Penjelasan Karakteristik Makhluk Hidup (Part 3)
Penjelasan Karakteristik Makhluk Hidup (Part 3)

Penjelasan Karakteristik Makhluk Hidup (Part 3)

Berikut.id – Penjelasan Karakteristik Makhluk Hidup (Part 3). Teman, karakteristik makhluk hidup yang akan kita bahas selanjutnya adalah makhluk hidup dapat bernapas, makhluk hidup menghasilkan zat sisa, dan makhluk hidup tersusun dari sel. Mari kita perhatikan penjelasannya.

 

Penjelasan Karakteristik Makhluk Hidup (Part 3)

6. Makhluk Hidup Dapat Bernapas

Hewan memerlukan oksigen untuk bernapas (respirasi). Oksigen yang dihirup oleh hewan digunakan untuk mengoksidasi (membakar) zat makanan di dalam sel sehingga dihasilkan energi. Zat sisa dari proses oksidasi ini adalah karbon dioksida dan uap air.
Sama halnya dengan hewan, tumbuhan juga memerlukan oksigen untuk proses oksidasi zat makanan dan menghasilkan zat sisa yang sama yaitu karbon dioksida dan uap air. Selain itu, tumbuhan mengikat karbon dioksida yang digunakan untuk proses fotosintesis. Jadi, tumbuhan sedikit berbeda dengan hewan karena menggunakan gas oksigen dan karbon dioksida seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini:

Penjelasan Karakteristik Makhluk Hidup (Part 3)
 

7. Makhluk Hidup Menghasilkan Zat Sisa

Terdapat banyak sekali proses biokimiawi di dalam tubuh makhluk hidup. Selain menghasilkan produk yang berguna, reaksi ini juga menghasilkan zat sisa yang bersifat racun bagi tubuh sehingga harus dikeluarkan dari tubuh makhluk hidup. Proses pengeluaran zat sisa metabolisme ini disebut dengan ekskresi.

Manusia menghasilkan zat sisa karbon dioksida dan uap air dari proses respirasi seluler dan mengeluarkannya melalui proses bernapas seperti pada gambar diatas. Kita juga mengeluarkan zat sisa lainnya dari tubuh dengan cara berkeringat dan mengeluarkan urine. Adapun tumbuhan menggunakan daun untuk mengeluarkan gas karbon dioksida yang merupakan zat sisa respirasi sel.

Baca Juga :  Jenis Norma dan Keterkaitannya dengan Nilai Pancasila

 

8. Makhluk Hidup Tersusun Dari Sel

Makhluk hidup secara struktural tersusun dari sel. Makhluk hidup ada yang tersusun dari satu sel (uniseluler) seperti Paramecium, Amoeba, dan Euglena seperti pada gambar dibawah. Makhluk hidup yang tersusun dari banyak sel (multiseluler) contohnya manusia, hewan dan jamur. Virus tidak termasuk ke dalam makhluk hidup karena tidak tersusun dari sel. Tubuh virus hanya tersusun dari protein yang di dalamnya terdapat materi genetik berupa DNA atau RNA saja.

 

Nah teman, itulah karakteristik-karakteristik makhluk hidup yang sudah selesai kita bahas. Coba kalian amati makhluk hidup yang ada disekitar kalian, apakah mereka memiliki karakteristik yang sudah kita bahas? Kalian bisa mengamatinya untuk menambah pengalaman kalian.

Semoga bermanfaat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *