Melaporkan Hasil Percobaan secara Lengkap
Melaporkan Hasil Percobaan secara Lengkap

Melaporkan Hasil Percobaan secara Lengkap

Berikut.id – Melaporkan Hasil Percobaan secara Lengkap. Teman, ketika melakukan sebuah percobaan kita perlu membuat laporan atas kegiatan percobaan yang kita lakukan. Dalam melaporkan kegiatan percobaan, laporan tidak hanya berisi hasil percobaan dan kesimpulannya saja bukan?

Suatu penelitian perlu dilaporkan secara lengkap agar percobaan tersebut dapat diulangi oleh peneliti Sains lainnya. Laporan ini terdiri atas rancangan dan hasil percobaan. Bagian-bagian dari suatu laporan percobaan adalah sebagai berikut:

Melaporkan Hasil Percobaan secara Lengkap

Melaporkan Hasil Percobaan secara Lengkap

1. Tujuan Percobaan

Dapat dituliskan dalam bentuk pernyataan atau pertanyaan, misalnya “Menyelidiki pengaruh (variabel bebas) terhadap (variable terikat)” atau “Bagaimana pengaruh (variabel bebas) terhadap (variabel terikat)?”

 

2. Hipotesis

Suatu perkiraan hasil percobaan berdasarkan variabel bebas dan terikat, disertai dengan alasan secara saintifik/ ilmiah.

 

3. Variabel

Terdiri atas variabel bebas, terikat dan kontrol secara terperinci.

a.  Variabel bebas: faktor atau hal yang kalian uji.

b. Variabel terikat: faktor yang kalian ukur, sebagai akibat dari perubahan variabel bebas.

c.  Variabel kontrol: faktor-faktor lain (minimal tiga) yang harus dipertahankan sama supaya eksperimen hanya menguji satu variabel saja.

 

4. Alat dan Bahan

Daftar alat-alat dan bahan yang akan digunakan dalam percobaan, disertai dengan jumlah alat atau bahan dan ukuran alat yang diperlukan.

 

5. Prosedur

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam tahapan prosedur adalah sebagai berikut.

a. Tuliskan langkah-langkah percobaan secara berurutan.

b. Sebutkan apa data yang akan diukur atau diamati dan bagaimana kalian akan mengukur atau mengamati faktor tersebut. Percobaan harus diulangi minimal sebanyak tiga kali apabila memungkinkan.

Baca Juga :  Jawaban Ayo Berpikir Kreatif Matematika Kelas 10 Halaman 71

c. Jelaskan bagaimana kalian mempertahankan setiap faktor dalam variabel kontrol supaya percobaan kalian fair.

 

6. Pengumpulan & Pengolahan Data Percobaan

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam Pengumpulan dan pengolahan data percobaan adalah sebagai berikut.

a. Catatlah data percobaan dalam bentuk tabel, dengan variabel bebas pada kolom sebelah kiri dan variabel terikat pada kolom bagian kanan.

b. Tulis pula judul dan satuan pengukuran.

1) Semua data dalam satu kolom dicatat dalam jumlah angka desimal yang sama. Hitunglah nilai rata-rata dari datanya.

2) Dari tabel hasil percobaan di atas, buatlah grafik yang sesuai. Biasanya variabel bebas diplot pada sumbu-x dan variabel terikat pada sumbu-y grafik.

3) Lengkapilah dengan komponen-komponen grafik, seperti judul grafik dan label untuk sumbu x dan y serta satuan masing-masing.

 

7. Kesimpulan

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam kesimpulan adalah sebagai berikut.

a. Berdasarkan grafik yang telah kalian buat, nyatakanlah hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat dalam percobaan kalian dengan didukung oleh data-data percobaan.

b. Bandingkanlah kesimpulan kalian dengan teori Sains yang telah kalian pelajari. Teori ini bisa diperoleh dari buku, ensiklopedia, situs internet atau sumber-sumber lain yang terpercaya.

 

Nah teman, itulah bagian-bagian dari suatu laporan percobaan yang perlu kalian cantumkan dalam laporan percobaan secara lengkap. Dengan membuat laporan hasil percobaan secara lengkap, akan memudahkan pembaca untuk memahami hasil percobaan kalian.

Semoga bermanfaat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *