cloud storage

Rekomendasi Cloud Storage Yang Bisa Kalian Pakai

Berikut.id *_*  Cloud storage atau penyimpanan awan adalah sebuah model dari komputasi awan yang memungkinkan penggunanya untuk menyimpan berbagai file di sana.

Biasanya satu pengguna akan diberikan limit kapasitas penyimpanan, dan jika ingin menambah besaran limit tersebut, pengguna harus membayar atau upgrade paket.

Cara kerja dari cloud storage ini adalah cloud provider pihak ketiga memiliki dan mengoperasikan kapasitas penyimpanan data dan menawarkannya melalui Internet secara gratis atau berbayar.

Provider cloud storage ini mengelola kapasitas, keamanan, dan ketahanan untuk memastikan agar data dapat Anda gunakan dari mana saja dan kapan saja.

Protokol penyimpanan tradisional atau API digunakan oleh aplikasi untuk mengakses cloud storage.

Banyak perusahaan menyediakan layanan tambahan untuk membantu pengumpulan, pengelolaan, keamanan, dan analisis data dalam jumlah besar. kami rekomendasikan

Berikut Rekomendasi Cloud Storage Yang Bisa Kalian Pakai

1. Google Drive

Bagi pengguna perangkat Android atau siapapun yang memiliki akun Gmail, pasti tidak asing dengan yang namanya Google Drive. Layanan penyimpanan cloud yang satu ini terhubung dengan semua layanan Google lainnya seperti Gmail, Photos, dan banyak lagi. Jadi, segala jenis file yang ada layanan Google, hampir semuanya tersimpan di Drive.

Selain dapat digunakan untuk menyimpan file, Drive juga terintegrasi langsung dengan beberapa aplikasi produktivitas seperti Docs, Spreadsheet, Slide, dan lain. Jika dibandingkan dengan Dropbox yang hanya menawarkan penyimpanan gratis sebesar 2GB, Drive memberi penyimpanan gratis hingga 15GB.

Baca Juga :  Mengenal Distro Linux dan Macam-Macam Distro Linux Ringan dan Cepat

2. OneDrive

OneDrive adalah salah satu cloud storage yang umumnya digunakan bagi para pengguna Windows. Pada Windows 10, OneDrive secara otomatis ter-install di device-mu. Meskipun demikian, cloud storage milik Microsoft ini memiliki kekurangan dalam kapasitas, yaitu hanya 5GB. Hal itu bertolak belakang dengan cloud storage lainnya yang memberikan kapasitas 10GB. Jika kamu telah nyaman dengan fitur OneDrive, kamu bisa upgrade OneDrive-mu dengan harga $1,99 per bulan dengan kapasitas 100GB.

 

3. PCloud

PCloud adalah salah satu storage terbaik yang bisa kamu pilih. Cloud storage ini berasal dari Swiss dan cocok digunakan untuk mengirim file dalam ukuran besar. PCloud tidak memberikan batasan tertentu untuk ukuran file. PCloud juga menyediakan fitur berbagi file dalam satu tim. Selain itu, aplikasi cloud ini juga bisa digunakan pada PC, smartphone, dan website.

4. Dropbox

Dropbox adalah platform yang bisa diandalkan untuk menyimpan data-data Anda di cloud storage dengan  aman. Percaya atau tidak, Dropbox menggunakan jenis enkripsi yang lebih kuat bila dibandingkan dengan Google Drive. Anda juga bisa menambah kapasitas penyimpanan dengan memberikan kode referal ke orang lain dan biarkan mereka menggunakan kode tersebut.

Sampai saat ini, Dropbox masih sering digunakan oleh banyak kalangan. Dropbox menyediakan kapasitas penyimpanan sebesar 2GB. Namun, kapasitas tersebut bisa ditambah hingga 18GB jika kamu berhasil mengajak teman-teman sebanyak 32 orang untuk menggunakan Dropbox. Cloud storage ini bisa digunakan di laptop dan smartphone.

5. SpiderOak One

Salah satu aplikasi pencadangan data-data secara online adalah SpiderOak One. Berbeda dari layanan seperti Dropbox dan Google Drive, SpiderOak One membuat kamu bisa memilih folder atau file apapun di sistem komputermu untuk mencadangkan file-nya. SpiderOak One juga memungkinkanmu berbagi file yang dicadangkan dengan siapapun. Baca juga: Beasiswa S2 di Kampus Terbaik Australia, Bebas Biaya Kuliah dan Hidup

Baca Juga :  Review Smartphone OPPO Reno7 5G Harga, Performa dan Spesifikasi

6. Mega

Aplikasi penyimpanan cloud MEGA cukup terkenal. Layanan ini berbasis situs dengan nama megaupload.com. Setelah itu, MEGA diluncurkan sebagai cloud storage gratis dengan ruang penyimpanan 50GB. Berbagai jenis file bisa kamu simpan dalam aplikasi cloud ini.

7. NordLocker

Nord adalah perusahaan yang berggerak juga di bidang IT. Selain menyediakan VPN yang dinamai NordVPN, ada layanan cloud storage bernama NordLocker.

End-to-end encryption NordLocker juga terjadi via lokal. Jadi akan lebih aman untuk file-file yang Anda simpan.

Dengan menggunakannya secara gratis Anda bisa menyimpan dokumen dan file hingga 3 GB.

8. Kdan Cloud

Kdan adalah aplikasi yang difokuskan untuk perangkat mobile yang memiliki banyak fungsi dan ini memiliki layanan cloud storage pula yang dinamai Kdan Cloud.

Untuk paket gratis, Anda akan diberikan 2 GB, sedangkan dengan 9,99 USD per tahun, Anda sudah bisa mendapatkan 500 GB.

9. IDrive

Berdasarkan informasi yang dilansir dari Tech Radar, IDrive adalah cloud storage terbaik. Pasalnya, cloud drive ini tidak akan membuat file yang terhapus atau dihapus dari komputermu hilang otomatis. Data tersebut tetap akan tersimpan di server. IDrive juga mempunyai fitur untuk mengirim harddisk fisik juga suatu saat data-datamu hilang.

Kelebihan Cloud Storage

Cloud storage memiliki beberapa kelebihan bila dibandingkan dengan penyimpanan konvensional.

Beberapa di antaranya adalah:

1. Hemat

Penyimpanan ini dapat Anda gunakan secara gratis dan juga berbayar. Yang berbayar pun juga tidak terlalu mahal mengingat fitur dan keamanannya terjamin.

2. Mudah Digunakan

Membagikan file semudah memberikan kolega atau teman Anda sebuah link. Dari link tersebut, orang lain sudah bisa mengakses isinya.

3. Keamanan

Data Anda disimpan di server redundant di penyimpanan cloud, jadi meskipun salah satu pusat data mati, data Anda akan dikelola oleh pusat data lainnya. Sehingga, menjaga data Anda tetap aman dan terlindungi.

Baca Juga :  Reset Printer Canon ip2770

4. Lebih Nyaman Digunakan

Sering kehilangan flashdisk? Repot membawa hardisk eksternal kemanapun? Khawatir laptop dicuri?

Semua kekhawatiran itu tidak ada jika Anda memilih untuk menggunakan cloud ini karena Anda tidak membutuhkan apa-apa kecuali perangkat seperti HP, laptop, atau PC untuk mengaksesnya.

5. Disaster Recovery

Data yang disimpan secara lokal sangat besar kemungkinan untuk hilang. Nah, cloud storage adalah solusi untuk backup data dan disaster recovery.

Jadi, tidak perlu takut karena data sudah dicadangkan ke dalam penyimpanan cloud tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.