereaksi, sementara donat adalah hasil yang diperoleh setelah reaksi kimia tersebut selesai. Donat adalah produk suatu reaksi. Dengan kata lain persamaan kimia dapat ditulis sebagai:

Pereaksi → Produk

 

Nah teman, itulah penjelasan tentang perubahan kimia. Pada pembahasan selanjutnya kita akan membahas tanda-tanda terjadinya reaksi kimia pada suatu produk.

Semoga bermanfaat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *