Perbedaan WiFi 4 WiFi 5 dan WiFi 6

Berikut.id – Perbedaan WiFi 4 WiFi 5 dan WiFi 6 – WiFi adalah teknologi jaringan nirkabel yang menggunakan gelombang radio untuk menyediakan akses internet tanpa kabel dengan kecepatan yang tinggi.Adapun gelombang radio yang digunakan yakni dengan rentang 2,4 GHz hingga 5 GHz.WiFi dapat digunakan untuk menghubungkan perangkat seperti komputer dekstop, laptop, tablet, smart tv, maupun smartphone ke jaringan internet.Agar dapat terhubung ke internet, berbagai perangkat tersebut harus berada dalam satu titik akses (hotspot).

Wifi 4 Wifi 5 dan Wifi 6 adalah istilah dari perkembangan teknologi nirkable. Dengan kata lain pada jaringan komputer yang biasa kita gunakan sehari-hari untuk mengakses internet. Bagaimanapun teknologi informasi ini kita selalu dekat dengan yang namanya internet namun saya yakin dari sekian banyak yang tahu pastilah kita agak asing dengan istilah tersebut karena kita lebih terbiasa sebagai pengguna tanpa memperdulikan pengetahuan yang didalamnya karena pada masing-masing perkembangan teknologi wifi ini memiliki kelebihan yang berbeda-beda terutama dalam kecepatan data ( Bandwidth ), tingkat gangguan signal ( interferensi ) dan fitur-fitur lain yang akan berpengaruh saat kita gunakan.

Wifi atau Wireless Fidelity adalah merupakan teknologi wireless yang tertanam pada perangkat komputer kita atau Samrphone sehingga dapat berkomunikasi. Selain itu Wifi 4 Wifi 5 atau Wifi 6 keduanya sama-sama mengacu pada standarisasi IEEE 802 11IEEE 802 11 adalah serangkaian spesifikasi yang mengatur jaringan komunikasi untuk menjadi dasar bagi jaringan nirkable atau Wifi. Wifi bekerja menggunakan media gelombang radio dengan frekuensi di 2,4ghz dan 5ghz, dan semuanya telah diatur di 80211.

 

Jangan heran jika kita membeli suatu perangkat jaringan seperti yang kita selalu dengar yang namanya Wireless Router atau Akses Point pastilah akan tertulis didalamnya dengan IEEE 802 11b/g/n/ac dan yang terbaru IEEE 802 11ax atau yang disebut Wifi 6. Begitupun halnya apabila kita membeli smartphone atau Laptop pastilah tertulis IEEE 802.11 baik di Box atau di buku panduan karena diperangkat-perangkat ini tertanam sebuat Wifi yang semuanya mengacu pada standar tersebut agar Laptop atau Smartphone kita bisa mengakses internet atau dalam kata lain dapat saling terhubung meskipun brand perangkat (Hp / Laptop / PC) kita berbeda-beda.

Lalu apa kalian perbedaan dari teknologi Wifi 4 Wifi 5 dan WIfi 6 ini??!!

Wifi 4 adalah teknologi Wifi yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2009 dengan standar IEEE 802.11n diamana jika dilihat dari standar ini Wifi 4 bekerja dengan frekuensi di 2,4ghz atau 5ghz dengan kecepatan data hingga 150 Mbps jika kita gunakan dua channel 20 MHz dan bisa mencapai 300 Mbps jika gunakan dua channel 40 MHz.

Baca Juga :  Review Smartphone Samsung Galaxy A23 5G Harga, Performa dan Spesifikasi

Wifi 5 adalah teknologi Wifi yang mengacu pada standar IEEE 802.11ac dimana teknologi ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2014 yang bekerja pada gelombang radio frekuensi di 5Ghz., dilansir dari Wikipedia Wifi 5 atau IEEE 802.11ac mampu menawarkan kapasitas Bandwith  hingga 1000 Mbps atau 1 Gbps. Kecepatan maksimum per user (seperti laptop dan perangkat klien lainnya) adalah 500 Mbps ditambah dengan dukungan MIMO (Multiple Input on Multiple Output)   .

Wifi 6 atau IEEE 802.11ax merupakan terobosan baru pada tahun 2019 yang mampu menawarkan kapasitas bandwidth 4 kali lebih besar dari IEEE 802.11ac. Dilansir dari Wikipedia Kecepatan yang dimiliki oleh 802.11ax ini adalah mampu mencapai 10,53 Gbps atau sekitar 1,4 GB/s untuk mengirimkan data. Standar ini menggunakan frekuensi 2.4 GHz dan 5 GHz dengan teknologi MIMO dan juga mendukung MU-MIMO.

Itulah beberapa hal yang mesti kalian ketahui pada teknologi Wi-Fi (Wireless Fidelity) yang saat ini beredar dan wajib kita tahu. Sekarang coba kalian cek termasuk teknlogi wifi yang mana yang tertanam pada perangkat HP atau Laptop kita. Apabila kalian ingin membeli HP (Smartphone), Laptop atau alat Wireless Router yang kita sebut untuk Hotspot kalian sudah tahu hal-hal yang berkaitan dengan Wifi sehingga kita tidak awam dan menjadi orang yang mengerti dengan teknologi wifi tersebut jadi jangan cuma bisa beli dan pakai, alangkah baiknya kita ketahui informasi didalamnya.

 

Perbandingan Wifi 6, dibandingkan WiFi 5 dan WiFi 4

Dapat dilihat dari gambar bahwa WiFi 6 dan WiFi 5 mendukung bandwidth saluran yang sama :

  • Dalam hal pita frekuensi, WiFi 5 hanya mencakup 5GHz, sedangkan WiFi 6 mencakup 2,4 / 5GHz, yang sepenuhnya mencakup perangkat kecepatan rendah dan kecepatan tinggi.
  • Mengenai mode modulasi, WiFi 6 mendukung 1024-QAM, yang lebih tinggi dari WiFi 256-QAM. Kapasitas data yang lebih tinggi berarti kecepatan transmisi data yang lebih tinggi.

Selain itu, WiFi 6 menambahkan teknologi OFDMA baru, yang mendukung beberapa terminal mentransmisikan secara paralel pada saat yang sama, yang secara efektif meningkatkan efisiensi dan mengurangi latensi, yang merupakan rahasia dari peningkatan signifikan dalam throughput data.

Memiliki Latensi Lebih Rendah

WiFi 6 tidak hanya meningkatkan kecepatan unggah dan unduh, tetapi juga secara signifikan meningkatkan kemacetan jaringan. Memungkinkan lebih banyak perangkat untuk terhubung ke jaringan nirkabel dan memiliki pengalaman koneksi berkecepatan tinggi yang konsisten.

Baca Juga :  Jawaban Informatika Kelas 7 Uji Kompetensi Halaman 213 214 Kurikulum Merdeka

Terutama disebabkan oleh dukungan MU- hulu dan hilir Teknologi MIMO dan  OFDMA baru.   Meskipun standar WiFi 5 generasi sebelumnya mendukung teknologi MU-MIMO (Multiple User Multiple Input Multiple Output), yang hanya mendukung downlink dan hanya dapat mengalami teknologi ini saat mengunduh konten.

 

Sementara WiFi 6 mendukung MU-MIMO uplink dan downlink, ini berarti bahwa perangkat seluler dan router nirkabel dapat mengalami MU-MIMO saat mengunggah dan mengunduh data, yang semakin meningkatkan pemanfaatan bandwidth jaringan nirkabel.

Selain itu, aliran data spasial maksimum yang didukung oleh WiFi 6 telah ditingkatkan dari 4 menjadi 8 WiFi 5, yang dapat mendukung maksimum 8 × 8 MU-MIMO, yang merupakan salah satu alasan penting untuk peningkatan signifikan dalam kecepatan WiFi 6.

Lebih penting dari perbedaan lain, WiFi 6 menggunakan teknologi OFDMA (Orthogonal Frequency Division Multiple Access), yang merupakan versi berevolusi dari teknologi OFDM yang digunakan oleh WiFi 5.

Menggabungkan teknologi OFDM dan FDMA, ia menggunakan OFDM untuk mempopulerkan saluran. Kemudian, teknologi transmisi untuk mentransmisikan data dimuat pada beberapa subcarrier. Inilah perbedaan antara keduanya.

Saat ini, jaringan seluler 4G yang banyak digunakan menggunakan teknologi OFDMA, yang memungkinkan pengguna yang berbeda untuk berbagi saluran yang sama. Hal ini juga memungkinkan penggunaan bandwidth jaringan yang lebih efisien, memungkinkan lebih banyak perangkat mengakses, memiliki waktu respons yang lebih pendek, dan latensi yang lebih rendah.

Teknologi OFDM yang digunakan dalam WiFi 5 mengharuskan setiap pengguna untuk menempati saluran. Dan setelah transmisi data selesai,diserahkan kepada pengguna berikutnya yang tidak dapat sepenuhnya memanfaatkan bandwidth jaringan dan memiliki efisiensi yang rendah.

Selain perbedaan itu, WiFi 6 juga meningkatkan waktu transmisi masing-masing pembawa sinyal dari 3,2 μs WiFi 5 hingga 12,8 μs melalui mekanisme transmisi Long DFDM Symbol berkualitas tinggi, secara efektif mengurangi kehilangan paket dan tingkat transmisi ulang, dan membuat transmisi lebih stabil.

Terutama ketika mentransmisikan pada jarak menengah atau panjang atau banyak hambatan, efek multipath relatif jelas Mengurangi gangguan antara operator dapat secara efektif meningkatkan transmisi sinyal data, sehingga meningkatkan jangkauan WiFi yang efektif.

WiFi 6 Memiliki Kapasitas Lebih Besar

Perbedaan selanjutnya, WiFi 6 juga memperkenalkan mekanisme pewarnaan BSS, menandai setiap perangkat yang terhubung ke jaringan dan menambahkan tag yang sesuai ke datanya. Ketika data dikirimkan, ia juga memiliki alamat yang sesuai, yang langsung ditransmisikan di tempat yang sudah tujukan.

Baca Juga :  Cara Cek Kuota Orbit Lengkap Dan Mudah

Teknologi multi-pengguna MU-MIMO memungkinkan komputer untuk berbagi saluran pada beberapa jaringan secara bersamaan, memungkinkan beberapa ponsel / komputer mengakses Internet pada saat yang bersamaan.

Dikombinasikan dengan teknologi OFDMA, setiap saluran dalam jaringan WiFi 6 dapat melakukan transmisi data efisiensi tinggi, meningkatkan pengalaman jaringan dalam skenario multi-pengguna yang dapat lebih memenuhi area hotspot WiFi, penggunaan multi-pengguna dan meningkatkan kapasitas Lebih besar.

WiFi 6 Lebih Aman

Jika perangkat WiFi 6 (router nirkabel) harus lulus sertifikasi WiFi Alliance, ia harus menggunakan protokol keamanan WPA 3 untuk keamanan yang lebih besar.

 

Pada awal 2018, Aliansi WiFi merilis generasi baru protokol enkripsi WPA 3, yang merupakan versi upgrade dari protokol WPA 2 yang banyak digunakan, yang semakin meningkatkan keamanan dan dapat lebih baik mencegah serangan brute force dan serangan brute force.

WiFi 6  Menghemat Lebih Banyak Daya

Perbedaan terbak dari WiFi 6 adalah memperkenalkan teknologi TARget Wake Time (TWT), yang memungkinkan perangkat dan router nirkabel untuk secara aktif merencanakan waktu komunikasi. Mengurangi penggunaan antena jaringan nirkabel dan waktu pencarian sinyal yang berarti dapat mengurangi konsumsi daya hingga batas tertentu dan meningkatkan Waktu masa pakai perangkat.

Mengenal Apa Itu WiFi 6 Dan Perbedaan Dengan WiFi 5

 

Namun, jaringan nirkabel WiFi 6 perangkat nirkabel seperti ponsel, laptop, dan tablet memerlukan akses Internet terus menerus, sehingga mereka tidak akan mendapat manfaat dari teknologi hemat daya TWT. Tetapi untuk rumah pintar yang menjadi populer terutama perangkat nirkabel yang menggunakan baterai lithium, teknologi ini dapat sangat meningkatkan masa pakai baterai dan meningkatkan pengalaman pengguna.

Bagaimana Cara Jika Ingin Menggunakan WiFi 6?

Jika ingin merasakan perbedaan jaringan nirkabel di bawah standar WiFi 6, Anda harus memenuhi persyaratan berikut:

Memiliki Router Yang Sudah Mendukung WiFi 6

Sebagai generasi baru standar nirkabel, ada beberapa router nirkabel baru yang mendukung WiFi 6 di pasaran dan harganya tidak rendah. Saat ini, dibutuhkan setidaknya sekitar Rp 600.000, yang jauh lebih mahal daripada router biasa.   Namun, dengan semakin banyak WiFi 6 router standar datang di pasar di masa depan, harga pasti akan berangsur-angsur menjadi terjangkau oleh umum.

Perangkat Internet Nirkabel Seperti Ponsel Dan Notebook Harus Mendukung WiFi 6

Saat ini, tidak banyak perangkat Internet yang mendukung WiFi 6. Ponsel ini terutama didukung oleh  mesin flagship iPhone  11/11 Pro / 11 Pro  Max  dan  Samsung S10, sementara notebook dan tablet belum terdaftar di pasar, saya yakin kita akan segera melihatnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.