Mengenal Bahasa Pemrograman Fungsi dan Contohnya

berikut.id – Bahasa pemrograman, atau sering diistilahkan juga dengan bahasa komputer atau bahasa pemrograman komputer, adalah instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang Programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa yang akan diambil dalam berbagai situasi secara persis.

Fungsi Bahasa Pemrograman

Fungsinya yaitu memerintah komputer untuk mengolah data sesuai dengan alur berpikir yang kita inginkan. Keluaran dari bahasa pemrograman tersebut berupa program/aplikasi. Contohnya adalah program yang digunakan oleh kasir di mal-mal atau swalayan, penggunaan lampu lalu lintas di jalan raya, dll.

Bahasa yang kita kenal ada banyak sekali di belahan dunia, tentang ilmu komputer dan teknologi dewasa ini. Perkembangannya mengikuti tingginya inovasi yang dilakukan dalam dunia teknologi. Contoh pemrograman yang kita kenal antara lain adalah untuk membuat aplikasi game, antivirus, web, dan teknologi lainnya.

Bahsa pemrograman komputer yang kita kenal antara lain adalah Java, Visual Basic, C++, C, Cobol, PHP, .Net, dan ratusan bahasa lainnya. Namun tentu saja kebutuhan bahasa ini harus disesuaikan dengan fungsi dan perangkat yang menggunakannya.

Secara umum bahasa pemrograman terbagi menjadi 4 kelompok, yaitu:

  • Object Oriented Language (Visual dBase, Visual FoxPro, Delphi, Visual C)
  • High Level Language (seperti Pascal dan Basic)
  • Middle Level Language (seperti bahasa C), dan
  • Low Level Language (seperti bahasa Assembly)
Baca Juga :  Infinix Resmi merilis Hot 12 Pro di Indonesia berikut spesifikasinya

Contoh Bahasa Pemrograman

Java

Sejarah dan Pentingnya Bahasa Pemrograman Java - PROXSISGROUP

Java merupakan bahasapemrograman yang dapat dijalankan di berbagai platform, dari mulai PC sampai perangkat mobile. Bahasa pemrograman ini awalnya dikembangkan pada The Green Project pada tahun 1991 oleh Sun Microsystem yang kemudian dilepas pada Oracle. Nama Java sendiri dipilih karena salah seorang pendiri Java, James Gosling, sangat menyukai kopi murni yang langsung digiling dari mesin giling (kopi tubruk) dimana kopi jenis ini berasal dari pulau Jawa di Indonesia.

Java menjadi salah satu bahasa terpopuler bukan karena tanpa alasan, bahasa pemrogramanini memiliki beberapa kelebihan seperti misalnya bisa berjalan di sistem operasi yang berbeda-beda, kemudian bahasa pemrograman ini termasuk kedalam pemrograman OOP (pemrograman orientasi objek) sehingga programer lebih mudah dalam menyusun program menggunakan bahasa ini, selain itu bahasa ini juga memiliki library yang lengkap sehingga akan sangat memudahkan programer. Dan saat ini merupakan era dimana smartphone Android sangat banyak digunakan. Aplikasi dalam smartphone Android dibangun menggunakan bahasa Java, sehingga banyak juga programer-programer yang menggunakan bahasa ini karena memang sedang banyak dibutuhkan.

Digunakan Untuk:

  • E-Commerce
  • APP Development
  • Finance
  • Game Development

Info: Game populer Minecraft ditulis dalam bahasa java.

Python

Dalam tingkatan bahasa pemrograman, Python termasuk bahasa tingkat tinggi. Python menjadi salah satu bahasa pemrograman yang dapat membangun aplikasi, baik itu berbasis web ataupun berbasis mobile. Bahasa phyton ini termasuk kedalam bahasa pemorgraman yang cukup mudah bagi pemula, karena bahasa tersebut mudah untuk dibaca dengan syntax yang mudah untuk dipahami juga. Banyak perusahaan besar menggunanakn Phyton dalam pengembanganya seperti Instagram, Pinterest dan Rdio. Python juga digunakan oleh para pengembang Google, Yahoo!, dan juga NASA.

Baca Juga :  Review Smartphone Samsung Galaxy A52s 5G Performa dan Spesifikasi Lengkap

Di Indonesia sendiri terdapat grup Facebook yang membahas tentang Python yang telah memiliki lebih dari 6000 anggota. Grup ini cukup aktif, grup ini bernama Python Indonesia.

Digunakan Untuk:

  • Back End Development
  • Data Science
  • App Development

Notes: Kurang cocok untuk pengembangan aplikasi seluler

HTML

HTML atau singkatan dari HyperText Markup Language, selalu digunakan dalam pengembangan web. Secara teknis, HTML adalah bahasa markup, artinya bertanggung jawab untuk memformat tampilan situs web.

Bahasa pemrograman ini tidak bisa berfungsi seperti bahasa pemrograman populer lainnya, hanya sebatas menampilkan teks biasa, section, paragraf, judul, link gambar dan video.

*Digunakan Untuk:

  • Dokumen web
  • Web Development

CSS

Cascading Style Sheets (CSS) digunakan bersama dengan HTML untuk mengatur tampilan web. CSS mengatur warna, jarak, ukuran dan posisi dari bagian html ditampilkan, bahkan css modern mampu menampilkan animasi dan mengkalkulasi angka serta mendukung variable.

Bahasa pemrograman populer CSS menempati posisi ke 2 bersama dengan HTML menurut data dari Stack Overflow tahun 2021.

Digunakan Untuk:

  • Dokumen Web
  • Desain Web
  • Web Development

JavaScript

 

JavaScript adalah bahasa pemrograma yang dikembangkan oleh Netscape. Penggunaan JavaScript saat ini kebanyakan terdapat pada pengembangan web. Dengan JavaScript ini kita bisa membuat web yang interaktif dan menarik. Di Indonesia sendiri terdapat grup Facebook yang membahas tentang JavaScript ini dengan nama JavaScript Indonesia. Grup yang beranggotakan lebih dari 10 ribu orang ini masih aktif sampai sekarang.

Digunakan Untuk:

  • Web Development
  • Game Development
  • Mobile/Desktop Application Development
  • Web Server Development

Digunakan Untuk:

  • E-Commerce
  • APP Development
  • Finance
  • Game Development

Info: Game populer Minecraft ditulis dalam bahasa java.

SQL dan NoSQL

SQL (Structured Query Language), digunakan untuk query dan memanipulasi data data RDBMS (Relational Database Management System). Secara sederhana, sql dapat menemukan dan menerima data dari sebuah database, memperbarui, menambahkan serta menghapus data.

Baca Juga :  Cara Reset Epson l3110

Sedangkan NoSQL atau SQL Non-Relational merupakan bahasa yang digunakan untuk manajemen database non-relational. Bedanya terdapat pada struktur dan skalabilitas yang mampu ditangani.

Keduanya menjadi salah satu bahasa populer karena dibutuhkan untuk memanajemen data yang ada di database, sedangkan sebuah aplikasi pastinya membutuhkan database.

Digunakan Untuk:

  • Database Management

C++

C++ merupakan bahasa pengembangan dari bahasa C. Bahasa C++ dan C memiliki sintaks penulisan yang hampir sama, meski begitu kedua bahasa pemrograman ini memiliki perbedaan pada penyelesaian masalahnya. Pada bahasa C penyelesaian masalah dilakukan dengan membagi-bagi kedalam sub-sub masalah yang lebih kecil lagi atau bisa disebut bahasa pemrograman prosedural, sedangakan C++ berorientasi pada objek dimana permasalahan dibagi-bagi kedalam class-class. C++ pertama kali dikembangkan oleh Bjarne Stroustrup.

C++ - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

C++ ini menjadi bahasa pemrograman yang populer karena banyak juga perusahaan-perusahaan software besar yang menggunakan bahasa ini untuk membangun software nya seperti Adobe, Firefox, ataupun Winamp yang sekarang pengembanganya di hentikan.

Go

Go atau disebut juga dengan Golang diciptakan oleh Google pada tahun 2007 dan termasuk bahasa high-level. Salah satu alasan Go Language banyak dipakai karena mampu mengeksekusi beberapa proses secara bersamaan dan skalabilitas yang tinggi.

Digunakan Untuk:

  • System/Network Programming
  • Audio/Video Editing
  • Big Data

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *