Tips Menulis dan Menghafal Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13
Tips Menulis dan Menghafal Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13

Tips Menulis dan Menghafal Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13

Berikut.id – Tips Menulis dan Menghafal Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13. Teman sebelumnya kalian sudah mempelajari tentang pesan pokok dalam Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13. Apakah kalian masih ingat apa saja pesan pokok dari Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13?

Tafsir ringkas Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13

Wahai manusia! Sesungguhnya, Kami telah menciptakan kalian berasal dari seorang pria dan seorang wanita, yakni keturunan yang sama dari Adam dan Hawa. Seluruh manusia sama derajat kemanusiaannya, tidak ada perbedaan antara satu suku dengan suku yang lain.

Kemudian Kami jadikan kalian berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya saling membantu, saling melengkapi dan bekerja sama, bukan saling mengolok-olok dan saling memusuhi antara satu kelompok dengan kelompok lainnya.

Allah SWT tidak senang terhadap orang yang menampakkan kesombongan dengan keturunan, kekayaan atau kepangkatan, karena sesungguhnya yang paling mulia di hadapan Allah SWT. hanyalah orang yang paling bertakwa. Karenanya, kalian hendaknya berusaha untuk meningkatkan ketakwaan supaya menjadi orang yang mulia di hadapan Allah SWT.

Sesungguhnya, Allah SWT. Maha Mengetahui segala sesuatu, baik yang tampak maupun yang tersembunyi, Allah SWT. Maha teliti sehingga tidak ada satu pun perbuatan manusia yang terlewat dari pengetahuan-Nya.

Di tengah keragaman itu, maka manusia diminta untuk saling berlapang dada dan bertenggang rasa. Manusia sebagai wakil Allah SWT. di atas bumi mendapat mandat untuk mengelola dan menjaga kelestarian planet ini. Dalam rangka itu, manusia harus mencipta suasana harmoni dan damai. “Berbeda dalam persaudaraan. Bersaudara dalam perbedaan”.

 

Tips Menulis dan Menghafal Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13

Kali ini kita akan mempelajari tips menulis dan menghafal Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13. Ayo kita coba.

Baca Juga :  Jawaban Matematika Kelas 8 Halaman 203

Menulis Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13

Perhatikan gambar berikut!

 

Perhatikan gambar tersebut! Apa pendapatmu setelah melihat tulisan Q.S. Al Ḥujurāt/49:13 yang rapi dan indah? Apakah kalian telah mampu menulis Al Qur’an dengan benar dan rapi? Apa yang harus kalian lakukan supaya bisa menulis dengan benar dan rapi?

Yang harus dilakukan supaya bisa menulis dengan baik dan rapi adalah menulis dimulai dari kiri ke kanan, mengenal huruf hijaiyah yang berjumlah 28 huruf, ada huruf yang menyambung dan disambung dan ada huruf yang bisa disambung tetapi tidak menyambung. Setiap huruf memiliki bentuk sesuai dengan posisinya, dan semua huruf hijaiyah adalah konsonan, termasuk Alif, Wawu, dan Ya (sering disebut dengan huruf illat), maka mereka memerlukan tanda vokal (Syakal).

 

Belajar Al-Qur’an bukan hanya membacanya saja, tapi juga belajar menulisnya dengan benar sesuai kaidah. Tulisan Al-Qur’an harus lestari. Dengan tulisan tersebut umat Islam senantiasa membacanya.

Ayo, kita akan belajar menulis!

Cara menulis huruf Al-Qur’an yaitu:

1. Dimulai dari kanan ke kiri.

Perhatikan garis petunjuk pada contoh berikut!

 

2. Memperhatikan penulisan hurufnya, sebab ada huruf yang ditulis di atas, tengah dan di bawah garis.

Perhatikan garis petunjuk pada contoh berikut!

 

3. Memperhatikan penulisan titik, gerigi dan harakat dengan benar.

Perhatikan garis petunjuk pada contoh berikut!

 

Keterangan:

 

Menghafal Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13

Tips Menulis dan Menghafal Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13

 

Sungguh mulia para penghafal Al-Qur’an. Dia telah menjaga wahyu Allah Swt. di hatinya. Dia mendapat pahala berlipat ganda sebab hari-harinya disibukkan dengan Al-Qur’an. Kelak di akhirat Al-Qur’an akan memberi syafa’at kepadanya.

 

Kita semua pasti ingin menjadi penghafal Al-Qur’an. Menghafal Al-Qur’an diperlukan niat yang ikhlas dan usaha yang sungguh-sungguh. Namun jangan putus asa! Allah Swt. pasti menolong hamba-Nya yang bertekad menghafalnya. Ini terbukti dengan banyaknya penghafal Al-Qur’an.

Baca Juga :  Jawaban Informatika Kelas 7 Uji Kemampuan Halaman 66 67 Kurikulum Merdeka

 

Nah, sekarang kalian mulai menghafal Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13 berikut ini!

 

 

 

Nah teman, itulah tips menulis dan menghafal Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13. Kalian bisa mencobanya juga di rumah dengan bimbingan orang tua atau guru ngaji kalian.

Selanjutnya, mari kita coba bernyanyi lagu “Aku Hafiz Qur’an” bersama guru dan teman-teman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.