Perbedaan antara DOS dan Windows

Berikut.id Perbedaan antara DOS dan Windows –  Sistem operasi adalah komponen yang paling penting dalam sistem komputer. Ini adalah antarmuka antara pengguna dan perangkat keras. Ini melakukan berbagai tugas termasuk penanganan file, alokasi dan alokasi memori, penjadwalan tugas dan manajemen proses. Selain itu, ia mengelola semua komponen dan perangkat. Ini juga menyediakan keamanan untuk data dan sumber daya sistem. DOS dan Windows adalah sistem operasi. DOS gratis sedangkan Windows mahal. DOS mengelola file disk, mengalokasikan sumber daya sistem dan mengontrol perangkat keras. Di sisi lain, Windows menyediakan lebih banyak fitur dan lebih ramah pengguna daripada DOS.

Apa itu DOS

Perbedaan Utama: Sistem Operasi DOS atau Disk adalah sistem operasi yang paling umum ditemukan pada PC IBM dan populer antara tahun 1981 dan 1995. Windows adalah serangkaian sistem operasi antarmuka grafis yang dikembangkan dan dijual oleh Microsoft.

Sebelum perang Windows vs Apple dan ketika waktu lebih sederhana, ada sistem komputasi yang dikenal sebagai DOS (Disk Operating System) yang mendominasi PC IBM. Dulu ketika Anda membeli komputer, biasanya IBM yang memiliki sistem operasi DOS. DOS dan Windows berbeda satu sama lain dalam banyak aspek.

Sistem Operasi DOS atau Disk adalah sistem operasi yang paling umum ditemukan pada PC IBM dan populer antara tahun 1981 dan 1995. Banyak versi DOS telah dirilis oleh perusahaan yang berbeda, yang paling populer adalah MS- OS, juga oleh Microsoft. Sistem terkait termasuk MS-DOS, PC-DOS, DR-DOS, FreeDOS, PTS-DOS, ROM-DOS, Novell DOS, OpenDOS dan 86-DOS. 86-DOS atau QDOS (Sistem Operasi Cepat dan Kotor) dibeli oleh Microsoft untuk PC IBM.

Baca Juga :  Cara Memperbaiki Windows 10 Lemot dan Bikin Jengkel

 

Windows adalah serangkaian sistem operasi antarmuka grafis yang dikembangkan dan dijual oleh Microsoft. Versi awal Microsoft Windows berjalan di atas versi DOS yang terpisah dan tidak lagi digunakan ketika Windows 95 diluncurkan sebagai sistem operasi stand-along yang tidak memerlukan lisensi DOS terpisah. Dengan Windows 95 dan 98, tetapi bukan ME, komponen MS-DOS dapat dijalankan tanpa memulai Windows. Ketika DOS tidak lagi diperlukan untuk menjalankan sistem, itu benar-benar berhenti digunakan di PC. DOS sekarang sudah usang dan sangat jarang digunakan di dunia nyata. DOS dan Windows sangat berbeda satu sama lain meskipun Windows diyakini berasal dari DOS.

Baru !!! Cara Mengubah Tampilan Windows 7 Menjadi Windows 7 2020 Edition - YouTube

DOS dan Windows berbeda dalam GUI (antarmuka pengguna grafis), di mana DOS menggunakan input perintah teks lengkap, Windows menggunakan gambar, ikon, dan teks dalam antarmuka mereka. Input perintah teks lengkap dalam DOS mengharuskan pengguna untuk memasukkan perintah dan bekerja di komputer menggunakan kode teks; membuatnya lebih sulit untuk dipahami bagi pengguna pertama kali atau orang yang kurang mengerti teknologi. Windows menyederhanakan antarmuka pengguna grafis, dengan menggunakan bantuan ikon, gambar, dan teks; menghilangkan kebutuhan untuk mengingat kode dan tindakan yang terjadi dengan kode.

DOS juga menawarkan ruang penyimpanan lebih sedikit dibandingkan dengan Windows. Ruang penyimpanan tertinggi yang ditawarkan DOS sekitar 2 gigabyte, sedangkan Windows terbaru menawarkan ruang penyimpanan dalam terabyte. Windows juga dapat mengakomodasi hard drive yang jauh lebih besar, sedangkan DOS tidak dapat karena ketergantungannya pada sistem file FAT16.

DOS dan Windows juga berbeda dalam hal sistem registrasi dan pertukaran file. Sementara DOS menggunakan sistem direktori, di mana semua file terkandung dalam direktori atau subdirektori tertentu, Windows menggunakan sistem registri yang jauh lebih rumit sehingga sulit untuk secara manual menghapus file dari sistem dan file yang berlebihan dapat menyebabkan sistem melambat atau macet. .

Baca Juga :  Ponsel Pertama dengan Snapdragon 8 Gen 2 Vivo X90 Pro Plus

Karena penurunan penggunaan untuk DOS, sebagian besar versi DOS sekarang tersedia secara gratis di pasar. Ini juga mudah digunakan dan tidak memerlukan memori gigabyte untuk dapat bekerja dibandingkan dengan Windows. DOS telah menjadi ideal untuk membuat prototipe, menguji, dan membuat sistem otomatis yang hanya perlu memeriksa apakah dan ketika ada masalah. Karena kesederhanaan dalam penggunaan dan kurangnya GUI mewah, sistem ini juga jauh lebih murah untuk dioperasikan.

DOS Windows
Definisi DOS (Disk Operating System) adalah sistem operasi perintah teks sederhana yang populer dari 1981 hingga 1995. Windows adalah serangkaian sistem operasi antarmuka grafis yang dikembangkan dan dijual oleh Microsoft.
GUI DOS menggunakan antarmuka berbasis teks yang membutuhkan teks dan kode untuk beroperasi Windows menggunakan grafik, gambar, dan teks.
Sistem input Teks digunakan sebagai perintah sistem input dasar. Menggunakan mouse untuk semua input sistem operasi.
Multitasking DOS tidak dapat menjalankan banyak proses secara bersamaan. Windows adalah sistem operasi multitasking; memungkinkan lebih dari satu proses untuk bekerja secara bersamaan.
Ukuran penyimpanan Jumlah ukuran penyimpanan tertinggi yang tersedia adalah 2GB. Sistem jendela menawarkan ruang penyimpanan hingga 2 terabyte.
Tuntutan pada Sumber Daya Sistem Sistem boot adalah DOS yang tidak terlalu menuntut CPU. Booting Windows lebih banyak menuntut pada CPU.
File Registry dan Swap DOS menggunakan sistem direktori, di mana semua file terkandung dalam direktori atau subdirektori tertentu. Windows menggunakan registri yang berbeda dibandingkan dengan DOS, membuatnya sulit untuk menghapus program secara manual. Jumlah file temporer dan fragmen file yang berlebihan dapat menyebabkan sistem melambat atau macet.
Penggunaan saat ini Lebih ideal digunakan untuk membuat prototipe, menguji, dan membuat sistem otomatis. Digunakan di seluruh dunia sebagai sistem operasi paling populer.
Harga DOS gratis Windows itu mahal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *