Perbedaan Bloetooth

Mengenal Bloetooth dan Perbedaan Kecepatan Bloetooth dari Generasi ke Generasi

berikut.id – Mengenal Bloetooth dan Perbedaan Kecepatan Bloetooth dari Generasi ke Generasi. Bluetooth adalah spesifikasi industri untuk jaringan kawasan pribadi (personal area networks atau PAN) tanpa kabel. Bluetooth menghubungkan dan dapat dipakai untuk melakukan tukar-menukar informasi di antara peralatan-peralatan. Spesifikasi dari peralatan Bluetooth ini dikembangkan dan didistribusikan oleh kelompok Bluetooth Special Interest Group.

Bluetooth beroperasi dalam pita frekuensi 2,4 GHz dengan menggunakan sebuah frequency hopping transceiver yang mampu menyediakan layanan komunikasi data dan suara secara real time antara host-host bluetooth dengan jarak terbatas. Kelemahan teknologi ini adalah jangkauannya yang pendek dan kemampuan transfer data yang rendah.

Sejarah Bloetooth

Keberadaan teknologi Bluetooth dari generasi awal hingga generasi Bluetooth terbaru, tidak bisa lepas dari perjalanan dan inovasi yang terus dikembangkan. Kehadirannya muncul di akhir tahun 1990-an, tepatnya pada tahun 1999 dan di masa tersebut adalah kelahiran dari Bluetooth 1.0.

Teknologi terbaru ini diklaim sebagai salah satu yang terbaik dalam hal menyalurkan atau transfer data lebih cepat. Pengembangan yang dilakukan membuatnya secara perlahan diterapkan pada perangkat pendukung komputer dan gadget sejak tahun 2001. Misalnya saja untuk printer, perangkat pada mobil, dan tahun tersebut menjadi tahun pertama penerapannya untuk laptop.

Mengenal Perbedaan Bleutooth 4 vs Bluetooth 5

Barulah pada tahun 2004, teknologi Bluetooth diterapkan pada sekitar 250 juta perangkat untuk headphone stereo. Selang empat tahun berikutnya, tahun 2008 Bluetooth terbaru generasi 3.0 dirilis yang penggunaannya diterapkan hingga 13.000 perusahaan. Di tahun ini juga Special Interest Group (SIG), yakni lembaga sertifikasi standar Bluetooth internasional menyetujui rancangan teknologi Bluetooth 4.

Tahun 2011 Bluetooth 4.2 pun dirilis SIG dan diterapkan di 24.000 perusahaan. Ini juga sebagai pencapaian terbaik dalam mendukung upaya internet of things (IoT). Terutama pada pengiriman data yang cepat. Pada tahun 2016, Bluetooth 5 akhirnya dirilis sebagai pembaruan dari generasi sebelumnya. Sebanyak 33.000 perusahaan juga turut mengembangkannya untuk berbagai aktivitas pengiriman data. Termasuk Bluetooth 5 ini mendukung pada sekitar 3.6 miliar smartphone di dunia. Begitu juga penggunaannya pada perangkat lainnya seperti speaker Bluetooth, smartwatch, earphone, dan sebagainya.

Baca Juga :  Sejarah dan Perkembangan Processor AMD

Kecepatan Bloetooth

Bluetooth 1.x

Spesifikasi pertama Bluetooth diperkenalkan secara resmi pada tahun 1999. Meski perangkat consumer yang menggunakan Bluetooth sudah mulai tersedia pada tahun yang sama, telepon seluler pertama yang menggunakan Bluetooth baru tersedia pada tahun 2001. Bluetooth 1.x sendiri menawarkan kecepatan sampai 1 Mbps.

Bluetooth 2.x + EDR

Bluetooth 2.x + EDR menawarkan peningkatan kecepatan dibandingkan Bluetooth 1.x. Peningkatan kecepatan tersebut hadir melalui EDR (enhanced data rate). Bisa dibilang Bluetooth 1.x hanya mendukung BR (basic rate) dan tidak mendukung EDR. Embel-embel EDR sendiri karena EDR sifatnya opsional. Kecepatan Bluetooth 2.x + EDR adalah sampai 3 Mbps.

Bluetooth 3.x + HS

Seperti Bluetooth 2.x + EDR, bagian HS (high speed) pada Bluetooth 3.x + HS sifatnya adalah tidak wajib. Bluetooth 3.x + HS menawarkan kecepatan sampai 24 Mbps. Namun, kecepatan Bluetooth 3.x + HS yang sampai 24 Mbps itu bukan melalui Bluetooth melainkan melalui IEEE 802.11. IEEE 802.11 adalah yang mendasari Wi-Fi. Tanpa HS, kecepatan Bluetooth 3.x hanya sampai 3 Mbps seperti Bluetooth 2.x + EDR.

Bluetooth 4.x

Bluetooth 4.x menambahkan yang disebut dengan Bluetooth LE (low energy) alias BLE (Bluetooth low energy). Selain Bluetooth LE, Bluetooth 4.x juga mencakup Bluetooth Classic dan Bluetooth high speed. Bluetooth Classic adalah Bluetooth BR/EDR yang berarti Bluetooth 1.x, Bluetooth 2.x + EDR, dan Bluetooth 3.x; sedangkan Bluetooth high speed berbasiskan IEEE 802.11. Adapun Bluetooth LE, seperti sebutannya, adalah untuk menghemat daya — misalnya untuk perangkat IoT (internet of things) yang ditenagai baterai. Bluetooth 4.x dan versi yang lebih baru bisa dibilang berfokus pada Bluetooth LE. Kecepatan Bluetooth 4.x, tepatnya untuk Bluetooth LE-nya, adalah sampai 1 Mbps.

Bluetooth 5.x

Bluetooth 5.x menghadirkan opsi untuk meningkatkan kecepatan Bluetooth LE dengan mengorbankan jangkauan. Begitu pula sebaliknya; meningkatkan jangkauan Bluetooth LE dengan mengorbankan kecepatan. Kecepatan Bluetooth 5.x, tepatnya untuk Bluetooth LE-nya, adalah sampai 2 Mbps.

Baca Juga :  Review Smartphone Samsung Galaxy A52s 5G Performa dan Spesifikasi Lengkap

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *