Pembahasan Hulum III Newton
Pembahasan Hulum III Newton

Pembahasan Hukum III Newton

Berikut.id – Pembahasan Hukum III Newton. Teman, sebelumnya kalian sudah mempelajari Hukum I Newton dan Hukum II Newton ya. Apa kalian masih ingat apa yang dibahas Hukum I Newton dan Hukum II Newton?

Hukum I Newton berbicara tentang konsep kelembamam benda atau dikenal juga sebagai sifat kemalasan benda untuk merubah posisinya.

Hukum II Newton menyatakan bahwa benda dapat diubah keadaan geraknya jika pada benda bekerja gaya. Gaya yang bekerja berkaitan langsung dengan perubahan keadaan gerak benda.

Pembahasan Hulum III Newton

Pembahasan Hukum III Newton

Hukum III Newton

Ketika suatu benda memberikan gaya pada benda kedua, benda kedua juga akan memberikan gaya yang sama besar tetapi berlawanan arah. Hukum yang mengatur konsep tersebut di atas sering disebut dengan “Hukum Aksi-Reaksi”. Secara sederhana bunyi Hukum III Newton tersebut menyatakan, “Untuk setiap aksi akan ada reaksi yang sama tetapi berlawanan arah”

Perlu ditekankan, bahwa “gaya aksi” dan “gaya reaksi” bekerja pada benda yang berbeda. Jika benda pertama melakukan gaya pada benda kedua (gaya aksi), maka benda kedua melakukan gaya yang sama besar pada benda pertama tetapi arahnya berlawanan (gaya reaksi). Hukum tersebut mengungkapkan keberadaan gaya reaksi yang sama besar dengan gaya aksi, tetapi berlawanan arah.
Ungkapan di atas dapat dituliskan dengan rumus,

 

 

Penyiram Air Yang Menarik

Untuk dapat membuktikan Hukum III Newton kalian dapat membuat percobaan yang bermanfaat bagi tumbuhan di sekitar kalian. Perhatikan gambar berikut.

 

Bahan dasar yang kalian perlukan dapat berupa kardus kotak susu atau kaleng susu bekas. Pikirkanlah bagaimana cara agar kotak susu tersebut menari-nari saat menyiram tanaman.

Baca Juga :  Jawaban Uji Kemampuan IPA Halaman 119 Kelas 7

1. Tuliskanlah contoh lain dari gaya aksi-reaksi lainnya dan berikan penjelasan singkat.

Jawaban:

a. Ketika kita berenang atau mendayung, kita mendorong air ke belakang (aksi) maka air akan bergerak ke depan oleh dorongan air (reaksi).

b. Saat roket mendorong udara kebawah, maka udara mendorongnya ke atas, akhirnya roket bisa meluncur.

 

2. Jelaskanlah mengapa kotak atau kaleng susu pada percobaan diatas bergerak-gerak seperti menari-nari.

Jawaban: Karena terlalu banyak tekanan didalamnya tekanan yang ada adalah air dan angin.

 

Nah tema, jadi dapat kita simpulkan bahwa Hukum III Newton berbunyi “Untuk setiap aksi akan ada reaksi yang sama tetapi berlawanan arah” atau dapat disebut juga dangan “Hukum Aksi-Reaksi”.

Semoga bermanfaat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *